Merinding.com

Merinding.com

Monster Nessie, Benarkah Ada?





Pada 19 April 1934, seorang dokter bedah bernama Dr. Robert Kenneth Wilson menggemparkan dunia dengan foto penampakan dari Monster Loch Ness yang sering disebut Nessie. Foto yang terkenal dengan sebutan "Surgeon Photo" ini sempat menggemparkan dunia. Walaupun pada tahun 1990an foto ini telah dibuktikan sebagai foto palsu, namun pencarian akan monster yang melegenda ini masih terus berlanjut hingga sekarang. Mungkinkah Monster Nessie memang benar-benar ada?

Cerita mengenai monster Nessie yang mendiami danau Loch Ness sebenarnya sudah ada sejak awal masehi. Konon pada tahun 565M ada seorang rohaniawan bernama St. Columba yang menolong penduduk Skotlandia dari serangan makhluk yang mendiami danau Loch Ness saat sedang melakukan pelayaran. Masih menurut cerita, sang rohaniawan akhirnya bisa mengusir makhluk tersebut. Kisah ini pun tak terdengar lagi hingga tahun 1800an. 

Namun pada abad ke 20 tepatnya tahun 1934, muncul sebuah foto yang menggegerkan dunia. Foto itu tak lain diduga penampakan monster Nessie. Foto tersebut menjadi sangat terkenal, karena dapat dengan cukup jelas memperlihatkan penampakan Nessie pada masa itu. Walaupun akhirnya pada tahun 1990an foto tersebut berhasil dibuktikan sebagai foto palsu.

Foto tersebut ternyata diberikan seorang pria bernama Chamber pada Dr.Wilson untuk menjualnya pada koran Daily Mail. Chamber sendiri mendapatkan foto itu dari seseorang yang bernama Duke Wetherell yang ternyata adalah pembuat foto palsu tersebut bersama putranya Ian. "Nessie" dalam foto ersebut juga ternyata buatan Sterling, putra tiri Duke.

Fakta yang menunjukkan bahwa foto tersebut palsu, tidak mengendurkan semangat orang-orang untuk membuktikan bahwa monster danau yang diperkirakan memiliki panjang 15-40 kaki dan berat 2.500 pon ini memang benar-benar ada.


Penampakan dan Pendapat Bahwa Nessie Benar-Benar Nyata


Banyak orang yang menganggap bahwa Nessie bukanlah makhluk legenda. Nessie dipercaya sebagai jenis makhluk purba yang selamat saat dinosaurus punah. Nessie dianggap sebagai sejenis dinosaurus, plesiosaurus yang berleher panjang dan mendiami danau air tawar. Tak kurang dari 2000 penampakan monster danau ini telah dilaporkan sejak cerita St. Columba . Berikut adalah beberapa laporan penampakan Nessie:

Pada tahun 1725 penampakan Nessie terlihat oleh tentara Inggris yang sedang membangun jembatan dekat danau. Tiba-tiba mereka mendengar suara dari dalam air yang ternyata berasal dari monster yang sedang berenang menyeberangi danau. Monster tersebut berukuran sebesar ikan paus.

George FT.Spicer dan istrinya melaporkan melihat Nessie menyeberang jalan saat keduanya berkendara di Dores dan Foyers pada 22 Juli 1933. Mereka mengatakan bahwa makhluk yang mereka lihat memiliki panjang sampai 25 kaki.

Laporan penampakan lain berasal dari Arthur Grant. Pada Januari 1934. Ia juga sedang berkendara saat hampir saja menabrak makhluk besar di utara Abriachan. Namun makhluk tersebut berhasil kabur dengan menceburkan diri ke dalam danau.





Pada awal 2016 seorang mantan nelayan, Keith Stewart mengklaim temuannya atas tempat yang diduga sebagai tempat persembunyian Nessie. Tempat ini berada di dasar danau Loch Ness yang memiliki kedalaman 1017 kaki.

Stewart mengklaim telah menemukan celah di danau dengan menggunakan peralatan sonar. Celah tersebut dipercaya merupakan penghubung antara danau di Skotlandia. Celah ini ada diduga berasal dari aktivitas gempa yang terjadi di dalam danau.





Pendapat Bahwa Nessie Hanyalah Legenda


Woodland Trust, sebuah lembaga konservasi lingkungan berteori bahwa Nessie hanyalah makhluk mitos. Mereka berpendapat bahwa penampakan yang selama ini terjadi sebenarnya hanyalah penampakan dari pohon atau ranting yang tumbang dan mengambang di danau. Di dekat danau memang terdapat hutan Urquhart Bay yang berada di tengah sungai Enrick dan Coiltie. Arus sungai ini bermuara di danau Loch Ness. Kayu-kayu yang tumbang itu mengambang di danau Loch Ness ketika air sedang pasang yaitu di antara musim gugur dan musim semi.




Teori lain berpendapat bahwa monster danau yang selama ini dilihat penampakannya hanyalah kebohongan belaka dan lelucon. Teori lain berpendapat bahwa penampkan itu hanyalah seekor gajah sirkus yang sedang berlatih di tengah danau. Leher panjang yang selama ini tampak diduga adalah belalai gajah, sementara punuknya adalah badan gajah yang sedang berenag.




Hingga saat ini tidak ada yang dapat memastikan bahwa Nessie memang benar-benar nyata. Ekspedisi pencarian akan keberadaan makhluk ini tak pernah berhenti hingga sekarang. Bahkan pernah ada ide untuk mengeringkan danau Loch Ness untuk memastikan keberadaan monster ini. Namun itu tak pernah terlaksana karena butuh 10 tahun agar danau tersebut kering.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monster Nessie, Benarkah Ada?"

Posting Komentar