7 Makam Paling Misterius di Dunia




Sepanjang sejarah telah banyak ditemukan oleh para arkeolog peninggalan masa lampau, salah satunya yaitu makam kuno. Dalam beberapa kasus makam-makam ini merupakan makam dari tokoh-tokoh terkenal yang telah dikuburkan selama berabad-abad yang lalu. Di samping itu ada pula makam-makam yang menyimpan misteri dan peristiwa aneh yang belum terpecahkan hingga saat ini. 

Mulai dari kisah makam misterius yang dapat berpindah sendiri di kepulauan Barbados hingga makam Kaisar Qin Shi Huang di China, inilah 7 makam paling misterius di dunia.


1. Makam Tutankhamun



Makam Tutankhamun terletak di KV62 bukit para raja. Tutankhamun adalah firaun yang meninggal dunia di usia yang masih sangat muda yaitu 19 tahun. Makam Tutankhamun sendiri berukuran lebih kecil dibandingkan dengan makam firaun lainnya. Rumornya mengatakan bahwa terdapat ruangan tersembunyi di dalam makam tersebut. Dengan menggunakan radar pendeteksi diketahui bahwa terdapat material organik dan metalik di dalamnya.

Makam Tutankhamun telah sejak lama selalu dikaitkan dengan kutukan. Hal itu seolah dikuatkan dengan terjadinya beberapa kasus kematian misterius para peneliti dan arkeolog yang bekerja pada proyek penggalian dan penelitian makam Tutankhamun. Tak kurang dari 21 kematian misterius terjadi selama masa penggalian dan penelitian mumi Mesir ini.


2. Makam Kaisar Qin Shi Huang



Qin Shi Huang adalah kaisar pertama China. Ia amat disegani, berpengaruh, dan juga terkenal di antara jajaran kaisar China. Qin Shi Huang paling dikenal karena patung-patung Terakota. Patung-patung Terakota adalah patung prajurit yang berjumlah lebih dari 8000 patung. Uniknya patung-patung ini memiliki pahatan wajah yang berbeda-beda, seolah memang menggambarkan setiap individu pada masa itu. Makam ini ditemukan oleh petani lokal pada saat penggalian sumur.

Kaisar Qin Shi Huang mempercayai bahwa kelak ketika ia meninggal dirinya akan didatangi oleh arwah musuh-musuhnya di alam baka. Maka Kaisar memerintahkan untuk membangun sebuah makam raksasa yang berisikan patung-patung tentara lengkap dengan kuda-kudanya. Ia percaya bahwa patung-patung itu akan berubah menjadi tentara dan menemaninya kelak.

Mirisnya ketika pengerjaannya belum sepenuhnya rampung dan para pekerja masih berada di dalam makam tersebut, sang kaisar meminta agar makam itu ditutup untuk mencegah orang lain mengetahuinya. Maka para pekerja yang jumlahnya sangat banyak terkubur hidup-hidup di makam tersebut. Kemudian pada lokasi makam dibuat undakan tanah semacam bukit untuk mengelabui orang-orang bahwa ada makam raksasa di sana.



3. Makam Raja Midas



Dalam mitologi Yunani disebutkan bahwa terdapat seorang raja yang memiliki kemampuan mengubah apa pun menjadi emas hanya dengan sekali sentuhan saja. Konon sang raja mendapatkan kekuatan itu setelah memohon kepada dewa. Tap sialya, dengan kekuatan yang diidamkannya itu ia justru tanpa sengaja telah mengubah putri kesayangannya menjadi emas. Kisah ini seringkali dianggap sebagai rekaan.

Namun sesungguhnya Raja Midas memang benar-benar ada dalam sejarah. Pada tahun 1957 sebuah makam berusia 3000 tahun ditemukan di Turki. Tim penggali menyebutnya sebagai "Makam Raja Midas". Namun tidak ditemukan emas di dalam makam tersebut dan juga kerangkanya merupakan kerangka manusia normal, meskipun legendanya menyebutkan raja ini memiliki telinga keledai.


4. Newgrange



Di Irlandia terdapat sebuah makam prasejarah yang disebut juga dengan Newgrange. Menurut perkiraan makam ini berusia setua piramida Mesir atau pun Stonehenge. Selama ratusan tahun, Newgrange telah menjadi cerita rakyat Irlandia yang dikisahkan secara turun-temurun sebagai tempat misterius. Ada sebuah kepercayaan bahwa makam ini dahulunya dibangun oleh goblin.

Newgrange ditemukan pada penggalian di akhir periode 1700an. Pada saat itu banyak yang mengira bahwa makam ini dibangun oleh orang-orang Mesir kuno yang datang ke Irlandia. Makam ini sendiri telah tertutup rapat selama 3000 tahun lamanya. Penduduk lokal di sana menduga bahwa makam itu tak lain adalah pintu gerbang menuju alam lain dan bila dibuka maka goblin yang jahat akan keluar dan menculik anak-anak. Namun tentu saja hal seperti itu tak pernah terjadi.


5. Chase Vault



Chase Vault adalah makam misterius yang amat terkenal di dunia. Makam ini terletak di kepulauan Barbados. Menurut kisah yang beredar pada awal abad ke 19 tiga peti mati diletakkan di dalam makam tersebut. Setelah beberapa tahun lamanya makam tersebut kembali di buka untuk memasukkan peti mati atau jenazah baru. Namun orang-orang terkejut mendapati tiga peti mati sebelumnya telah berubah posisi.

Padahal pintu masuk makam itu terkunci rapat, belum lagi dibutuhkan tenaga 7 orang dewasa untuk membuka pintu makam tersebut. Hal inilah yang tambah membuat spekulasi berkembang liar tentang bagaimana peti-peti itu mampu berpindah dengan sendirinya. 

Beberapa rumor mengatakan bahwa orang-orang yang ada di dalam peti mati itu tak lain adalah vampir yang bangkit dari kematiannya. Sementara yang lainnya menduga memang ada pencuri yang masuk ke dalam makam itu. Namun anehnya tak pernah ditemukan jejak seseorang pernah masuk ke dalam makam tersebut.



6. Makam Kasta



Makam Kasta (Kasta Tomb) adalah sebuah makam kuno yang ditemukan di Yunani beberapa tahun lalu. Pada makam itu terdapat dua patung spinx pada pintu masuknya. Lima kerangka manusia ditemukan di dalam makam yang diduga dibangun pada abad ke 4 SM. Tidak ada yang mengetahui jenazah siapa yang berada di dalam makam tersebut. Namun banyak dugaan yang mengarah kepada Alexander Agung.

Selain dugaan bahwa makam itu merupakan makam Alexander Agung, banyak pula yang yakin bahwa makam itu adalah makam keluarga kerajaan yang terlupakan dalam sejarah. Hal ini seolah dibuktikan dengan lantai marmer yang melapisi makam dengan tanda-tanda seperti telah dikunjungi oleh ribuan orang dalam periode tertentu. Makam ini adalah makan terbesar yang pernah ditemukan di Yunani. 


7. Makam Genghis Khan



Makam Genghis Khan boleh jadi adalah makam paling misterius dalam daftar ini. Genghis Khan sendiri adalah seorang pemimpin militer yang menyatukan bangsa Mongolia sekaligus pendiri kekaisaran Mongolia. Pada masa kekuasaannya, kaisar yang terkenal bengis dan kejam ini berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah Asia.

Pada saat dirinya wafat, jasadnya dimakamkan secara rahasia oleh orang-orang kepercayaannya. Masalahnya adalah tak ada seorang pun juga yang mengetahui di mana letak makam itu berada. 

Selama bertahun-tahun telah banyak penelitian yang dilakukan untuk membongkar salah satu misteri terbesar dalam sejarah ini. Bahkan beberapa peneliti Jepang telah menggunakan teknologi satelit dan helikopter untuk menemukan makam ini, namun mereka harus pulang dengan tangan hampa.

Baca selengkapnya : Genghis Khan dan Makamnya yang Misterius


0 Response to "7 Makam Paling Misterius di Dunia"

Post a Comment