7 Hal Aneh dan Misterius yang Terjadi Selama Perang Dunia II




Perang Dunia II telah usai lebih dari 70 tahun yang lalu. Selain meninggalkan kisah kepahlawanan dan cerita tragis para korban perang hingga para diktator yang meregang nyawa, rupanya terdapat pula kejadian aneh dan hal-hal yang masih misterius dan belum terjawab hingga saat ini. Mulai dari kisah-kisah mengenai penampakan pesawat-pesawat hantu, pertempuran misterius, hingga menghilangnya bongkahan-bongkahan emas yang diduga dibawa oleh sebuah kereta yang dikenal dengan Kereta Emas Nazi.

Berikut ini adalah 7 kejadian dan hal-hal aneh serta misterius yang terjadi selama masa Perang Dunia II berlangsung.


1. Kereta Emas Nazi




Pada April 1945 ketika tampaknya perang dunia akan usai muncul rumor yang sangat terkenal bahkan melegenda. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa Nazi melarikan harta yang terdiri dari emas dan benda-benda berharga lainnya yang didapakan dari korban tragedi Holocaust. Harta karun legendaris yang diceritakan berjumlah sangat besar ini diangkut oleh kereta api menuju ke Owl Mountains dan kereta ini menghilang secara misterius dan tak pernah lagi terlihat sejak itu. Kereta ini dikenal juga dengan Nazi Ghost Train.

Sebagian teori mempercayai bahwa kereta tersebut menghilang di dalam sebuah terowongan rahasia yang sudah disiapkan oleh Nazi. Terowongan ini memang sudah dibangun Nazi sebagai fasilitas rahasia selama Perang Dunia II. Teori lainnya mempercayai bahwa kereta itu masih ada sampai saat ini dan disembunyikan di Walbrzych.

Sejak kabar tersebut beredar sudah banyak upaya orang-orang mulai dari pemerintah, peneliti, hingga orang awam yang mencoba mencari keberadaan kereta emas Nazi tersebut. Namun berbagai upaya yang telah dilakukan selama puluhan tahun tersebut tampak sia-sia. Kereta pengangkut emas itu tak pernah ditemukan.


2. Pesawat Hantu




Boleh percaya, boleh tidak. Selama masa Perang Dunia II selain terdapat beberapa kisah mengenai pesawat-pesawat yang hilang juga ada kisah tentang pesawat hantu.

Pesawat yang hilang salah satu yang terkenal adalah Flight 19 yang menghilang di Segitiga Bermuda dengan total 27 awak hilang. Sementara itu kisah mengenai pesawat hantu datang dari sebuah pesawat yang dikenal juga dengan Pearl Harbor Ghost Plane. 

Hari itu tanggal 8 Desember 1942, setahun setelah serangan yang dilancarkan pihak angkatan laut Jepang ke Pearl Harbor, sebuah pesawat yang tak dapat diidentifikasi tertangkap radar menuju Pearl Harbor. Ada yang mengatakan bahwa pesawat itu penuh dengan lubang bekas peluru di sekujur badan pesawat. Tak lama kemudian pesawat terlihat menukik dan jatuh. Namun saat diteliti lebih jauh tak ada pesawat yang jatuh dengan tanda-tanda tersebut.


3. Bendera Berdarah




Bendera Nazi dengan lambang Swastika rupanya memiliki sejarah tersendiri. Bendera Nazi yang amat terkenal tersebut diketahui pertama kali terlihat selama Beer Hall Putsch berlangsung tahun 1923 dan segera menjadi simbol pergerakan kaum Nazi.

Selama masa Perang Dunia II rupanya Hitler menggunakan bendera replika dan menyimpan yang aslinya. Bendera yang memiliki noda darah itu dipercaya telah mengalami kerusakan selama peristiwa bom di Munich, Jerman. Bendera asli Nazi dikabarkan terakhir kali terlihat pada tahun 1944 sebelum akhirnya tak diketahui lagi di mana keberadaannya. Namun sebagian orang percaya bahwa bendera itu selamat dan masih ada sampai saat ini.


4. Foo Fighter




Foo Fighter adalah sebutan yang digunakan oleh pilot-pilot selama masa Perang Dunia II untuk menggambarkan berbagai fenomena penampakan cahaya misterius di langit Eropa dan sekitar Pasifik.

Meskipun Foo Fighter disebut-sebut merupakan pesawat Amerika 415th Night Fighter Squadron, namun sejak saat itu nama tersebut digunakan secara umum untuk merujuk pada fenomena cahaya misterius yang diduga adalah UFO. Beberapa mempercayai bahwa foo fighter erat kaitannya dengan pesawat rahasia Nazi yang mereka sebut sebagai UFO Nazi yang digunakan untuk mengintai musuh. Namun belakangan diketahui bahwa Foo Fighter adalah suau fenomena alam elektromagnetik yang sama terjadi pada kasus St.Elmo Fire.


5. Bola Dunia Hitler





Hitler selain dikenal sebagai sosok diktator yang terkenal, rupanya juga dikenal karena sifat eksentriknya. Ia diketahui mengkoleksi benda-benda yang agak kurang umum. Salah satu benda itu adalah bola dunia atau Hitler's Globe atau Fuhrer Globe.

Bola dunia ini terkenal sejak masuk dalam film Charlie Chaplin, The Great Dictator. Hitler memiliki bola dunia yang dibuat oleh Columbus Factory sangat besar di ruang kerjanya dan merupakan salah satu koleksi kesayangannya. Namun saat Perang Dunia berakhir dan Hitler beserta istrinya Eva Braun dikabarkan telah tewas, bola dunia ini juga menghilang tanpa jejak. 


6. Die Glocke




Salah satu propaganda Nazi yang paling terkenal selama Perang Dunia II adalah Wunderwaffe. Wunderwaffe adalah senjata ajaib yang saat itu diyakini mampu membuat Jerman memenangkan peperangan. Salah satunya adalah sebuah senjata yang bernama Die Glocke.

Seorang jurnalis Polandia bernama Igor Witkowski menggambarkan betapa mengerikannya Die Glocke. Senjata yang memiliki arti lonceng ini digambarkan berbetuk seperti bel dengan tinggi sekitar 12 kaki dan terbuat dari dua silinder yang berotasi dengan berisikan metalik liquid di dalamnya. Cairan ini bernama Zerum-525.

Ketika benda ini dioperasikan maka orang-orang yang berada pada jarak tertentu akan mengalami pembekuan darah dan menyebabkan kematian seketika. Konon banyak peneliti yang bekerja untuk proyek pengembangan alat ini tewas sama proses percobaan.

Meskipun demikian banyak yang mempercayai bahwa alat ini hanya prototipe dan tidak pernah ada. Kebanyakan senjata-senjata yang terkenal pada era perang dunia digunakan dalam tulisan sciece fiction selama bertahun-tahun membuatnya seolah-olah memang benar-benar nyata.


7. Anne Frank



Anne Frank selama bertahun-tahun telah menjadi ikon yang menarik sekaligus misterius. Gadis remaja Yahudi ini dikisahkan bersembunyi dari kejaran Nazi Jerman. Ia bersama keluarganya kemudian tinggal di sebuah loteng bangunan di Amsterdam selama 29 bulan sebelum akhirnya tertangkap pada Agustus 1944 dan kemudian dipindahkan ke Auschwitz lalu dipindahkan lagi dua bulan kemudian ke Bergen-Belsen. Anne sendiri meninggal dunia sekitar Februari-Maret tahun 1945.

Selama tinggal di loteng bangunan yang saat ini telah menjadi museum dan dapat dikunjungi publik itu, dikatakan Anne Frank menulis sebuah buku harian yang kemudian dikenal dunia dengan The Diary of Anne Frank. Buku harian yang sukses dicetak dan terjual lebih dari 16 juta di seluruh dunia ini rupanya masih menimbulkan tanda tanya. Banyak yang mempertanyakan keaslian buku harian yang ditulis oleh putri Otto Frank tersebut. Sebuah teori konspirasi menyebutkan bahwa buku harian itu telah diubah sedemikian rupa untuk tujuan zionis.

Referensi :

https://explorethearchive.com/11-unsolved-wwii-mysteries
https://en.wikipedia.org/wiki/Foo_fighter
http://dandelionhitam.blogspot.com/2011/07/siapakah-anne-frank.html

0 Response to "7 Hal Aneh dan Misterius yang Terjadi Selama Perang Dunia II "

Posting Komentar