Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Kelam Patung Tentara Terakota dan Obsesi Aneh Kaisar Qin



Kekeringan yang melanda desa Xi'an pada tahun 1974, membuat sekelompok petani berinisiatif untuk menggali sumur air di Xi'an, Distrik Lintong, Provinsi Shaanxi. Namun saat menggali, tiba-tiba mereka menemukan patung-patung tentara dengan ukuran manusia. Bukan satu atau dua patung saja, melainkan lebih dari 8 ribu patung! Penemuan mengagumkan ini kemudian justru membuka kisah kelam berabad lampau...


Ditemukannya Patung-Patung Tentara Terakota

Hari itu tanggal 29 Maret 1974, sekelompok petani yang mulai putus asa akan kekeringan yang melanda wilayah mereka, berinisiatif untuk menggali sumur air. Sumur air itu terletak di Xi'an, Lintong District, Provinsi Shaanxi. Kota Xi'an berjarak sekitar 1500 km dari kota Shanghai dan juga merupakan ibu kota pertama China.

Tempat ditemukannya patung-patung Terakota

Wilayah Xi'an sendiri telah berdiri sejak abad ke 2 sebelum masehi. Selama masa-masa tersebut, wilayah ini berada di bawah kekuasaan kaisar yang telah berganti-ganti. Kaisar-kaisar yang pernah berkuasa yaitu Kaisar Zhou, Kaisar Han, Kaisar Qin, dan Kaisar Tang yang berkuasa hingga abad ke 12.

Penggalian kemudian dilakukan oleh para petani. Namun saat menggali itu, mereka menemukan patung-patung berpakaian tentara yang berukuran sebesar manusia. Tak tanggung-tanggung jumlah patung-patung tersebut mencapai lebih dari 8 ribu. Patung-patung ini kemudian dikenal dengan nama Patung Tentara Terakota. Terakota sendiri berasal dari Bahasa Italia yaitu "terra-cotta" yang berarti tanah.

Yang menarik dari patung-patung tersebut bukan hanya jumlah yang luar biasa besar tetapi juga wajah-wajah patung tersebut tidak ada yang sama. Semuanya berbeda seolah dibuat memang mirip dengan aslinya. Jika diperhatikan patung-patung tersebut berpakaian perang dengan detail yang berbeda sesuai dengan kedudukan dan jabatan yang dimiliki.

Wajah-wajah Patung Tentara Terakota tak ada yang sama satu sama lainnya

Selain ditemukan patung-patung seukuran manusia, penemuan ini juga berhasil menemukan kuda-kuda yang seukuran dengan kuda asli.

Selain patung Terakota, patung-patung kuda juga ditemukan

Obsesi Aneh Kaisar Qin Shi Huang

Penemuan ribuan patung Terakota di Xi'an kemudian membuka pertanyaan besar, untuk tujuan apa patung-patung tersebut dibuat? Kemudian kisah di balik dinasti yang memerintahkan pembangunan luar biasa ini pun terbongkar. Sebuah kisah kelam dari Dinasti Qin.

Saat itu, Xi'an berada di bawah kekuasaan Kaisar Qin Shi Huang. Kaisar ini begitu termasyur. Bukan karena keberhasilannya membangun negeri, namun karena kekejamannya. Saat itu tahun 246 SM, Qin Shi Huang yang baru berusia 13 tahun telah menduduki singgasana kaisar. Kaisar Qin terkenal begitu takut akan kematian dan begitu terobsesi hidup awet muda.

Kaisar Qin Shi Huang

Oleh karena itu, ia mengutus ribuan orang untuk mencari obat-obatan herbal untuk memenuhi obsesi gilanya. Bahkan begitu takutnya akan kematian, ia yang saat itu masih berusia 13 tahun memerintahkan untuk membagun makam ukuran raksasa yang mampu menampung ribuan patung prajurit dengan jabatan mulai dari jendral besar hingga prajurit bawah lengkap dengan kuda-kuda. Ia percaya, patung-patung tersebut akan hidup dan menemaninya di kehidupan selanjutnya.

Berdasarkan dokumen dan keterangan dari Record of The Grand Historian yang dikemukakan oleh sejarawan China, Sima Qian, pembangunan patung terakota ini memakan waktu 36 tahun dengan melibatkan lebih dari 700.000 seniman. Proyek pembangunan patung Terakota ini disebut-sebut juga merupakan proyek terbesar kedua di China setelah Tembok Besar China (The Great Wall of China).

Kisah kelam dari pembangunan patung Terakota ini pun terkuak. Saat pembangunan akan usai, kaisar memerintahkan untuk menutup semua pintu keluar pemakaman tersebut. Hal mengerikannya adalah ribuan pekerja terkurung hidup-hidup di tempat tersebut. Konon hal ini dilakukan oleh sang Kisar agar lokasi makam tersebut tetap rahasia dan tak terbongkar. Untuk mengelabui orang-orang akan lokasi tersebut, maka dibuatlah gundukan tanah berumput di atasnya yang menyerupai bukit-bukit.


Patung-Patung Terakota Saat Ini

Sejak ditemukan pada tahun 1974, proses penggalian dan pengerjaan masih terus dilakukan. Untuk ribuan patung Terakota tersebut bahkan dibutuhkan beberapa tim arkeolog dari China dan Inggris untuk tetap menjaga patung-patung tersebut tetap dalam kondisi baik, mengingat patung-patung tersebut yang telah berusia ribuan tahun.

Seluruh patung mengenakan pakaian jirah perang lengkap dengan pedang besinya. Beberapa kuda juga ditemukan berlapis emas, perak, serta tembaga. Temuan-temuan ini tentunya membutuhkan tim forensik handal dan juga perawatan yang luar biasa.

Proses restorasi patung Terakota

Namun di balik penemuan luar biasa yang bahkan telah masuk menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO ini, tidak dirasakan masyarakat Xi'an. Mereka mengaku sejak ditemukannya patung-patung tersebut, orang-orang berbondong-bondong datang ke desa mereka untuk melakukan penggalian yang berakibat tergusurnya petani-petani di wilayah tersebut. Desa yang dulu hijau kini berubah menjadi makam terakota raksasa.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "Kisah Kelam Patung Tentara Terakota dan Obsesi Aneh Kaisar Qin"