Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Lain Kasus Jack The Ripper


Kalian tahu Jack The Ripper? Hampir pasti semua penggemar misteri, unsolved cases, dan kasus pembunuhan familiar dengan nama ini. Lalu bagaimana dengan Dr. Thomas Bond? Pembunuh berantai? Oh, bukan. 

Jadi begini ceritanya. Pada 25 Oktober 1888, Sir Robert Anderson, asisten komisaris polisi London yang juga seorang perwira intelijen, menulis surat kepada Dr. Thomas Bond. Bond adalah seorang ahli bedah.

Anderson meminta Bond untuk memeriksa materi yang berhubungan dengan investigasi Jack The Ripper. Dalam surat tersebut, Anderson melampirkan salinan bukti yang diberikan pada pemeriksaan para korban Jack The Ripper, Polly Nichols, Annie Chapman, Elizabeth Stride, dan Catherine Eddowes, lalu meminta Bond untuk menyampaikan pendapatnya.

Para korban Jack The Ripper

Bond kemudian memeriksa berkas-berkas tersebut selama beberapa minggu dan melakukan pemeriksaan post mortem dari sisa-sisa mutilasi korban Jack The Ripper. Ia tertarik sekali dengan alasan mengapa para wanita itu dibunuh dengan begitu sadis. 

Dengan mempelajari ciri-ciri sebuah kejahatan dan cara terjadinya, bisa jadi pelaku dapat dikenali. Pembuatan profil pelaku semacam ini biasanya diterapkan bila pelaku adalah pelaku kejahatan berulang atau melakukan kejahatan berantai. 

Dr. Bond mereka ulang kejahatan yang terjadi dan juga melihat dengan teliti barang bukti yang ada untuk menyelami kepribadian seorang The Ripper. Bond berusaha memahami pribadi sang pembunuh, latar belakangnya, dan apa sebenarnya motifnya melakukan pembunuhan-pembunuhan keji tersebut.

Jadi inilah antara lain isi laporan Dr. Bond:

- Semua pembunuhan tidak diragukan lagi dilakukan oleh tangan yang sama. Tenggorokan para korban tampaknya telah dipotong dari kiri ke kanan. 

- Para korban sedang berbaring ketika pembunuh melancarkan aksinya.

- Dalam semua kasus, tampaknya tidak ada bukti perlawanan, serangan kemungkinan besar terjadi begitu tiba-tiba dan dibuat sedemikian rupa sehingga para wanita tidak sempat berteriak.

- Pembunuhnya seorang pria yang sangat kuat dan berani. Tidak ada bukti dia memiliki kaki tangan. Jadi dia selalu melancarkan aksinya seorang diri.

- Penampilan luar sang pembunuh dalam kesehariannya kemungkinan besar adalah pria yang tampak tenang dan tidak terlihat berbahaya. Ia kemungkinan merupakan pria setengah baya dan berpakaian rapi. Dengan asumsi demikian, dia mungkin adalah seorang penyendiri dan eksentrik, juga kemungkinan besar seorang pria tanpa pekerjaan tetap. Dia mungkin hidup di antara orang-orang terhormat (para bangsawan) yang tahu tentang karakter dan kebiasaannya dan memiliki alasan untuk curiga. Tetapi orang-orang tersebut mungkin tidak mau melaporkan kecurigaannya pada polisi.

Jack The Ripper sendiri tidak pernah terungkap identitasnya dan kasus pembunuhannya tak pernah terpecahkan. Namun apa yang dilakukan Dr. Bond telah membantu menciptakan profil kriminalis pertama dalam sejarah penyelidikan.

Pada 6 Juni 1901, dengan masih mengenakan pakaian tidurnya, Bond melemparkan dirinya dari jendela kamar tidur rumahnya.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

29 komentar untuk "Cerita Lain Kasus Jack The Ripper"

  1. Kok ga lanjut ya biasanya panjang

    BalasHapus
  2. Ending nya...kok tragis ya...

    Btw salam kenal dari aku..
    Netty senang banget baca blog ini
    Mudah2an terus update ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Netty, selamat datang di blog Merinding ^^
      Saya pun senang mendapat pembaca baru. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar ya..

      Hapus
  3. orang mau bunuh diri ko pake baju tidur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya "dengan masih mengenakan baju tidurnya, ia melompat bunuh diri dari jendela kamarnya". Begitu kira-kira logikanya Whinara..

      Hapus
  4. kejar tayang ya bu ? lama ga muncul. kabar sehat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Eko! Alhamdulillah sehat, semoga kamu juga sehat ya. Iya nih, banyak artikel yang harus diposting..

      Hapus
    2. alhamdulillah kalo sehat. soal nya dah 6 bulan g update. jadi teori konspirasi berkeliaran. cek domain diperpanjang jadi sedikit lega. hihihi..

      Hapus
    3. Ya ampun Eko sampai cek domain haha.. Kalau begitu kita juga masih bisa lega karena domain enigma pun masih diperpanjang hihihi..

      Hapus
    4. ya kan dimasa seperti ini trus lama g update. kan jadi penasaran. kalo domain enigma kayak nya langsung beberapa tahun aktifnya. ni menghilang jadi kayak agatha christie.

      Hapus
  5. Baru nonton video dari infohographic show soal polisi london hampir menangkap jack

    BalasHapus
  6. Baru nonton video dari infohographic show soal polisi london hampir menangkap jack

    BalasHapus
  7. Maksud melemparkan diri itu bunuh diri kah mbak Eya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Erfransdo..
      Entah kenapa kalau baca namamu sekilas jadi Fernando ^^

      Hapus
  8. Kalo dilihat dr kasusnya, bisa jadi pelakunya seorang bangsawan yg sedang atau pernah belajar ilmu kedokteran, dan salah satu dosennya atau pengajarnya mungkin dr Bond ini, dan saya rasa dr Bond tau siapa pelakunya

    BalasHapus
  9. Kalo dilihat dr cara membunuhnya, saya menduga Jack and the Ripper ini seorang bangsawan yg sedang atau pernah belajar ilmu kedokteran, dan pengajarnya tidak lain dr Bond ini, saya rasa dr Bond tau siapa pelakunya, tp tak bisa diungkapkan, krn alasan pribadi, akhirnya beliau memilih tuk bunuh diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Djatwin!
      Teori yang menarik. Menurut laman wikipedia, Dr. Thomas Bond telah lama menderita insomnia akibat penyakitnya. Dan karena penyakitnya itu pula ia mengkonsumsi narkotika. Cmiiw.

      Hapus
  10. Jadi penasaran siapa sebenarnya jack the ripper xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah penasaran, kan? Sama, kita semua juga penasaran Nur Rizal xixixi

      Hapus
  11. Pernah baca dimana gitu.
    Katanya pelakunya dokter tentara Rusia yang jual organ.
    Uangnya untuk biaya perang.
    Bener apa ngga nih neng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dugaan suspect alias siapa Jack the Ripper sebenarnya ada banyak. Mungkin itu salah satunya. Ada teori kalau Jack the Ripper pelaut Jerman, ada juga yang percaya kalau dia bangsawan, ada lagi teori kalau dia pengacara, teori lain bilang pelukis, malah sampai ada yang percaya kalau Jack the Ripper sebenarnya adalah seorang wanita. Tapi sampai sekarang tidak ada yang tahu kebenarannya..

      Hapus
  12. seneng banget ga sengaja ketemu blog ini,blog yang aku cari cari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang juga kedatangan pembaca baru. Salam kenal yaa..^^

      Hapus
  13. Masih penasaran siapa si Jack the ripper ini, kenapa yg dibunuh semuanya WTS, ada konspirasi yg mengatakan dia seorang wanita yg gak bisa hamil karena rahim para wanita itu juga diambil, ehhh ky nya aku baca di website ny k eya juga yy 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, serius ada teori begini, Intan? Bukan dari blog ini deh sepertinya.. Saya pun baru tahu hehe

      Hapus
  14. Siapa Jack The Ripper?
    Kenapa semua korban yg dia mutilasi itu wanita semua?
    Kenapa,kenapa,dan kenapa.Pertanyaan yg selalu berputar di kepala ane :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya pun sama bertanya-tanya, kenapa, kenapa, kenapa.. :)

      Hapus