7 Kasus Pembunuhan Tak Terpecahkan yang Meninggalkan Pesan dan Kode Misterius




Pada beberapa kasus pembunuhan di dunia, beberapa di antaranya masuk dalam kategori tak terpecahkan. Motif dan pelaku pembunuhan tak pernah dapat terungkap. Menariknya, dalam beberapa kasus tersebut terdapat pula pesan dan kode misterius, baik yang memang sengaja ditinggalkan oleh pelaku, ataupun yang ditulis oleh korban sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Dalam data FBI, terdapat beberapa kode dan pesan misterius yang belum dapat dimengerti sepenuhnya dan terus meninggalkan teka-teki sampai saat ini. Dalam beberapa kasus tersebut, FBI bahkan mengeluarkan semacam "sayembara" bagi siapa pun yang dapat menguak apa arti di balik kode-kode, surat, serta pesan-pesan misterius itu. Inilah menariknya kasus-kasus ini bagi saya dan semuanya sudah pernah dibahas di blog merinding.com ini.

Mulai dari surat legendaris yang ditinggalkan oleh pembunuh berantai di California pada tahun 1960an hingga kertas bertuliskan rangkaian huruf-huruf aneh yang ditinggalkan seorang pria bernama Ricky McCormick, inilah dia 7 kasus pembunuhan di dunia yang meninggalkan pesan dan kode misterius yang tak terpecahkan.


1. Surat Zodiac Killer


Pada akhir tahun 1960an, warga California Utara dikecam ketakutan setelah deretan pembunuhan misterius terjadi. Pembunuhan berantai itu menyasar pasangan muda-mudi sebagai targetnya. Sang pelaku awalnya melakukan aksinya di Lake Herman Road dan Blue Rock Spring, dengan cara menembaki pasangan yang sedang berada di dalam mobil secara brutal.

Di samping aksinya yang mengerikan, ia juga mengirimkan beberapa surat kepada beberapa kantor surat kabar lokal. Surat itu berisikan 408 simbol kryptogram, membuktikan bahwa sang pelaku bukan pembunuh biasa. Ia meminta agar surat tersebut diletakkan di halaman utama, jika tidak maka ia mengancam akan kembali jatuh korban.

Tak cukup sampai di situ, pelaku pembunuh berantai ini kembali mengirim surat yang diawali dengan "This is Zodiac Speaking". Sejak saat itulah ia dikenal dengan Zodiac Killer. Jika kalian sudah pernah membaca artikel Zodiac Killer dalam blog ini, kalian pasti sudah tahu bahwa pasangan guru berhasil memecahkannya, namun identitas asli pembunuh berantai itu tak pernah terungkap.

Baca selengkapnya : Zodiac Killer


2. Catatan Isdal Woman



Isdal Woman adalah sebutan yang diberikan kepada wanita yang telah menjadi mayat di Isdalen Valley. Wanita malang itu ditemukan oleh para pendaki pada 29 November 1970 dalam kondisi tubuh hangus terbakar. Bersama dengan mayat itu ditemukan pula beberapa perhiasan yang anehnya diletakkan rapi di samping mayat seolah-olah sebagai tanda penghormatan.

Kasusnya tak berhenti sampai di sana saja karena polisi kembali menemukan dua buah koper yang tersimpan di seposit box stasiun kereta. Didalam koper itu ditemukan beberapa paspor palsu dengan banyak nama berbeda dan juga sebuah catatan aneh.

Kasus Isdalen Woman tak pernah terungkap. Baik motif maupun siapa sebenarnya wanita yang terbakar itu. Kasus ini sungguh aneh, karena semakin diselidiki bukannya semakin jelas, justru makin misterius. Belum lagi cerita resepsionis hotel tempat wanita itu menginap sebelum ditemukan tewas, justru mengantarkan polisi pada keanehan yang lain.

Baca selengkapnya : Kasus Pembunuhan Isdal Woman


3. Tulisan Aneh Ricky McCormick



Kasus pembunuhan Ricky McCormick bisa saja hanya kasus pembunuhan biasa yang tak terpecahkan. Namun kasus ini istimewa. Kalian yang sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya pasti mengerti.

Bertahun-tahun setelah kematiannya, polisi baru merilis sebuah kertas bertuliskan deretan huruf-huruf yang tak dimengerti. Dan selama bertahun-tahun itu pula polisi gagal mengartikan apa sebenarnya pesan yang tertulis di dalam deretan huruf yang terlihat seperti kode sandi. Tulisan misterius Ricky McCormick ini bahkan menduduki peringkat lima besar kode sandi tak terpecahkan dalam kepolisian Amerika.

Sampai saat ini belum ada seorang pun yang mampu memecahkan rahasia di balik deretan huruf-huruf yang seolah menunggu untuk diungkap itu. Saya sudah pernah menuliskan artikelnya yang bisa kalian baca selengkapnya di link di bawah ini.

Baca selengkapnya : Misteri Pesan Kematian Ricky McCormick


4. Kertas Tersembunyi Somerton Man


Kasus Somerton Man atau Tamam Shud adalah kasus penemuan mayat pria tak dikenal di Pantai Somerton pada 1 Desember 1948. Saat ditemukan pria berusia sekitar 40-45 tahun dan berambut coklat itu mengenakan setelan rapi. Bahkan ia memakai sepatu formal, tampak seperti bukan orang yang akan ke pantai.

Kasus Tamam Shud bisa dikatakan sangat menarik dan ini adalah salah satu kasus favorit saya sebenarnya. Jika saja identitas pria yang kemudian dikenal dengan Somerton Man ini dapat terungkap, mungkin saja ada titik terang dalam membongkar kasusnya. Namun kenyataannya, bahkan pria ini saja identitasnya tak pernah terungkap.

Selain identitas yang misterius, sebuah kertas bertuliskan "Tamam Shud" yang terjahit di setelannya juga tak kalah membuat bingung penyidik. Pasalnya kertas itu adalah carikan dari sebuah buku tua terbitan tahun 1853 yang berjudul The Rubaiyat karangan Omar Khayyam. Artikel lengkapnya sudah pernah saya tuliskan di blog ini.

Baca selengkapnya: Misteri Kasus Tamam Shud (The Somerton Man)


5. Pesan Terakhir Pemburu UFO



Dua orang penggemar UFO, Manoel Pareira da Cruz dan Miguel Jose Viana ditemukan tewas misterius di Vintem Hill, Rio de Janeiro pada tanggal 20 Agustus 1966. Sebelum ditemukan sudah tak bernyawa di antara semak dan ilalang itu, keduanya terakhir kali terlihat di Niteroi tiga hari sebelumnya mampir di sebuah toko membeli beberapa botol air minum dan juga mantel hujan.

Kondisi mayat mereka berdua ketika ditemukan juga menimbulkan kecurigaan. Keduanya ditemukan berbaring dalam posisi rapi, mengenakan jas kebesaran, dan juga kaca mata timah. Polisi yang menangani kasus ini mengaku dibuat bingung lantaran tak mengetahui dengan pasti penyebab kematian keduanya. Tak ada sedikikt pun tanda-tanda kekerasan ataupun penganiayaan.

Sebuah catatan kecil yang ditemukan terserak di antara mayat berisikan sebuah pesan aneh yang tak dimengerti apa maksudnya. Kasus kematian misterius dua pemburu UFO ini pernah saya tuliskan sebelumnya dan bisa kalian baca selengkapnya.

Baca selengkapnya: Misteri Tewasnya Pemburu UFO (The Lead Masks Case)


6. Arti "Yogtze" Yang Misterius



Salah satu kasus kematian aneh dengan meninggalkan kode misterius berikutnya adalah kasus Gunther Stoll dan kata Yogtze yang misterius. Kasus ini terjadi pada tahun 1984. Ketika itu seorang pria Jerman bernama Gunther Stoll meracau aneh pada malam hari. Ia lalu meninggalkan secarik kertas pada istrinya dan buru-buru pergi. Sebelumnya pria ini mengaku ada seseorang yang mengikutinya dan hendak membunuhnya.

Hanya beberapa jam kemudian dirinya sudah ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di mobil VW miliknya. Mobil itu mengalami kecelakaan. Anehnya setelah dilakukan penyelidikan, luka yang diderita oleh Gunther sama sekali bukan akibat kecelakaan itu.

Secarik kertas yang ditinggalkannya pada istrinya bertuliskan "YOG'TZE" juga tak kalah aneh. Sudah banyak orang yang mencoba memecahkan artinya, namun gagal. Jika kalian pernah membaca kasus ini sebelumnya di blog merinding, maka kalian akan mengetahui bila kertas itu dibaca dengan posisi dibalik, maka akan timbul sebuah deretan angka. Namun lagi-lagi kasus ini tak juga menemui tetap saja tak menemui titik terang.

Baca selengkapnya: Kasus Kematian Gunther Stoll dan Arti Kata Yogtze yang Misterius


7. Surat Jack The Ripper



Jika di Amerika ada pembunuh berantai Zodiac Killer, maka Inggris memiliki kisah pembunuh berantainya sendiri yang terkenal sangat sadis. Namanya Jack The Ripper yang beraksi di wilayah Whitechapel pada abad ke 19.

Jack The Ripper beraksi dan membunuh targetnya yang semuanya adalah wanita-wanita tuna susila. Kesadisannya sudah sangat melegenda. Beberapa korbannya ditemukan dalam keadaan organ dalam yang menghilang.

Ketika itu pula ada tiga buah surat yang diyakini dikirimkan oleh pembunuh berantai ini, salah satunya adalah From Hell. Di surat itulah untuk pertama kalinya ia memanggil dirinya dengan sebutan Jack The Ripper. Identitas dan motivasi pembunuhan yang dilakukannya tak pernah terjawab hingga kini. Membuat namanya melegenda di deretan pembunuh berantai paling terkenal di dunia.

Baca selengkapnya : Jack The Ripper


0 Response to "7 Kasus Pembunuhan Tak Terpecahkan yang Meninggalkan Pesan dan Kode Misterius"

Posting Komentar