Legenda Kurcaci




Salah satu makhluk mitogi paling legendaris di dunia adalah kurcaci. Banyak kisah mengenai makhluk bertubuh kecil satu ini. Meskipun keberadaannya masih misteius namun cerita mengenai telah ada di berbagai belahan dunia, salah satunya Indonesia.

Kurcaci atau Dwarf atau Gnome adalah sebutan untuk manusia kerdil dalam mitologi Nordik. Kisah mengenai makhluk legendaris ini banyak menyebar di kawasan Eropa dan dipercaya menghuni gua-gua dan daerah pegunungan yang lembab.

Kurcaci digambarkan sebagai makhluk bertubuh mirip manusia dengan ukuran lebih kecil dan pendek. Paling sering pula digambarkan memiliki janggut panjang, meskipun tak semuanya demikian. Kurcaci sama seperti manusia, ada laki-laki ada wanita, ada tua dan ada pula yang muda.

Kurcaci terkadang digambarkan bekerja sebagai pandai besi

Makhluk yang seringkali muncul dalam dongeng dan cerita rakyat ini biasaya digambarkan bekerja menggali barang-barang tambang seperti emas dan perak, serta mampu membuat senjata dari logam, yang biasanya mereka perdagangkan.

Kisah mengenai kurcaci saat ini banyak sekali muncul dalam cerita, dongeng, kisah rakyat, hingga film-film. Sebut saja kisah Putri Salju dan 7 Kurcaci yang sangat terkenal. Lalu dalam film Lord of The Rings makhluk ini juga dimunculkan sebagai tokoh penting. Dalam film tersebut, makhluk legendaris ini diceritakan sebagai pengrajin logam dan menghuni Dunia Tengah.

Kisah Putri Salju dan 7 Kurcaci

Meskipun biasanya kisah legenda mengenai kurcaci lebih banyak datang dari daratan Eropa, namun rupanya kisah mengenai orang kerdil ini juga terdengar di beberapa tempat di Indonesia. Bahkan kisah tentang keberadaan mereka telah terdengar turun menurun.

Di hutan Sulawesi yang lebat, tepatnya di Sulawesi Barat terdapat kisah mengenai manusia kerdil. Di wilayah ini masyarakat menyebutnya dengan To Menbuni, sementara di Bone dikenal juga dengan Suku Oni

Sementara itu di Maluku ada makhluk bernama Botol Manci yang telah lama menjadi legenda di sana. Botol Manci digambarkan memiliki fisik yang sama persis seperti kurcaci di Eropa dengan janggut panjang dan topi lancip. Menurut legenda yang beredar, makhluk kerdil ini biasanya membawa botol (maka dari itu sebutannya Botol Manci) dengan sinar redup. Makhluk yang dikatakan hidup di bawah pohon bambu hias ini suka menyembunyikan anak kecil.

Beda lagi dengan legenda yang beredar di Taman Nasional Meru Betiri yang terdapat di kawasan hutan lindung di Jember. Di sini makhluk bak kurcaci dikenal dengan nama manusia cebol dengan tinggi tubuh tak lebih dari 90 cm.

Di hutan Sumatera tepatnya di hutan Bukit Barisan dan Kerinci kerap kali ditemukan jasad suku Mante yang juga sering kali dikenal dengan Orang Pendek atau manusia kerdil. Sejak zaman dahulu banyak orang yang melaporkan penampakan orang pendek. Beberapa pendaki yang mendaki di rute wilayah tersebut terkadang menemukan jejak orang pendek. Makhluk ini seringkali digambarkan berjalan tegak dengan tubuh berbulu.

Gambaran makhluk mitologi Orang Pendek

Menurut beberapa ahli cryptozoology, orang pendek yang berada di Sumatera kemungkinan merupakan sisa genus Australopithecus yang masih bertahan hidup. Orang pendek sendiri dikategorikan lebih condong pada hewan siamang.



0 Response to "Legenda Kurcaci"

Post a Comment