7 Benda Mitologi Paling Misterius dan Legendaris di Dunia




Di dalam beberapa kebudayaan kuno di dunia, tumbuh dan berkembang pula berbagai mitologi. Mitologi itu sendiri seringkali dikaitkan dengan berbagai kisah mitos, dongeng, legenda, dan cerita-cerita rakyat yang dikisahkan turun-temurun. 

Dalam beberapa kisah mitologi, baik itu yang berasal dari Yunani, Mesir kuno, Romawi, India, hingga daratan China, terdapat kesamaan yaitu sang tokoh utama biasanya memiliki benda-benda tertentu yang dikenal juga dengan benda mitologi. Benda-benda ini biasanya dikisahkan memiliki semacam kekuatan ajaib yang membantu tokoh tersebut atau sebaliknya malah menimbulkan bencana dan kematian.

Berikut ini adalah 7 benda mitologi paling misterius dan legendaris yang terkenal di dunia.


1. Philosopher's Stone


Philosophers Stone atau batu filsuf boleh jadi adalah salah satu benda mitologi paling dicari oleh para pemburu harta. Bagaimana tidak, batu ini dipercaya dapat mengubah logam biasa seperti timah atau besi menjadi emas. Selain itu juga batu ini dipercaya dapat membuat orang yang memegangnya dapat melihat orang yang sudah mati. Tapi kita percaya bahwa kegunaan yang pertamalah yang membuatnya diburu.

Sejak berabad-abad batu ini telah menjadi pencarian panjang para filsuf dunia. Alkemis macam Nicolas Flamel dan Fulcanelli, hingga manusia "abadi" Count Saint Germain diyakini memiliki batu ajaib ini.

Baca juga : Legenda Nicolas Flamel, Alchemist yang Hidup Abadi
                   Siapa Sebenarnya Fulcanelli?
                   Kisah Kehidupan Abadi Count Saint Germain


2. Book of Thoth


Book of Thoth atau Buku Thoth merupakan salah satu kisah mitologi yang berasal dari Mesir kuno. Konon buku ini ditulis oleh dewa pengetahuan bangsa Mesir kuno, berisikan semua misteri tentang bangsa Mesir, yang membuat siapa pun yang membacanya menguasai segala macam ilmu. Namun bagi yang hanya menemukannya saja akan terkena kutukan, konon seperti itulah buku ini.

Alkisah, seorang pangeran Mesir kuno, Setna, putra Ramses mencari buku ini di makam seorang pangeran mesir sebelumnya yang mati akibat terkena kutukan buku ini, yaitu Nefrekeptah (putra Amenhotep). Namun karena begitu penasarannya dan karena berniat ingin menguasai seluruh ilmu di dunia,ia nekat tetap nekad mencarinya. Ia pun berhasil menemukan Buku Thoth tersebut. Namun pada malam harinya ia memimpikan kematian pangeran sebelumnya bersama dengan istri dan anak-anaknya.

Karena ia merasa mimpi itu adalah peringatan baginya untuk tak membuka buku itu, ia akhirnya memutuskan untuk mengembalikan lagi buku itu ke tempatnya semula. Sejak saat itu buku tersebut tak pernah lagi ditemukan.


3. Hand of Midas


Hand of Midas atau Tangan Midas berkaitan dengan kisah paling ikonik dari seorang raja bernama Midas. Alkisah, pada suatu hari sang raja yang tamak ini meminta agar apa pun yang disentuhnya berubah mejadi emas tanpa memikirkan akibat dari permintaannya tersebut.

Permintaannya dikabulkan. Ia mampu mengubah apa pun yang disentuhnya menjadi emas. Raja Midas pun kegirangan. Ia dengan cepat mengubah semua yang ada di hadapannya menjadi emas dengan sekali sentuhan. Namun malangnya, makanan yang ingin dimakan sang raja juga ikut berubah menjadi emas. Alhasil ia tak bisa makan dan mati dalam keadaan kelaparan, meskipun disekelilingnya dipenuhi dengan emas.

Dalam kisah Raja Midas versi yang lain dikisahkan bahwa raja ini memohon agar tangannya kembali seperti semula. Permintaannya dikabulkan dengan syarat ia harus mencuci tangannya di sungai Pactolus, yaitu sebuah sungai yang mengalir di wilayah Turki. Raja lalu mencuci tangannya di sana. Konon pasir-pasir sungai berubah menjadi emas.


4. Elixir of Life


Sama halnya seperti Philosophers Stone, Elixir of Life adalah benda mitologi yang begitu dipercaya keberadaannya sungguh nyata. Elixir of Life adalah semacam ramuan ajaib aau obat mujarab yang mampu membuat siapa pun yang meminumnya menjadi panjang umur dan awet muda.

Sepanjang sejarah sudah tak dapat lagi dihitung orang-orang yang begitu terobsesi dengan ramuan dan obat ajaib ini. Mulai dari Raja Ferdinand hingga Kaisar termasyur dari China, Kaisar Qin Shi Huang rela memerintahkan ribuan pasukannya untuk mencari ramuan ini.

Baca juga : Kisah Kelam Patung Tentara Terakota dan Obsesi Aneh Kaisar Qin Shi Huang

Ramuan Elixir of Life yang disebut-sebut mampu memberikan peminumnya keabadian ini juga populer dalam mitologi India. Kisahnya terdapat dalam petunjuk-petunjuk pada manuskrip India kuno.


5. Magic Lamp


Di antara benda-benda mitologi ini bisa jadi Magic Lamp atau Lampu Ajaib adalah benda yang paling familiar bagi orang Indonesia. Kisah mengenai lampu ajaib banyak sekali dipakai dalam berbagai film, cerita novel, animasi, hingga iklan komersil, sehingga benda ini begitu akrab di telinga sebagian besar orang.

Kisah mengenai lampu ajaib merupakan salah satu kisah 1001 malam. Alkisah di negeri Persia hiduplah seorang anak laki-laki yang miskin bernama Aladin. Pada suatu hari datanglah seorang pria yang mengaku pamannya. Ia lalu mengajak Aladin pergi ke luar kota untuk mencari uang. Rupanya pria itu tak lain adalah penyihir jahat yang meminta agar Aladin mengambilkan sebuah lampu ajaib yang berada di dalam sebuah gua. Penyihir itu tak mampu mengambilnya karena gua itu dijaga oleh ular.

Singkat cerita Aladin mampu mengambil lampu ajaib itu. Ia kemudian tak sengaja menusap jari-jarinya pada pinggiran lampu yang membuat jin di dalam lampu itu keluar dan mengabulkan permintaan Aladin. Begitulah kira-kira kisah legendanya.


6. Hand of Glory


Hand of Glory seperti gambar penampakannya di atas, cukup seram, yang ternyata menggambarkan bahwa tangan ini membawa petaka. Hand of Glory disebut-sebut merupakan hasil dari sihir jahat yang membawa kutukan bagi yang memegangnya.

Meskipun kisah mengenai Hand of Glory hanyalah mitologi semata, namun anehnya ada saja orang yang mempercayainya. Bahkan ada sebuah buku yang mengajarkan langkah-langkah membuat Hand of Glory. Buku itu berjudul "Compendium Maeficarum". Buku ini adalah buku shir yang dipublikasikan pada tahun 1608. Isinya sungguh aneh dan tak layak baca karena terdapat pula perjanjian dengan iblis atau semacamnya yang ditulis dalam teks Latin.


7. Ring of Gyges


Ring of Gyges atau Cincin Gyges adalah sebuah cincin yang dipercaya membuat siapa pun yang memakainya memiliki kemampuan menghilangkan diri. Kisah semacam ini banyak terdapat dalam cerita-cerita dan film-film kan.

Konon cincin ini dahulu ditemukan oleh seorang filsuf ternama, Plato. Pada suatu hari tatkala sedang mengembalakan dombanya, terjadi suatu gempa dahsyat. Gempa itu ternyata membuat sebuah gua yang tak jauh dari lokasi Plato mengembalakan dombanya, terlihat. Plato kemudian masuk ke dalamnya. Di dalam gua itu ia menemukan sesosok mayat dengan memakai cincin di salah satu jarinya, cincin itu tak lain adalah Gyges. Ketika memakainya Plato menyadari bahwa ia mampu menghilangkan dirinya dalam sekejap.

Dengan kekuatan ajaib cincin tersebut, Plato kemudian membunuh raja yang berkuasa di wilayah itu dan akhirnya membuatnya menjadi raja. Tetapi seperti kisah yang lainnya, cerita ini hanyalah mitos, pada kenyataannya Plato sendiri tak pernah menjadi seorang raja.


0 Response to "7 Benda Mitologi Paling Misterius dan Legendaris di Dunia"

Post a Comment