Sejarah Illuminati dan Cita-Cita The New World Order




Pada abad ke 18, seorang Yesuit yang merangkap Profesor Hukum Kanonik mendirikan sebuah kelompok rahasia di Bavaria. Kelompok ini mengalami perkembangan sangat pesat. Bahkan hanya dalam kurun waktu 10 tahun pertamanya saja mampu menjaring ribuan anggota dari berbagai profesi termasuk di dalamnya pejabat pemerintah. Meskipun sempat dibubarkan, kelompok ini diyakini masih tetap bertahan bahkan menjadi salah satu kelompok rahasia paling berpengaruh di dunia. Kelompok ini dikenal juga dengan Illuminati....

Illuminati berasal dari bahasa Latin yaitu "illuminatus" yang berarti "tercerahkan". Istilah ini dalam beberapa tahun belakangan ini seringkali terdengar dan dianggap sebagai organisasi rahasia (secret society) yang ikut ambil bagian dalam beberapa peristiwa penting dunia.

Kata Illuminati sendiri merujuk pada sebuah kelompok rahasia yaitu Illuminati Bavaria yang didirikan oleh Adam Weishaupt pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt, Bavaria. Adam Weishaupt sendiri adalah seorang filosofer dan profesor asal Jerman yang mengajar di University of Ingolstadt, Bavaria. Weishaupt adalah orang yang vokal dalam mengkritik intoleransi dan kefanatikan gereja yang sangat mempengaruhi universitas tempatnya mengajar dan juga pemerintahan saat itu. Inilah awal mula pendirian Illuminati.

Adam Weishaupt

Dengan bermodal 4 orang anggota pada awal berdirinya, Illuminati berhasil berkembang dengan sangat cepat ke seluruh daratan Eropa hingga ke negara-negara seperti Prancis, Polandia, Hungaria, hingga Italia mendapatkan lebih dari 2000 anggota. Perkembangan yang sangat cepat ini tak lepas pula dari peran seorang diplomat Jerman bernama Baron Adolf Franz Friedrich Knigge yang merekrut anggota Freemason untuk bergabung.

Namun masa kejayaan kelompok ini tak berlangsung lama. Saat Bavaria dipimpin oleh Carl Theodore yang mendukung Enlighted Despotism, ia dengan tegas melarang praktik dan kegiatan semua organisasi rahasia pada Juni 1784. Pelarangan ini juga mendapatkan sambutan positif dan dukungan dari Gereja Katolik. Pada akhirnya pada tanggal 2 Maret 1785, Illuminati secara resmi dibubarkan.

Peristiwa ini kemudian membuat para anggotanya kocar-kacir termasuk sang pendiri Adam Weishaupt yang melarikan diri dari Bavaria. Namun rupanya ia diketahui masih berhubungan melalui surat menyurat dengan anggota Illuminati lainnya yang bernama Areopagites.

Pada Oktober 1786, pemerintah berhasil mendapatkan lebih dari 200 surat dan dokumen terkait dengan hubungan Weishaupt dengan para anggota Illuminati yang lainnya. Pemerintah saat itu segera merilis daftar nama orang-orang yang termasuk ke dalam organisasi rahasia ini berdasarkan atas informasi yang didapat dari penemuan tersebut. Pada Agustus 1787, Duke Karl Theodore Dalberg of Bavaria mengeluarkan ancaman hukuman mati bagi siapa pun yang tertangkap masih menjalankan organisasi rahasia ini. 

Apakah organisasi rahasia Illuminati benar-benar telah habis sampai ke akar-akarnya setelah pelarangan tersebut? 

Walaupun diketahui telah bubar, namun banyak pihak yang meyakini bahwa ajaran dari organisasi ini masih hidup sampai dengan saat ini. Illuminati bahkan diduga merupakan otak di balik beberapa peristiwa pergerakan dan revolusi yang terjadi di dunia, sebut saja Revolusi Prancis dan Revolusi Bolshevik di Rusia.

Organisasi rahasia ini seringkali dikaitkan dengan organisasi-organisasi rahasia yang dipercaya dapat mengendalikan berbagai peristiwa besar di dunia melalui pemerintah. Pengendalian ini rupanya bermuara pada satu tujuan yang tak lain adalah terciptanya suatu tatanan dunia baru yang mereka cita-citakan yang dikenal juga dengan The New World Order.

The New World Order adalah sebuah istilah yang bertujuan untuk menciptakan dunia baru di mana manusia hanya memiliki satu pemerintahan bahkan satu agama saja yaitu Pluralisme. Paham inilah yang digembor-gemborkan dewasa ini di mana para pemeluk agama tidak boleh mengklaim agamanya yang paling benar. Paham ini mengajarkan bahwa semua agama benar.

Baik Illuminati maupun Freemason diduga berakar dari satu ajaran yaitu Kabbalah. Kabbalah adalah suatu kepercayaan Yahudi yang berisikan ajaran ilmu sihir serta ritual pemujaan setan yang telah berkembang sejak 4000 tahun yang lalu. Ordo Kabbalah sendiri terbagi menjadi 3 ordo yaitu Ordo Hijau, Kuning, dan Putih. Ordo Hijau dan Kuning menekankan pada aspek penyembahan terhadap Lucifer sedangkan Odro Putih tidak dapat teridentifikasi lantaran Ordo ini sangat rahasia dan terkonsentrasi pada bidang politik.

Referensi : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran 
                  Livescience

0 Response to "Sejarah Illuminati dan Cita-Cita The New World Order"

Post a Comment