7 Lukisan Paling Mengerikan di Dunia




Lukisan adalah sebuah karya seni yang tidak hanya sekedar gambar yang digantungkan di dinding. Sebuah lukisan sejatinya merupakan bentuk ekspresi dan representasi sang pelukis. Seorang pelukis yang hebat mampu membuat hasil karyanya terlihat hidup dan berbicara.

Di dunia ini ada beberapa lukisan yang sangat terkenal dan fenomenal, bahkan orang awam yang tak mengerti lukisan pun mengenalnya. Salah satu contohnya adalah karya Leonardo da Vinci, Monalisa. Lukisan Monalisa sudah pernah dibahas di blog merinding.com ini, silahkan dibaca.


Dalam beberapa kasus di dunia ada beberapa karya seni lukis yang dianggap menakutkan serta menimbulkan perasaan seram bagi siapa pun yang melihatnya. Beberapa lukisan tersebut bahkan disebut-sebut membawa kutukan dan kesialan. Meskipun sebenarnya sebagian pelukis yang membuatnya tak bermaksud untuk membuat karya lukisan yang seram, namun rupanya penilaian masing-masing orang sungguh berbeda dan itu sudah terlanjur image tersebut sudah terlanjur melekat.

Berikut ini adalah 7 lukisan yang dianggap seram dan paling mengerikan di dunia.


1. The Crying Boy


Lukisan The Crying Boy adalah hasil karya pelukis Italia bernama Giovanni Bragolin. Lukisan The Crying Boy sendiri memiliki banyak versi, terkadang ada pula yang menggambarkan sosok anak perempuan menangis, namun semua objeknya sama yaitu anak-anak berusia 5-10 tahun. Lukisan ini diproduksi massal pada sekitar tahun 1950an dan menyebar di seluruh Eropa.

Banyak versi mengenai asal muasal sosok anak dalam lukisan itu. Ada yang mengatakan anak itu ditinggal mati oleh orang tuanya karena kecelakaan, sementara vesri lain menyebut bahwa anak tersebut adalah korban penganiayaan hingga meninggal dunia. Konon arwahnya menuntut balas atas kematiannya.

Lukisan ini disebut-sebut sebagai biang keladi terjadinya banyak insiden kebakaran di Inggris. Tak kurang dari 40 rumah terbakar, dan anehnya lukisan anak menangis ini masih utuh. Namun kemudian misteri lukisan ini akhirnya terkuak.

Baca selengkapnya : Menguak Misteri Lukisan The Crying Boy


2. The Dead Mother


Lukisan berjudul "The Dead Mother" ini adalah karya Edvard Munch. Pelukis ini dikenal juga dengan karya lainnya yang lak kalah mengerikan yaitu sebuah lukisan bernama "The Scream". Menurut Munch, lukisan The Dead Mother merupakan gambaran atas perasaannya yang sangat menderita dalam kesedihan karena ditinggal mati oleh sang ibu.

Namun meskipun begitu, menurut orang-orang yang melihat lukisan ini secara intens, mereka mendapatkan pengalaman yang tak menyenangkan. Menurut mereka sosok anak kecil itu terlihat sangat hidup. Konon saat seseorang memandang ke dalam matanya, maka mata anak itu akan mengikutinya.

Ada seseorang yang pernah memiliki lukisan itu juga memiliki pengalaman yang tak kalah mengerikan. Ia mengklaim bahwa pandangan mata anak perempuan itu kerap mengikuti. Belum lagi cerita tentang selimut dalam lukisan yang tiba-tiba terlihat bergeser. Ada pula laporan yang mengatakan bahwa anak perempuan itu terkadang menghilang dari lukisan tersebut.


3. Anguished Man


Sean Robinson mendapatkan sebuah rumah warisan beserta isinya dari sang nenek. Salah satu warisan itu adalah sebuah lukisan yang berada di loteng rumah. Lukisan itu memang sengaja tak dipajang karena menurut neneknya dahulu lukisan itu berhantu. Mendiang nenek Sean mengisahkan bahwa dahulunya sang pelukis menggunakan darahnya sendiri untuk membuat lukisan itu sebelum akhirnya mati bunuh diri.

Sean yang tidak begitu saja mempercayai kisah sang nenek kemudian menggantungkan lukisan yang dikenal bernama "Anguish Man" tersebut di ruang tamu rumahnya. Menurut cerita Sean, sejak saat itu di rumahnya mulai banyak terjadi hal-hal ganjil. Mulai dari suara tangis dan jeritan yang entah dari mana asalnya, insiden putranya yang terjatuh dari tangga yang menurutnya ada seseorang yang telah menjatuhkan putranya. Belum lagi istrinya yang mengaku merasakan seseorang menyisir rambunya setiap malam.

Karena rentetan peristiwa aneh dan menyeramkan tersebut, Sean akhirnya memutuskan untuk menyimpan kembali lukisan itu di loteng rumahnya.


4. Portrait of Bernardo de Galvez


Bernardo de Galvez adalah seorang jendral Spanyol yang membantu koloni Amerika pada masa perang kemerdekaan. Lukisan foto sang jendral itu kini terpajang di ballroom hotel Galvez, Texas.

Lukisan foto ini sekilas sebenarnya tampak biasa saja, tidak ada yang aneh. Namun menurut pengakuan beberapa tamu hotel dan karyawan di sana, lukisan itu memiliki aura misterius dan membuat orang yang melihatnya merasa sangat tak nyaman.

Konon foto sang jendral dapat tiba-tiba berubah menjadi tengkorak. Pengakuan lainnya mengatakan bahwa mata dalam lukisan itu dapat bergerak mengikuti orang yang melihatnya. Selain itu juga jari-jari tangan kirinya disebut-sebut mampu bergerak sendiri. Entah ini benar atau hanya ilusi orang yang melihatnya saja.


5. The Headless Man


Bila dilihat sekilas tak ada yang aneh dengan lukisan yang disebut The Headless Man ini. Lukisan itu bergambar kereta tua yang sudah berkarat di atas sebuah tanah. Namun jika diperhatikan dengan lebih teliti maka akan terlihat sosok misterius di samping kendaraan tua itu. Dan sosok itu tak berkepala!

Pada pertengahan tahun 1990an, seorang seniman bernama Laura P. membuat sebuah lukisan yang berasal dari sebuah foto lama yang dibidik oleh seorang fotografer bernama James Kidd. Seperti telah disebutkan tadi, dalam foto itu tergambar sebuah kereta atau gerobak tua dengan sosok tak berkepala di sampingnya. Namun menurut James Kidd, sosok itu tak ada saat ia mengambil gambar.

Laura sendiri mengaku diliputi perassan cemas dan takut saat mengerjakan lukisan tersebut, hingga ia tak menyelesaikannya. Ia lalu menamakan lukisan itu Painting of Headless Man.

Menariknya, lukisan tersebut kemudian dipajang di sebuah kantor. Dan dimulailah kisah-kisah ganjil dari para karyawan yang bekerja di sana sejak lukisan tersebut datang. Misalnya saja seperti kertas yang hilang dan barang-barang yang pindah dengan sendirinya. Lukisan itu hanya bertahan 3 hari di kantor tersebut, dan kemudian diminta dikembalikan lagi pada Laura.


6. The Hand Resist Him


Lukisan karya Bill Stoneham ini sebelumnya sudah pernah saya tulis di sini. Judul lukisan ini adalah The Hand Resist Him atau Lukisan Berhantu eBay (eBay Haunted Painting). Lukisan ini sangat terkenal sebagai salah satu lukisan paling menyeramkan di dunia.

Lukisan itu menggambarkan seorang anak laki-laki berusia 5 tahun sedang berdiri di depan sebuah pintu kaca. Berdiri di sampingnya adalah sosok boneka perempuan. Lukisan ini tampak biasa saja sampai kita melihat ada banyak tangan-tangan misterius yang menempel di kaca.

Stoneham melukisnya pada tahun 1972 dan sempat dibeli oleh bintang The Godfather, John Marlew beberapa tahun kemudian. Banyak desas-desus terkait lukisan ini. Bahkan saat dilelang di situs eBay, pemilik sebelumnya memberi peringatan bagi siapa pun yang nanti akan memilikinya. Ia juga menceritakan pengalaman buruk yang dialami dirinya dan keuarganya ketika memiliki lukisan tersebut.

Baca selengkapnya : Misteri Lukisan "The Hand Resist Him"


7. Love Letter


Lukisan berjudul Love Letter ini sungguh tak seperti namanya yang romantis. Bila dilihat dengan seksama, lukisan ini sangat jauh dari kesan indah, yang ada hanyalah perasaan tak nyaman dan takut. Perasaan itulah yang menggelayuti para tamu hotel dan karyawan Driskill Hotel yang terletak di Austin, Texas, tempat lukisan ini dipajang.

Menurut kisah yang beredar, sosok gadis kecil di dalam lukisan itu adalah anak perempuan bernama Samantha Houston. Ia adalah putri seorang senator Amerika berusia 4 tahun yang tewas di hotel itu beberapa tahun sebelumnya. Ia terjatuh dari tangga saat tengah mengejar sebuah bola yang jatuh menggelinding.

Lukisan yang menggambarkan anak perempuan dengan gaun berwarna putih sedang memegang sepucuk surat itu telah dilaporkan beberapa kali. Menurut beberapa pengakuan tamu atau pun karyawan hotel, sosok itu terkadang bisa merubah ekspresinya. Orang-orang yang melihatnya akan merasakan perasaan tak enak, hingga sakit dan pusing.


0 Response to "7 Lukisan Paling Mengerikan di Dunia"

Post a Comment