7 Harta Karun Paling Legendaris yang Belum Ditemukan




Di dunia ini ada banyak sekali harta karun baik berupa emas, perak, berlian, hingga koin-koin kuno dengan nilai yang sangat fantastis masih tersembunyi. Beberapa memang telah ditemukan, namun sebagiannya lagi masih misterius bahkan melegenda.

Mulai dari harta karun dari kapal-kapal kuno yang tenggelam di dasar samudera hingga harta yang diduga berada di bawah lapisan tanah terdalam, berikut ini adalah 7 harta karun paling legendaris di dunia yang belum ditemukan dan terus menjadi perburuan sampai hari ini.


1. Lubang Uang di Oak Island 



The oak island money pit atau lubang uang pulau oak adalah salah satu harta karun paling legendaris di dunia. Kisah mengenai adanya harta karun tersembunyi di dalam tanah ini telah beredar selama lebih dari dua abad.

Diawali oleh kisah seorang remaja bernama Daniel McGinnis bersama dua orang temannya yang mengunjungi pulau ini pada tahun 1795 untuk berpetualang, kemudian tanpa sengaja menemukan sebuah lubang di antara jejeran pohon oak yang tumbang. Anehnya, setiap kali mereka menggali pada kedalaman tertentu, mereka akan menemukan sebuah tutup tanah liat. Namun setelah melakukan penggalian selama bertahun-tahun, usaha mereka sia-sia. Namun sejak saat itu, kisah ketiga remaja ini mulai menyebar dan membuat para pemburu harta karun dari seluruh dunia datang ke pulau mungil ini yang berlokasi di selatan Nova Scotia, Kanada.

Berbagai teori mengenai harta karun ini beredar, mulai dari yang menyebutnya sebagai harta yang disimpan oleh Knights Templar, perhiasan-perhiasan Marie Antoinette, harta karun Blackbeard, harta The Fortress of Louisbourg, emas-emas Spanyol dari Shipwreck, harta karun Captain Kidd, hingga harta karun yang disembunyikan organisasi rahasia Freemason. Baca selengkapnya di sini.


2. Harta Karun Knights Templar



Knights Templar adalah sebuah ordo militer keagamaan yang sangat kuat yang dibentuk pada tahun 1119 pasca Perang Salib I. Organisasi ini didirikan oleh Hugh de Payens yaitu seorang ksatria yang ikut andil pada Perang Salib I, bersama dengan 9 orang ksatria yang lainnya. Berpusat di Yerusalem, tujuan awal dari ordo ini adalah membantu melindungi kerajaan Yerusalem sekaligus memastikan keamanan para peziarah asal Eropa yang hendak pergi ke tanah Yerusalem.

Seiring berjalannya waktu, organisasi ini menjadi semakin besar, kuat, dan kaya raya. Mereka membentuk semacam badan penyimpanan uang dan emas, dan dikenal seringkali memberikan pinjaman kepada orang-orang pemerintahan. Hal ini kemudian membuat beberapa orang di ordo ini mendapatkan posisi strategis dalam pemerintahan. Kekayaan serta jabatan tinggi membuat para anggotanya menjadi bertindak semaunya dan membuat geram berbagai pihak di seluruh daratan Eropa.

Akhirnya pada 13 Oktober 1307 Raja Phillip IV memberikan mandat untuk menangkap dan mengadili para anggota Ksatria Templar. Pada masa inilah banyak dari orang-orang itu yang ditangkapi dan dieksekusi. Namun rupanya ada beberapa yang berhasil melarikan diri dan membawa harta benda yang sangat banyak berupa perhiasan, emas, perak, artefak, hingga koin kuno yang masih misterius keberadaannya sampai sekarang. Baca sejarah Ksatria Templar di sini.


3. Amber Room



Amber Room atau Ruang Amber bukanlah ruangan biasa. Ruang ini dipenuhi oleh emas, permata, dan batuan amber yang sangat berharga yang menghiasi dinding, lantai, hingga langit-langit. Amber Room dikabarkan lenyap pada saat berlangsungnya Perang Dunia II atau pada tahun 1943.

Amber Room pertama kali dibuat oleh Frederick William I, Raja Prusia pada tahun 1716 dengan tujuan sebagai hadiah bagi istrinya, Sophie Charlotte. Pada tahun 1716, Tsar Peter dari Rusia melakukan kunjungan kenegaraan ke Prusia dan mengunjungi Charlottenburg Palace di mana ruangan tersebut berada. Melihat kekaguman yang amat sangat di mata Tsar tersebut, Raja Frederick kemudian menawarkan ruangan tersebut dengan imbalan Rusia bersedia menjadi sekutu melawan Swedia.

Ruang Amber menjadi incaran Jerman pada Perang Dunia II. Meskipun Rusia yang telah berusaha sekuat tenaga menyembunyikan ruangan itu, namun akhirnya keberadaannya berhasil diketahui oleh militer Jerman yang segera menjarah segala yang berada di dalamnya. Namun pada masa akhir Perang Dunia II di mana Jerman diserang pihak sekutu, Amber Room dikabarkan menghilang. Banyak rumor beredar mengenai keberadaan Amber Room ini termasuk salah satunya tenggelam di Laut Baltik. Baca selengkapnya tentang Amber Room di sini.


4. Harta Karun Kapal San Miguel



Pada tahun 1712 selama masa penjelajahan dunia oleh para tokoh Spanyol berlangsung, dibentuklah armada kapal yang sangat terbesar dan kuat. Armada yang terdiri dari 11 kapal ini semuanya mengangkut perhiasan-perhiasan mahal seperti emas, mutiara, dan berlian. 

Sebelas kapal ini dijadwalkan berangkat dari sebuah pelabuhan di Havana, Kuba. Namun malangnya pada saat pelayaran, terjadi badai yang sangat dahsyat. Kapal-kapal itu dikabarkan tenggelam ke dasar samudera beserta dengan para awak di dalamnya dan juga tentu saja semua harta berharga.

Tujuh dari sebelas kapal berhasil ditemukan, namun sisanya masih misterius. Salah satu kapal yang belum ditemukan itu bernama San Miguel yang dipercaya berisikan harta benda paling banyak di antara kapal-kapal yang lainnya.


5. Faberge Eggs




Faberge Eggs atau Telur-Telur Faberge adalah perhiasan yang menyerupai sebuah telur yang dibuat oleh Peter Carl Faberge di House of Faberge atas pesanan dari kerajaan Rusia. Faberge membuat telur-telur ini antara tahun 1885-1917 untuk Tsar Alexander III dan Nicholas II sebagai hadiah bagi ibu dan istri mereka.

Perhiasan serupa telur-telur yang sangat indah ini menghilang pada masa akhir Tsar Nicholas II berkuasa atau setelah meletusnya Revolusi Bolsheviks. Bolsheviks segera mengambil alih House of Faberge dan menyita seluruh Faberge Eggs yang ada. Faberge sendiri bersama keluarganya mengungsi ke Swiss dan ia meninggal di sana tahun 1920.

Pada sekitar tahun 1927, Joseph Stalin diketahui menjual telur-telur yang memiliki nama-nama unik ini sehingga membuatnya menyebar ke seluruh dunia seperti Amerika, Inggris, Swiss, Jerman, dan Monako. Ratu Elizabeth II dari Inggris adalah salah satu orang yang memiliki Faberge Eggs. Meskipun beberapa telur-telur itu dijual, namun sekitar 12 buah lagi dikabarkan menghilang. Satu buah Faberge Eggs ini diperkirakan bernilai Rp.89 Milyar.


6. Harta Karun Flor de la Mar



Flor de la Mar adalah kapal perang Portugal terbesar seberat 400 ton yang dikenal juga dengan Flower of the Sea. Pada tahun 1502 kapal ini melakukan pelayaran perdananya dipimpin oleh Estevao de Gama yang tak lain adalah sepupu penjelajah terkenal Vasco da Gama.

Kapal ini berlayar ke India dan mengangkut banyak sekali harta benda. Namun pada saat perjalanan pulang, kapal ini mengalami masalah kebocoran yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk bisa sampai di tujuan. 

Namun belum sempat kembali, kapal ini jatuh ke tangan Albuquerque yang menjadikannya sebagai kapal yang memuat hasil jarahan pada Desember 1511. Pada saat kapal ini berlayar sepanjang timur Samudra Pasai, Indonesia terjadilah badai yang menyebabkan kapal ini tenggelam. Banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat peristiwa ini. Namun Albuquerque sendiri behasil menyelamatkan diri. Kapal tersebut bersama dengan seluruh harta benda di dalamnya tenggelam. Diperkirakan bangkai kapal tersebut masih berada di lautan Indonesia.


7. Harta Karun Paititi




Bila disebutkan kota emas yang hilang, pasti orang akan langsung menebak El Dorado. El Dorado sendiri adalah sebuah kota legendaris yang konon terbuat dari emas yang terletak di hutan tropis, Amerika Selatan. Namun kota emas yang sebenarnya adalah Paititi.

Pada sekitar tahun 1572, kepala suku Muisca (Inca) yang terkenal selalu melumuri dirinya dengan debu emas sebelum melakukan sebuah ritual, melarikan diri ke dalam huta setelah seluruh pasukannya mengalami kekalahan oleh serbuan Spanyol. Setelah mendapatkan kemenangan, tentara-tentara Spanyol memasuki Cusco dan mulai menjarah emas dan perak. Namun hasil jarahan yang mereka dapat sangat sedikit. Orang-orang suku Muisca yang tersisa rupanya telah melarikan diri dengan membawa emas-emas berharga tersebut.

Dikabarkan di dalam hutan itu mereka mendirikan sebuah kota baru yang sekaligus menjadi cikal bakal El Dorado yang melegenda. Namun sampai saat ini tidak diketahui persis di mana lokasi tempat emas tersebut berada.


0 Response to "7 Harta Karun Paling Legendaris yang Belum Ditemukan"

Post a Comment