The Solway Firth Spaceman : Misteri Sosok Astronot yang Tertangkap Kamera




Di akhir musim semi yang hangat tahun 1964, keluarga Templeton menghabiskan siang hari mereka di sebuah padang rumput yang hijau di Solway Fjord. Sang ayah yang asyik dengan kameranya kemudian mengambil foto putri kecilnya yang sedang bermain. Namun saat foto hasil jepretan itu dicetak betapa kagetnya ia mendapati sosok misterius bak astronot berdiri di belakang putrinya...

Lebih dari 50 tahun yang lalu, ada sebuah foto yang menarik perhatian luas publik. Di dalam foto yang berlatar belakang rumput hijau dengan seorang gadis kecil memegang bunga itu diduga telah tertangkap sosok misterius berpakaian khas astronot. Banyak dugaan liar yang berkembang, salah satunya meyakini bahwa sosok tersebut adalah alien. Foto yang menjadi salah satu foto paling misterius di dunia ini dikenal dengan nama The Solway Firth Spaceman.

The Solway Firth Spaceman adalah sebuah foto yang diambil oleh seorang pria bernama Jim Templeton pada 23 Mei 1964 di Burgh Marsh, kawasan Cumbria, Inggris. Pada siang hari itu, ia bersama dengan istrinya, Annie, dan putri kecilnya, Elizabeth tengah menghabiskan waktu di sebuah padang rumput yang indah.

Jim yang merupakan seorang petugas pemadam kebakaran rupanya adalah penggemar fotografi dan saat itu ia sedang membawa kamera bersamanya. Maka seperti kebanyakan ayah pada umumnya, putrinya kemudian menjadi objek pengambilan foto. Total ada 3 foto yang diambil oleh Jim saat itu.

Salah satu foto yang diambil Jim Templeton di mana di sebelah kanan juga terbidik Annie, istrinya.

Foto-foto itu kemudian dicetak. Namun pada salah satu foto, terdapat sosok yang sedang berdiri di belakang Elizabeth. Padahal pada saat mengambil foto, menurut Jim tidak ada orang lain di tempat itu selain ia, istrinya, dan putrinya. Ia sangat yakin akan hal itu. Lalu siapakah sosok itu?

Sosok misterius yang berdiri di belakang Elizabeth itu tampak memakai pakaian serba putih dengan kepala yang tertutup dengan helm. Sosok itu juga terlihat membelakangi kamera. 

Foto Elizabeth Templeton dengan sosok mirip astronot di belakangnya (The Solway Firth Spaceman Photo)

Foto misterius itu kemudian dipublikasikan pada koran lokal Cumberland pada tanggal 12 Juni 1964. Keesokan harinya foto yang menarik perhatian luas publik ini kembali dipublikasikan. Tak tanggung-tanggung harian Daily Mirror dan Daily Express juga memuat berita ini. Segera saja foto ini menarik perhatian luas mulai dari masyarakat awam, ufologist, hingga paranormal yang mencoba memecahkan misteri di balik foto tersebut.

Dalam beberapa opini yang ramai di masyarakat menyatakan bahwa foto itu palsu dan hanya buatan Jim Templeton saja untuk meraih popularitas. Jim kemudian mengirimkan negatif foto tersebut pada bagian ahli dan pengembang Kodak yang kemudian mengklaim bahwa foto itu otentik alias asli.

Jim dan Annie Templeton bersama foto putrinya, Elizabeth

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Jim Templeton mengatakan bahwa ada kemungkinan bahwa sosok misterius dalam foto tersebut erat kaitannya dengan kegiatan yang berada di Woomera Test Range. Woomera Test Range adalah sebuah area militer dan uji coba yang dilakukan oleh RAAF (Royal Australian Air Force). Kebetulan area pelatihan itu searah dan berjarak tak begitu jauh dari Solway Firth.

Jim Templeton meyakini bahwasanya sosok mirip astronot yang ada di belakang putrinya tak lain adalah asap dari peluncuran misil Blue Streak yang dilakukan di area itu. Namun setelah diselidiki lebih lanjut, pada hari di mana foto itu diambil yaitu 23 Mei 1963 sama sekali tidak ada peluncuran misil atau semacamnya di wilayah itu.

Peluncuran Misil Bleu Streak di Woomera Test Range

Beberapa laporan menyatakan bahwa tak lama setelah foto itu dipublikasikan di media cetak, Jim dikunjungi oleh dua orang misterius yang diduga adalah anggota Men In Black yang menyatakan perihal foto tersebut dan menanyakan detail di mana sebenarnya foto tersebut diambil. Namun karena Jim menolaknya dengan syarat dua pria itu menunjukkan kartu identitas mereka, kedua sosok itu kemudian pergi meninggalkan rumahnya.

Sejak foto itu pertama kali dipublikasikan dan membaut heboh, telah banyak teori-teori yang berkembang di masyarakat. Teori-teori yang cukup liar itu bahkan berubah menjadi teori konspirasi yang tetap tak mendapatkan jawaban yang memuaskan hingga hari ini.

Salah satu teori menyatakan bahwa tak jauh dari tempat keluarga Templeton menghabiskan siang hari itu, sebuah pesawat UFO mendarat dengan alien berada di dalamnya. Alien ini kemudian menggunakan peralatan khusus yang membuatnya tak dapat terlihat dengan mata telanjang, namun berhasil tertangkap kamera.

Lokasi di mana foto The Solway Firth Spaceman diambil

Selain itu ada pula teori teranyar yang dikeluarkan oleh seorang pengamat UFO bernama David Clarke pada tahun 2014 yang lalu. Menurutnya, sosok di belakang Elizabeth iu tak lain adalah istri Jim, Annie Templeton yang tak sengaja tertangkap kamera. Menurutnya ada kemungkinan Jim tak memperhatikan sosok sang istri yang sedang berjalan di belakang putrinya yang sedang difoto.


Hal ini seolah diperkuat pula dengan foto yang diteliti lebih mendalam di mana terlihat bahwa sosok misterius itu menggunakan pakaian berwarna biru pucat yang diyakini merupakan pakaian yang dipakai Annie Templeton di hari itu. Berdasarkan fakta istri Jim itu juga saat itu memiliki potongan rambut pendek bob yang diyakini membuatnya terlihat dari kejauhan seperti memakai helm.

Bila memang demikian, berarti sosok astronot yang telah menjadi misteri selama puluhan tahun dalam foto The Solway Firth Spaceman telah terpecahkan.

Bagaimana menurut kalian?


0 Response to "The Solway Firth Spaceman : Misteri Sosok Astronot yang Tertangkap Kamera"

Posting Komentar