Kutukan dan Tragedi Keluarga Kennedy




Dalam sejarah Amerika, tidak ada yang dapat menyaingi betapa legendarisnya klan keluarga Kennedy dalam dunia perpolitikan. Anak hingga cucu-cucu keluarga Kennedy biasa didapati berada dalam jabatan penting pemerintahan. Puncaknya, anak laki-laki keluarga ini, John F. Kennedy berhasil menduduki kursi presiden Amerika pada tahun 1961. Namun di balik deretan kesuksesan itu, konon keluarga Kennedy dikelilingi kutukan dan tragedi yang menghabisi anggota keluarga ini satu demi satu...

Klan keluarga Kennedy yang berpengaruh dalam dunia politik bisa jadi dimulai dari pria ini. Namanya Patrick Joseph Kennedy. Ia telah masuk dalam dunia politik sejak 1884 dan berhasil menjadi senator pada tahun 1889. Putranya bernama Joseph Patrick Kennedy Sr. mengikuti jejak sang ayah. Ia berhasil menjadi duta besar Amerika untuk Iggris pada 1938-1940). Joseph Patrick menikahi Rose Fitzgerald yang merupakan putri John F. Fitzgerald, walikota Boston (1895-1901). Jadi bisa dikatakan keluarga ini memang memiliki darah di bidang politik.

Joseph Patrick Kennedy dan Rose Fitzgerald menikah dan dikaruniai 9 orang anak, yaitu Joseph Kennedy Jr. (1915-1944); John F. Kennedy (1917-1963); Rosemary Kennedy (1918-2005); Kathleen Kennedy (1920-1948); Eunice Kennedy (1921-2009); Patricia Kennedy (1924-2006); Robert Kennedy (1925-1968); Jean Kennedy (1928); dan Edward "Ted" Kennedy (1932-2009).

Dari anak-anak itu mereka memperoleh 29 cucu dan 54 cicit. Anak-anak keluarga Kennedy sendiri sebenarnya ada beberapa orang yang meninggal di usia muda dan ada pula yang tak memiliki anak.

Kutukan Kennedy atau yang biasa disebut juga dengan Tragedi Keluarga Kennedy merupakan istilah yang kerap dipakai oleh media massa untuk insiden dan peristiwa kemalangan yang menimpa keluarga Kennedy. Ide mengenai tragedi keluarga ini yang kemudian disebut sebagai kutukan sebenarnya merupakan takhayul yang sengaja diciptakan dan disebarluaskan oleh media.

Baca juga: 7 Kutukan Paling Mengerikan dan Terkenal di Dunia




Kemalangan yang menimpa keluarga ini boleh jadi dimulai pada tahun 1941. Kala itu, anak perempuan tertua keluarga Kennedy, Rose Marie atau Rosemary menjalani prosedur lobotomi yang kontroversial di usianya yang ke 23 tahun. Operasi yang dilakukan dengan memotong beberapa preforontal korteks otak itu malah berakibat fatal. Rosemary mengalami keterbelakangan mental permanen.

Sedari kecil, Rosemary diduga telah menderita disabilitas kecerdasan dengan IQ 60-70 yang membuatnya sulit untuk masuk sekolah. Beberapa dugaan menyeruak tentang mengapa putri Kennedy itu sampai menderita sakit mental, salah satunya adalah dugaan menunda kelahirannya sampai dokter datang.

Rosemary Kennedy

Rosemary "disembunyikan" dari perhatian publik. Ia sempat tinggal di Craig House, yaitu sebuah rumah sakit jiwa di utara New York City selama beberapa tahun. Pada tahun 1949, ia dipindahkan ke sebuah rumah di kompleks sekolah anak-anak luar biasa St. Coletta, Jefferson, Wisconsin. Ia tinggal di sana hingga akhir hayatnya. Rosemary meninggal pada tahun 2005 di usia 86 tahun.

Setelah mengetahui penyakit putri tertua keluarga Kennedy, Joseph Patrick Kennedy Sr. dan Rose Fitzgerald harus menerima kenyataan pahit saat mengetahui putra tertua keluarga, Joseph Kennedy  Jr. mengalami kecelakaan pesawat pada 12 Agustus 1944. Kecelakaan itu menewaskan anak Kennedy ini yang digadang-gadang dan telah dipersiapkan ayahnya untuk berkarir di dunia politik. Saat itu usianya baru 29 tahun.

Joseph Kennedy Jr.

Joseph Kennedy Jr. kala itu ambil bagian dalam operasi Aphrodite. Ia menjadi pilot pesawat pengebom B-24 Liberator pada Perang Dunia II. Naas pesawat itu meledak dan jatuh di Blyth Estuary, dekat Suffolk, Inggris. Semua penumpang, termasuk Joseph Kennedy Jr. tewas dengan tubuh hancur.

Hanya berselang 4 tahun setelah kematian Joseph Kennedy Jr, salah satu anak perempuan keluarga Kennedy, Kathleen Kennedy, tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Perancis. Usianya baru 28 tahun waktu itu dan ia baru saja menikah dengan Wiliam Cavendish Marquess of Hartington, putra sulung Edward Hartington, seorang politikus Inggris.

Kathleen Kennedy

Tragedi paling terkenal keluarga Kennedy tentu saja adalah kematian John F. Kennedy, yang menjabat sebagai Presiden Amerika pada tahun 1961. Kisah pembunuhan orang nomor satu di Amerika pada periode 1961-1963 ini seringkali saya bahas dan beberapa ada artikelnya di blog merinding.com ini. Ia ditembak di atas limusin Ford terbuka pada saat melakukan kunjungan ke Dallas, Texas bersama ibu negara Jacqueline Kennedy pada tanggal 22 November 1963.

John F. Kennedy dan Jaqueline Kennedy (belakang limusin) saat mengunjungi Dallas, Texas 22 November 1963

John F. Kennedy ditembak oleh Lee Harvey Oswald yang tak lama setelah itu dibunuh oleh Jack Ruby yang membuat kasus ini kabur. Banyak teori konspirasi yang menyelimuti kematian sang presiden kharismatik ini.

Baca selengkapnya : Insiden Penembakan John F. Kennedy

Jacqueline atau Jackie Kennedy sendiri kemudian menikah dengan Aristoteles Onassis lima tahun berselang setelah kematian John.

John dan Jackie Kennedy sendiri telah beberapa kali harus ditimpa kemalangan dengan kematian anak-anak mereka. Pada 23 Agustus 1956, Jackie harus kehilangan putrinya yang mati dalam kandungan. Ia dan John telah menyiapkan nama untuknya, Arabella. Bayi itu kemudian dimakamkan di Pemakaman Nasional Arlington di sisi kedua orang tuanya hanya dengan sebuah batu nisan bertuliskan "Daughter" di atasnya.

Makam Arabella Kennedy

Arabella Kennedy bukan satu-satunya yang meninggal ketika di usia dini. Pada 2 Agustus 1963, pasangan ini juga harus merelakan putra mereka yang bernama Patrick Bouvier Kennedy yang baru berusia 2 minggu setelah lahir prematur. Peristiwa ini terjadi hanya 3 bulan sebelum pembunuhan terhadap Kennedy. Bisa dibayangkan bagaimana hancurnya hati Jacqueline Kennedy saat itu.

Anak laki-laki satu-satunya John dan Jaqueline Kennedy, John F. Kennedy Jr. juga rupanya tak berusia panjang. Ia meninggal dunia di usia 38 tahun karena kecelakaan pesawat pada 16 Juli 1999. Saat itu ia melakukan penerbangan dari Essex County Aircraft di New Jersey. John membawa serta istrinya, Carolyn Jeanne Bassette dan juga saudara iparnya dalam penerbangan naas itu.

John F. Kennedy Jr.

Penerbangan yang dilakukan di malam hari itu mengalami disorientasi tepat ketika berada di aas Samudera Atlantik. Akibatnya pesawat tersebut terjatuh dan menewaskan semua penumpangnya.

Sementara itu adik kandung John F. Kennedy Sr. yang bernama Robert F. Kennedy juga mengalami nasib tragis. Pria yang juga berkarir politik mengikuti jejak sang kakak ini mengalami nasib yang sama seperti John. Robert pada saat itu merupakan senator dari New York tengah berkampanye sebagai capres dari Partai Demokrat.

Robert Kennedy

Pada tanggal 5 Juni 1968 setelah memenangkan pemilihan tahap pertama, dirinya berkampanye dan menyapa para pendukungnya di Los Angeles. Rober baru saja keluar dari ballroom ambassador hotel ketika tiba-tiba seorang pria menembaknya. Orang itu kemudian diketahui bernama Sirhan Sirhan. Ia mengaku menembak Robert karena alasan dukungan terhadap Israel.

Kematian Robert Kennedy rupanya berbuntut panjang. Putranya, David Kennedy boleh jadi adalah orang yang paling terpukul atas kematian ayahnya itu. Bertahun-tahun ia melampiaskan kesedihan dan kehilangannya pada alkohol dan narkotika. Hingga pada tahun 1973, mobil jeep yang dikendarainya mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu membuat cedera parah pada tulang belakangnya.

David Kennedy

Sejak kecelakaan itu, ia rutin mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, dan mulai kecanduan. Puncaknya adalah saat ia ditemukan sudah tak bernyawa di sebuah hotel di Palm Beach, Florida pada 25 April 1984. David ditemukan tewas akibat overdosis oba-obatan dan juga kokain.

Sementara itu putra Robert Kennedy lainnya, Michael Kennedy mengalami kecelakaan saat bermain sepak bola ski pada tanggal 31 Desember 1997. Dia meninggal dunia setelah menabrak sebuah pohon. Saat itu usianya baru 39 tahun.

Michael Kennedy

Sementara itu adik Robert Kennedy, Edward "Ted" Kennedy hampir meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan pesawat pada tahun 1964. Ia mengalami luka pada paru-paru dan patah tulang punggung. Setahun setelah kematian Robert, ia mengalami kejadian naas saat pulang dari pesta. Hari itu tanggal 18 Juli 1969, mobilnya terperosok jatuh dari jembatan di Pulau Chappaquiddick. Pada insiden itu seorang wanita tewas.

Ted Kennedy meninggal dunia pada tahun 2009. Ia juga merupakan anggota keluarga terakhir dari klan Kennedy yang terlibat aktif dalam dunia politik.

Ted Kennedy

Dengan meninggalnya Ted Kennedy, maka anak Joseph Patrick Sr. dan Rose Elizabeth Flizgerald hanya menyisakan seorang anak perempuan yaitu Jean Kennedy Smith yang saat ini telah berusia 90 tahun. Ia pernah menjadi duta besar Amerika untuk Irlandia pada periode 1993-1996.

Sementara itu putri Edward "Ted" Kennedy yang bernama Kara Kennedy Allen meninggal dunia mendadak pada 16 September 2011 saat tengah berolahraga di sebuah klub kebugaran yang ada di Washington DC. Kara sendiri memang memiliki riwayat penyakit kanker paru-paru pada 2002, namun dinyatakan telah sembuh setelah menjalani operasi paru-paru sebelah kirinya.

Tragedi keluarga Kennedy yang paling terbaru terjadi pada tahun 2012 yang lalu. Mary Richardson Kennedy, istri Robert Kennedy Jr. memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri pada 16 Mei 2012. Ia ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Bedford, Westchester County, New York.

Mary Richardson Kennedy

Kematian Mary seolah menambah daftar panjang tragedi dan kutukan yang dirumorkan media pada keluarga Kennedy. Entah apa yang terjadi pada keluarga ini.

Saat ini ada beberapa Kennedy yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di Amerika. Namun tampaknya Ted Kennedy adalah orang terakhir yang mendapatkan karir politik yang bagus. Caroline Kennedy, putri keluarga ini tadinya digadang-gadang akan melanjutkan tradisi politik klan Kennedy, namun ia memutuskan untuk mundur dari pencalonan kursi senat New York yang ditinggalkan oleh Hillary Clinton saat ia maju menjadi calon presiden.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga_Kennedy
https://id.wikipedia.org/wiki/John_F._Kennedy
https://id.wikipedia.org/wiki/Robert_F._Kennedy
https://id.wikipedia.org/wiki/Rosemary_Kennedy
https://en.wikipedia.org/wiki/Kennedy_curse

0 Response to "Kutukan dan Tragedi Keluarga Kennedy"

Post a Comment