7 Teori Mengejutkan di Balik Lukisan Monalisa




Siapa yang tak mengenal lukisan Monalisa? Maha karya Leonardo Da Vinci ini begitu tersohor bukan hanya di kalangan penggemar karya seni, bahkan orang-orang yang buta tentang lukisan pun tahu lukisan ini. Lukisan bergambar seorang wanita dengan senyum misteriusnya ini dibuat lebih dari 500 tahun yang lalu. Dan sejak itulah berbagai spekulasi dan teori diungkapkan oleh para pemerhati mengenai misteri di balik lukisan ini.

Hal tersebut lantaran sang maestro, Leonardo Da Vinci bukan hanya terkenal sebagai seorang pelukis namun juga seorang ternyata ia adalah seorang jenius dalam bidang teknologi hingga astronomi. Tak ayal banyak karya-karyanya yang menyatukan keindahan sebuah karya seni dengan teka-teki dan kode-kode misterius di dalamnya. 

Begitu juga dengan lukisan Monalisa ini yang bahkan menginspirasi Dan Brown dalam novelnya The Da Vinci Code. Dari dugaan dan spekulasi bahwa Monalisa sebenarnya bukanlah seorang wanita hingga huruf dan angka-angka misterius yang hanya mampu dilihat dengan alat tertentu ternyata tertulis dalam lukisan ini. Berikut ini adalah 7 teori mengejutkan di balik lukisan Monalisa.


1. Monalisa adalah Lisa del Giocondo




Seorang sejarawan bernama Giuseppe Pallanti mencoba menganalisis lukisan yang konon dibuat di Ferenze tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran dan penelitiannya selama 25 tahun, ia berkesimpulan bahwa sosok Monalisa sebenarnya adalah wanita bernama Lisa del Giocondo.

Lisa del Giocondo atau Lisa Geraldini atau Lisa di Antonio Maria adalah seorang wanita dari keluarga di Ferenze dan Toskana. Ia hidup antara tahun 1479-1542, yaitu kurun tahun di mana Da Vinci mengerjakan lukisan Monalisa. Lisa del Giocondo sendiri merupakan istri dari seorang saudagar sutra kaya bernaam Francesco del Giocondo. Menurut catatan yang ditulis oleh Agostino Vespucci pada tahun 1503, Leonardo memang sedang mengerjakan lukisan Lisa del Giocondo pada tahun tersebut atas permintaan dari suaminya sendiri yaitu Francesco del Giocondo.

Ternyata pengerjaan lukisan Monalisa memakan waktu yang tidak sebentar. Pengerjaannya tertunda pada tahun 1506 karena pada saat itu terjadi pertempuran Aghiari.


2. Monalisa adalah Ratu Isabella



Sosok wanita dengan rambut panjang tergerai dengan memakai pakaian berwarna kehijauan juga disebut-sebut sebenarnya adalah Ratu Isabella dari Aragon. Ia merupakan penguasa Spanyol bersama suaminya Fernando II selama tahun 1474-1504.

Munculnya teori mengejutkan ini lantaran sosok wajah Isabella sangat mirip dengan wanita yang terlukis pada lukisan Monalisa tersebut. Hal ini juga diperkuat dengan waktu pembuatan lukisan itu yang mendekati dengan tahun hidup Ratu Isabella. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa Leonardo da Vinci tidak menerima pembayaran atas lukisan itu. Da Vinci juga disebut-sebut semasa hidupnya terus membawa lukisan itu hingga selesai tahun 1516.


3. Monalisa adalah Seorang Pria



Teori lainnya lebih ekstrem berpendapat bahwa Monalisa sebenarnya bukanlah wanita melainkan seorang pria. Ia tak lain adalah Francesco del Giocondo, suami Lisa del Giocondo yang memesan lukisan Monalisa pada Da Vinci.

Teori lainnya yang mengejutkan menyatakan bahwa Monalisa sebenarnya adalah Leonardo da Vinci itu sendiri. Ia melakukan perpaduan wajahnya dengan wajah ibunya yang bernama Caterina. Leonardo da Vinci memang dikenal sebagai seniman yang gemar memadukan karya seni, objek A dengan objek B atau bahkan karya seni dengan ilmu pengetahuan.

Perlu diketahui meskipun dunia mengenalnya sebagai seorang seniman dengan maha karyanya yaitu lukisan Monalisa, namun ternyata da Vinci adalah sosok jenius. Ia juga diketahui sebagai seorang penemu, ilmuwan, menggeluti juga bidang astronomi, dan ia juga seorang arsitektur. Zaman Renaisance semasa hidupnya itu ternyata banyak terdapat peninggalan karya arsitektur-arsitektur ciptaan Leonardo da Vinci.


4. Penampakan Wajah Hewan



Lukisan Monalisa memang tak henti-hentinya membuat para penikmat seni berdecak kagum. Selain siapa sebenarnya wanita misterius dalam lukisan itu, ternyata latar belakang lukisan ini pun menyimpan keanehan.

Bila diperhatikan sekilas, latar belakang lukisan Monalisa adalah pemandangan alam yaitu aliran sungai dan pohon-pohon. Namun ternyata, bila lukisan tersebut dimiringkan hingga 90 derajat, maka akan didapati penampakan wajah hewan-hewan persis di belakang wanita tersebut. Wajah-wajah hewan mirip harimau, ular, atau kera terlihat muncul. Entah ini memang disengaja oleh sang pelukis ataukah hanya sebuah kebetulan saja, namun tetap saja masih menyisakan kekaguman bagi para penggemar lukisan ini.


5. Senyum Monalisa



Salah satu aspek paling menarik sekaligus misterius dari lukisan Monalisa tak lain adalah senyumannya. Sosok wanita dengan senyum tipis itu disebut-sebut mampu berubah-ubah sesuai dengan orang yang melihatnya. Ada yang melihatnya seperti tidak tersenyum, namun ada pula yang ketika memperhatikan dengan seksama melihat bahwa sosok tersebut sedang tersenyum.

Menurut para peneliti dari Sheffield Hallam, Leonardo da Vinci telah sukses melakukan tipuan optik dengan lukisannya itu. Dengan teknik percampuran warna yang tepat, maka penglihatan seseorang di sekeliling benda utama akan berubah-ubah. Bentuk mulut pada lukisan itu akan berubah-ubah sesuai orang yang melihatnya. Maka tak heran orang yang melihatnya akan memiliki persepsi berbeda pada senyuman tipis Monalisa itu.


6. Bola Mata Monalisa



Bila diperhatikan sekilas, tidak ada yang aneh dengan bola mata pada sosok Monalisa pada lukisan itu. Namun sebenarnya sebuah penelitian telah mendapatkan hasil yang mengejutkan. Ternyata pada bola mata lukisan tersebut terdapat kode-kode misterius yang diduga memang sengaja dibuat oleh Leonardo da Vinci.

Kode-kode misterius ini berhasil ditemukan dengan menggunakan kaca pembesar. Hal ini dikemukakan oleh Silvano Vincetti, ketua Komite Warisan Budaya Italia. Ia mengatakan bila dilihat dengan mata telanjang, kode-kode itu tidak akan tampak, namun bila menggunakan kaca pembesar, maka kode-kode di bola mata itu akan jelas terlihat. 

Ternyata pada mata kanan Monalisa itu terdapat huruf LV, sedangkan pada mata kirinya tersamar tulisan CE atau B yang kurang jelas dikarenakan umur lukisan ini yang sudah sangat tua. Pada lengkungan mata itu juga terdapat angka-angka dan huruf misterius yaitu 72 atau L2 yang belum diketahui apa artinya. Ada dugaan bahwa L2 merujuk pada inisial nama Leonardo dan Lisa. 


7. Segitiga Emas



Banyak para peneliti lukisan Monalisa mengatakan bahwa lukisan ini memiliki simetri yang sempurna. Lukisan ini berbentuk simbol piala kuno yang tak lain diduga merupakan petunjuk pada salah satu benda sakral umat Kristiani yaitu cawan suci (Holy Grail). Novelis terkenal Dan Brown, menyajikan teorinya dalam novelnya yang sangat fenomenal yaitu The Da Vinci Code.


0 Response to "7 Teori Mengejutkan di Balik Lukisan Monalisa"

Post a Comment