Thunderbird, Burung Raksasa yang Misterius




Salah satu makhluk kryptid paling terkenal dan memancing rasa penasaran ilmuwan hingga masyarakat awam adalah Thunderbird. Telah banyak laporan dan pengakuan atas penampakan makhluk ini. Namun anehnya tak pernah ada fosil maupun dokumentasinya, sehingga makhluk ini seringkali digolongkan sebagai makhluk mitologi..

Thunderbird adalah sebutan bagi makhluk kryptid yang seringkali dideskripsikan sebagai sesosok makhluk berupa burung dengan ukuran raksasa yang disebut-sebut sebagai makhluk purba yang masih tersisa. Makhluk yang sama pernah dilaporkan terlihat di Dunia Lama atau yang kerap disebut Rocs.

Sebagian ilmuwan yang menaruh minat pada hewan kryptid ini seringkali menggambarkan Thunderbird sebagai hewan yang memiliki tubuh serupa pterosaurus atau Pteranodon. Meskipun banyak laporan mengenai penampakan Thunderbird selama berabad-abad, tetapi hampir tak pernah ditemukan bukti berupa fosilnya, sehingga makhluk ini dianggap sebagai mitos atau legenda.


Thunderbird sebenarnya merupakan burung yang dikenal dalam tradisi suku asli Amerika. Nama Thunderbird sendiri konon digunakan karena kegaduhan suara kepakan sayapnya yang terdengar menggema di atas langit selama hujan badai. Mata dan paruhnya berkilat-kilat laksana petir.

Menurut orang-orang Lakota/Teton Sioux (salah satu suku asli Amerika) yang bermukim di dekat padang rumput, Thunderbird adalah perwujudan dari kekuasaan tertinggi yang juga mewakili salah satu makhluk-makhluk awal yang ada di bumi. Sementara itu menurut suku Iroquois yang mendiami Amerika Utara meyakini bahwa Thunderbird tak lain adalah penjaga langit.

Dalam kepercayaan suku-suku asli Amerika yang tinggal di wilayah barat juga mempercayai bahwa makhluk ini adalah penjaga dan pelindung dari kekuatan jahat.

Menariknya adalah banyak orang yang mengklaim telah melihat penampakan sosok Thunderbird yang besar dengan sayap lebar terbang di angkasa. Kenyataannya, bahkan hingga pada abad ke 19, beberapa orang saksi mata mengklaim telah melihat sesosok monster terbang yang menyerupai makhluk pterodactyls, yang telah punah jutaan tahun yang lalu.


Laporan Penampakan

Laporan dan kisah penampakan awal makhluk ini yang paling terkenal salah satunya adalah kasus yang terjadi pada April 1890 di Arizona. Saat itu ada dua orang koboi yang berhasil membunuh makhluk serupa burung raksasa. Makhluk itu memiliki sayap berbulu seperti kelelawar, namun mulutnya menyerupai buaya. Jika dilihat dari ciri-cirinya maka makhluk ini benar-benar mirip hewan purba Pterodactyl.

Pterodactyl

Bangkai hewan misterius itu kemudian dibawa ke kota dan diletakkan di sebuah gudang. Bangkainya digantungkan dengan sayap direntangkan. Rentangan sayap hewan ini bahkan sepanjang ruangan gudang tersebut.

Peristiwa ini kemudian diberitakan oleh koran lokal setempat The Tombstone Epitaph tanggal 26 April 1890. Nah, menariknya di sini adalah meskipun koran tersebut memberitakan tentang kejadian ini, sebenarnya tidak ada bukti sejarah sama sekali bahwa peristiwa ini sungguh-sungguh ada. Kebanyakan menganggapnya sebagai urban legend.

Perlu dicatat bahwa tidak ada seorang pun yang memiliki foto otentik dan mampu dipertanggungjawabkan mengenai kebenaran adanya makhluk ini. Meskipun banyak klaim memiliki fotonya, salah satunya bernama Ivan T. Sanderson yang mengatakan ia memiliki foto Thunderbird namun hilang setelah foto tersebut dipinjam oleh temannya tahun 1960.


Penculikan oleh Thunderbird?

Kisah lainnya tentang makhluk ini terjadi pada tahun 1970an di Illinois. Saat itu terjadi peristiwa di mana seorang anak hampir "diculik" oleh seekor burung raksasa. Peristiwa ini dikenal juga dengan Insiden Lawndale.

Baca selengkapnya : Insiden Lawndale

Pada 9 April 1948, ada keluarga petani yang tinggal di luar Caledonia, Illinois, mengaku melihat burung raksasa yang lebih besar daripada pesawat terbang. Di hari yang sama rupanya seorang pengendara truk juga mengaku melihat makhluk misterius ini dengan keterangan yang hampir serupa dengan keluarga petani tadi.

Seorang mantan kolonel tentara juga mengaku telah melihat penampakan burung raksasa ini dekat Alton, Illinois. Pada tanggal 10 April keesokan harinya beberapa saksi mata juga muncul mengaku telah melihat sosok makhluk raksasa melintas di atas langit Illinois.

Pada tanggal 24 di bulan yang sama, seorang pria di Alton juga mengaku melihat makhluk kryptid ini terbang setinggi 500 kaki dan ia bisa menaksir ukuran makhluk itu sebesar pesawat terbang dari bayangannya di atas ketinggian yang sama dengan pesawat.

Penampakan Thunderbird terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya di berbagai tempat di Amerika Serikat. Klaim tentang bukti dan keberadaannya terus saja dilaporkan, namun sekali lagi, tak pernah ada bukti otentik atau fosil dari makhluk ini (jika memang ada) yang pernah berhasil ditemukan.

NB : Foto-foto yang diklaim sebagai Thunderbird yang beredar di internet adalah rekaan, atau setidaknya adalah foto makhluk lain. Kalian bisa membaca di sini, bagaimana seorang penulis Nick Redfern yang kesulitan mendapatkan foto asli Thunderbird untuk bukunya "Monster of Texas".


Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Thunderbird_(cryptozoology)
https://mysteriousuniverse.org/2012/03/strange-tales-of-thunderbird-photos/
https://bamssatria22.wordpress.com/2013/08/29/thunderbird/


0 Response to "Thunderbird, Burung Raksasa yang Misterius"

Post a Comment