Kasus Misterius Bobby Dunbar




Keluarga Dunbar tengah berlibur saat tiba-tiba mereka menyadari bahwa anak laki-laki keluarga itu menghilang tanpa jejak. Beberapa bulan kemudian anak itu ditemukan bersama dengan seorang pria asing bermil-mil jauhnya dari tempat ia hilang. Anak itu kemudian kembali ke rumah. Ia tumbuh dewasa lalu menikah dan memiliki anak seperti kebanyakan orang lain. Namun 91 tahun kemudian kebenaran akhirnya terkuak...

Pada tahun 1912 di Amerika Serikat terjadi sebuah kasus misterius yang mirip dengan kasus Pauline Picard yang terjadi di Prancis pada tahun 1922. Bagaimana kisahnya?

Keluarga Dunbar tengah bersiap untuk pergi berlibur ke Danau Swayze di Louisiana. Hari itu tanggal 23 Agustus 1912 cuaca cerah dan langit tampak terang. Keluarga itu memutuskan untuk menghabiskan waktu bermain air di pinggiran danau. Namun keriangan itu tiba-tiba lenyap tatkala anak laki-laki keluarga tersebut, Bobby Dunbar tiba-tiba menghilang.

Lessie dan Percy Dunbar, orang tua Bobby mencari ke segala tempat di sekitar danau, namun usaha itu sia-sia. Bobby tak juga ditemukan. Mereka kemudian memutuskan melaporkan peristiwa ini kepada polisi setempat.

Mendapati laporan tersebut, polisi segera bertindak melakukan pencarian. Mereka berpikir bahwa ada kemungkinan anak yang baru berusia 4 tahun itu mungkin jatuh ke air dan tenggelam lalu jasadnya menjadi santapan aligator penghuni danau. Polisi bahkan melakukan usaha melempar granat ke dalam danau berharap jasad Bobby dapat muncul ke permukaan danau. Namun usaha tersebut tak membuahkan hasil.

Seelah 8 bulan lamanya dinyatakan menghilang, tiba-tiba Bobby ditemukan di wilayah Mississippi bersama dengan seorang pria tak dikenal. Pihak kepolisian segera menangkap pria tersebut yang kemudian mengaku bernama William Cantwell Walters. Ia mengklaim bahwa anak laki-laki yang bersamanya adalah Charles Bruce Anderson yang tak lain adalah putra dari saudara laki-lakinya yang menikah dengan wanita yang bernama Julia Anderson.

Bobby Dunbar sebelum menghilang (kiri) dan anak yang diklaim sebagai Bruce Anderson (kanan)

Menurut penuturan Walters, dirinya diminta untuk menjaga Bruce selama beberapa hari karena sang ibu, Julia sedang mencari pekerjaan. Namun polisi tak mempercayai begitu saja keterangan Walters. Walters pun pada akhirnya tetap ditahan.

Keesokan harinya anak laki-laki itu dikembalikan kepada keluarga Dunbar. Lessie mengatakan bahwa ia yakin anak laki-laki yang kembali itu memang benar Bobby Dunbar. Ia dapat melihatnya dari tahi lalat dan juga beberapa bekas luka yang ada di tubuhnya.

Beberapa hari kemudian, Julia Anderson, ibu Bruce muncul dan mengklaim bahwa anak laki-laki yang saat ini berada di rumah Dunbar sebenarnya adalah putranya, Bruce yang telah dititipkannya selama beberapa hari pada Walters selama dirinya pergi mencari pekerjaan.

Keluarga Dunbar tak mau kalah. Mereka percaya diri dan bersikeras bahwa anak yang kembali itu memang benar-benar Bobby Dunbar. Mereka lalu membawa kasus ini hingga ke pengadilan. Namun sayang karena Julia tidak mempunyai biaya akhirnya ia harus merelakan anak yang diklaimnya sebagai Bruce jatuh ke tangan keluarga Dunbar.

Walters yang dituduh telah melakukan upaya penculikan kemudian ditahan dan menjalani hukuman penjara selama 2 tahun. Namun hingga akhir hayatnya ia mengatakan bahwa ia tidak pernah berbohong atas apa yang dikatakannya bahwa anak yang bersamanya itu adalah anak Julia Andreson, Bruce.



Tahun berganti tahun, Bobby Dunbar tumbuh menjadi anak yang sehat. Ia pergi bersekolah, bekerja, dan menikah. Ia dikarunia 4 orang anak dan tutup usia tahun 1966.

Pada tahun 2004 anak laki-laki Bobby Dunbar yang bernama Bob Dunbar, Jr melakukan tes DNA atas permintaan putrinya Margaret Dunbar Cutright. Tes DNA ini kemudian dibandingkan dengan milik sepupunya yang tak lain adalah putra dari adik Bobby Dunbar.

Hasil tes kemudian keluar. Hasilya adalah Bob Dunbar Jr sama sekali tak memiliki hubungan darah dengan anggota keluarga Dunbar yang lainnya.

Setelah 91 tahun berlalu akhirnya terang benderanglah semuanya. Rupanya anak yang dibawa kembali ke rumah keluarga Dunbar tahun 1913 itu bukanlah Bobby Dunbar melainkan Bruce Anderson, putri Julia Anderson. Kenyataan ini sekaligus juga membersihkan nama Walters yang telah dituduh melakukan penculikan dan sempat ditahan selama 2 tahun.

Nasib Bobby Dunbar sendiri tak pernah diketahui. Margaret Dunbar Cutright sendiri yakin bahwa Bobby Dunbar yang asli kemungkinan telah terjatuh ke dalam danau di hari keluarga Dunbar pergi berlibur ke Danau Swayze, ia kemudian tenggelam dan menjadi santapan aligator.

Beberapa jurnalis rupanya punya pandangan tersendiri mengenai kasus ini. Beberapa dari mereka mengemukakan sebuah teori yang agak mengerikan. Teorinya adalah Lessie dan Percy Dunbar telah melakukan sesuatu terhadap Bobby Dunbar yang asli dan menggunakan Bruce sebagai pengganti untuk menutupi kesalahan mereka.

Sampai saat ini pun kasus ini masih misterius.


0 Response to "Kasus Misterius Bobby Dunbar"

Posting Komentar