Misteri Lukisan "The Hand Resist Him"




Seorang penjual yang tak disebutkan namanya membuka lelang di situs eBay. Barang yang dilelang adalah sebuah lukisan yang diklaimnya membawa kutukan. Ia juga menyertakan peringatan keras bahwa siapa pun yang akan membelinya dan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka ia tak bertanggung jawab. Segera saja lukisan ini menarik perhatian banyak orang hingga beberapa menceritakan pengalaman tak menyenangkan jika berlama-lama melihat lukisan ini. "The Hand Resist Him", nama lukisan itu.

Sebenarnya ada beberapa lukisan di dunia ini yang diklaim membawa kutukan atau kesialan atau bahkan kematian bagi pemiliknya. Salah satunya yang pernah dibahas di blog merinding.com ini adalah lukisan The Crying Boy yang disebut-sebut menyebabkan terjadinya peristiwa kebakaran di rumah-rumah yang memajang lukisan tersebut. Namun rupanya misteri lukisan anak menangis itu telah terpecahkan. 


Sekarang kita akan membahas salah satu lukisan lainnya yang juga dianggap membawa kutukan. Lukisan itu dikenal dengan nama "The Hand Resist Him". Dan inilah kisahnya.

Pada Februari 2000, sebuah akun di eBay memulai sebuah lelang. Barang yang dilelang adalah sebuah lukisan dengan ukuran lumayan besar. Pada lukisan itu tergambar seorang anak laki-laki tengah berdiri di depan sebuah pintu kaca. Berdiri di sampingnya adalah sebuah boneka anak perempuan. Menariknya, bila diperhatikan secara seksama, maka kita akan melihat ada banyak tangan menempel pada kaca di belakang anak itu.



Lukisan ini rupanya dibuat pada tahun 1972 oleh seorang seniman California bernama Bill Stoneham. Menurut Bill, lukisan tersebut pertama kali dipamerkan di Feingarten Gallery di Beverly Hills, California selama awal tahun 1970an.

Bill Stoneham

Menurut keterangan Bill, gambar anak laki-laki di dalam lukisan tersebut adalah dirinya sendiri saat berusia 5 tahun. Dan memang kisah di baliknya agak menyeramkan.

Bill bercerita jika pintu kaca yang berada di belakang anak laki-laki itu tak lain adalah penggambaran dari pemisah antara dunia nyata dengan dunia mimpi. Sementara itu boneka anak perempuan di sampingnya adalah pemandunya memasuki alam mimpi tersebut, sedangkan tangan-tangan yang menempel di kaca mewakili kehidupan dari alam lain yang seolah ingin menariknya masuk.

Pada periode pertengahan 1970an, lukisan itu sebenarnya telah dibeli oleh salah satu aktor kenamaan Hollywood, John Marley. Namun saat sang aktor meninggal pada tahun 1984, lukisan itu kemudian berpindah tangan ke pasangan yang berdomisili di California. Dan entah bagaimana ceritanya tiba-tiba lukisan itu dilelang di situs eBay pada Februari tahun 2000.

John Marley, pemilik lukisan The Hand Resist Him sebelumnya

Di situs lelang eBay itu, sang penjual memasang deskripsi bahwa hingga kata-kata peringatan. Ia mengatakan ia dan keluarganya memiliki pengalaman menakutkan dengan lukisan itu. Dua anak perempuannya yang berusia 4 dan 1,5 tahun mengatakan bahwa anak laki-laki dan boneka perempuan itu seringkali bertengkar dan terkadang keduanya keluar dari dalam lukisan dan berkeliling rumah pada malam hari.

Ia juga mengatakan bahwa boneka perempuan dalam lukisan itu memegang pistol yang digunakannya untuk mengancam anak laki-laki tersebut. Oleh karena itu ekspresi anak laki-laki tersebut tampak seperti ketakutan.



Tak cukup sampai di situ, sang penjual lukisan juga memperingatkan bahwa siapa pun yang nantinya menjadi pemilik lukisan itu, maka dirinya tak bertanggung jawab bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

"When we received this painting, we thought it was really good art. A "picker" had found it abandoned behind an old brewery. At the time we wondered a little why seemingly perfectly fine painting would be discarded like that. (Today we don't!!!)"

Lukisan ini dan juga kisah mengerikannya segera saja menyebar di internet. Banyak orang yang kemudian datang ke situs eBay hanya demi melihat seperti apa sebenarnya lukisan tersebut. Menurut keterangan beberapa orang yang melihat lukisan itu agak lama, mereka mendapatkan perasaan yang tak nyaman dan ketakutan setelah melihatnya. Sebagian dari kalian juga pasti merasakan hal yang serupa kan?

Singkat cerita lukisan The Hand Resist Him yang awalnya hanya seharga $199 berhasil terjual $1,025. Pembeli lukisan ini adalah seorang pemilik galeri di Grand Rapids, Michigan. Setelah membeli lukisan tersebut, ia segera menghubungi sang pelukis Bill Stoneham karena begitu penasaran dengan cerita asli dari lukisan itu.

Bill yang dihubungi sempat terkejut tatkala mengetahui bahwa lukisan yang dibuatnya tahun 1972 itu ramai dibicarakan di internet. Ia juga mengaku aneh dengan semua cerita dan juga interpretasi pada lukisan tersebut. Lagi pula menurutnya, yang dipegang oleh boneka perempuan itu bukanlah pistol melainkan hanya sebuah baterai dengan kabel-kabel.



Beberapa tahun kemudian Bill kembali membuat sebuah lukisan yang disebutnya sebagai sequel dari lukisan The Hand Resist Him pada tahun 2004. Lukisan itu diberi nama "Resistence at The Treshold". Pada lukisan itu tergambar anak berusia 5 tahun di lukisan sebelumnya telah menjadi seorang pria berusia 40 tahun.

Sequel lukisan selanjutnya dibuat pada tahun 2012. Lukisan kali ini diberi nama "Threshold of Revelation" yang memperlihatkan seorang pria berusia 40 tahun dengan seorang anak perempuan yang tengah memegang topeng atau wajah manusia di tangannya. Kedua lukisan sequel tadi juga sama dengan lukisan yang pertama, sangat terlihat menyimpan misteri di dalamnya.

Lukisan "Threshold of Revelation"

Namun belum pernah ada laporan terkait lukisan yang dibuat oleh Bill Stoneham ini sehingga banyak dugaan yang mengatakan bahwa kisah menyeramkan di balik lukisan The Hand Resist Him yang dipasang di situs eBay sengaja agar lukisan tersebut laku dengan harga fantastis.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Hands_Resist_Him

0 Response to "Misteri Lukisan "The Hand Resist Him""

Posting Komentar