7 Tokoh Terkenal yang Hilang Misterius




Ada ribuan kasus orang hilang di dunia setiap tahunnya, baik itu karena kecelakaan, penculikan, hingga pembunuhan. Setiap kasus orang yang menghilang secara misterius selalu saja menyisakan teka-teki yang tak pernah usai. 

Di antara kasus orang hilang itu terselip pula beberapa nama tokoh terkenal dan berpengaruh di dunia. Kasus-kasus ini menyita perhatian publik luas selama bertahun-tahun serta memunculkan berbagai teori dan spekulasi yang tidak ada habisnya. Mulai dari pelopor penerbang wanita pertama di dunia hingga seorang politisi senior, inilah 7 tokoh terkenal di dunia yang menghilang secara misterius.


1. Jimmy Hoffa



Jimmy Hoffa adalah pemimpin serikat buruh Amerika International Brotherhood of Teamsters (IBT) mulai dari 1958-1971. Dia dikenal bertangan dingin dalam membesarkan organisasi tersebut bahkan hingga memperoleh anggota lebih dari 2,3 juta orang. Pria ini juga pernah dipenjara tahun 1967. Hoffa juga rupanya diketahui memiliki kedekatan dengan mafia. Tidak aneh bila ia dikabarkan banyak memiliki saingan dan musuh.

Pada tanggal 30 Juli 1975, ia megunjungi Red Fox Restaurant dekat Detrit pada pukul 2 siang. Saat itu ia dikabarkan akan bertemu dengan 3 orang pria. Namun setelah menunggu selama 30 menit, tidak ada seorang pun yang datang. Ia lalu menelepon istrinya dan mengatakan bahwa ia akan menunggu 15 menit lagi sebelum akhirnya memutuskan pergi. Pukul 2.45 siang Hoffa kemudian memutuskan untuk tak lagi menunggu dan berjalan menuju ke tempat parkir. Itu adalah terakhir kalinya Hoffa terlihat.

Pada tahun 1982 pihak kepolisian menyatakan Hoffa meninggal dunia dan kasusnya masih dibuka. Banyak teori yang berusaha memecahkan misteri hilangnya Hoffa. Salah satu teori yang cukup terkenal menyatakan bahwa jasad pria ini dimasukkan ke dalam drum dan dibawa dengan truk. Kemungkinan jasadnya dikuburkan disuatu tempat di Giant Stadium, New Jersey.


2. Virginia Dare



Virginia Dare lahir pada 18 Agustus 1587 dari pasangan Ananias Dare dan Eleanor White, dan juga cucu John White. Apa yang membuatnya istimewa adalah kenyataan bahwa dirinya adalah keturunan Inggris pertama yang lahir di Amerika.

Virginia Dare termasuk ke dalam koloni Roanoke yang menghilang secara misterius. Saat John White dan pasukannya kembali ke pulau Roanoke dari Inggris pada 18 Agustus 1590, mereka mendapati tempat itu sudah tak berpenghuni lagi. Banyak teori berkembang sehubungan dengan hilangnya Virginia Dare dan seluruh koloni Inggris di Pulau Roanoke. Ada teori menyebutkan bahwa koloni Inggris ini berperang melawan suku asli, ada pula teori yang menyatakan bahwa mereka kembali ke Inggris. Baca selengkapnya di sini.


3. Harold Holt



Harold Holt adalah perdana menteri Australia ke 17 yang menjabat pada tahun 1966-1967. Holt adalah perdana menteri dan politisi Ausralia terkenal yang hilang secara misterius di pantai Cheviot dekat Resort Portsea di sebelah selatan kota Melbourne.

Pada tanggal 17 Desember 1967, ia berenang di pantai tersebut. Pria yang dikenal dekat dengan banyak wanita ini kemudian dilaporkan menghilang secara misterius dan mayatnya tak pernah ditemukan.  Banyak rumor yang beredar terkait hilangnya politisi senior Australia tersebut salah satunya menyatakan bahwa ia dibunuh CIA terkait kebijakannya yang akan menarik masukan Australia dari Perang Vietnam saat itu.

Pada tahun 2015 lalu pemerintah Australia secara resmi menyatakan bahwa penyebab kematian Harold Holt adalah karena tenggelam. Keputusan ini terkait dengan dicabutnya aturan yang menyatakan bahwa tidak diizinkan suatu penetapan kematian bila jenazah belum ditemukan.


4. Dorothy Arnold


Dorothy Arnold adalah seorang wanita 25 tahun yang terbiasa hidup mewah. Putri dari pengusaha parfum kaya raya ini menghilang tanpa jejak saat berjalan-jalan di Fifth Avenue New York City pada 12 Desember 1910.

Anehnya, sang ayah yang mengetahui purinya menghilang bukannya langsung menghubungi polisi, malah mencoba untuk melakukan penyelidikannya sendiri dengan bantuan Pinkertos. Namun setelah enam minggu usaha pencarian sia-sia, ayah Dorothy akhirnya menyerah dan menghubungi pihak kepolisian.

Banyak dugaan terkait menghilangnya Dorothy. Mulai dari bunuh diri, penculikan, dibunuh, hingga dugaan bahwa dirinya meninggal dunia setelah melakukan aborsi. Mayat Dorothy sendiri tak pernah ditemukan.


5. Ambrose Bierce


Ambrose Bierce adalah seorang penulis terkenal dari Amerika Serikat. Salah satu tulisannya yang sangat terkenal bahkan pernah disangka merupakan kisah nyata adalah "An Unfinished Race James Warson". Kisah ini bahkan melenggenda di Inggris dan begitu dikenal pada abad ke 19.

Pada usia 71 tahun di bulan Oktober 1913, Bierce mengunjugi tempat dulunya terjadi perang sipil di Washington DC. Dua bulan kemudian ia diketahui berangkat ke Louisiana,Texas dan El Paso. Ia bahkan dikabarkan ikut dalam pernag Tierra Blanca.

Kabar terakhir sebelum dirinya menghilag tanpa jejak didapatkan dari sepucuk surat tertanggal 26 Desember 1913 yang ditujukan pada sahabat Bierce bernama Blanche Partington. Dalam surat itu tertuang sebuah kalimat yang mengisyaratkan bahwa penulis berbakat ini ingin pergi ke sebuah tempat yang tak diketahui.

Baca selengkapnya mengenai misteri hilangnya Ambrose Bierce dan juga kisah misterius James Warson di sini.


6. Amelia Earhart


Amelia Earhart bisa jadi adalah salah satu tokoh paling terkenal dengan kisah menghilangnya yang melegenda. Pelopor dan pilot wanita pertama di dunia asal Amerika ini dikenal dengan sejumlah prestasi dan tercatat berhasil memecahkan berbagai rekor penerbangan termasuk penerbagan solo.

Pada tanggal 1 Juli 1937, Amelia Earhart bersama dengan navigatornya, Fred Noonan melakukan ekspedisi berkeliling dunia dengan mengikuti jalur khatulistiwa. Negara-negara yang dilewati mereka dengan pesawat Lockheed L-10 Electra adalah Amerika Selatan, India, Afrika, Asia Timur, dan New Guinea.

Pada tengah malam tanggal 2 Juli 1937, mereka berada kembali ke Amerika melewati Samudera Pasifik sesuatu terjadi. Pada percakapan melalui transmisi radio terakhir kalinya, Earhart mengaku terdapat kekacauan gelombang radio dan bahan bakar yang menipis. Itu adalah terakhir kalinya suara Earhart terdengar sebelum akhirnya menghilang.

Banyak dugaan terkait hilangnya wanita ini, mulai dari teori jatuh dan tenggelam di Samudera Pasifik hingga yang paling kontroversial menyebutkan bahwa Earhart berhasil selamat namun ia mengganti identitas baru. Baca selengkapnya di sini.


7. Glenn Miller



Glenn Miller adalah seorang pemusik dan pengarang lagu jazz terkenal di Amerika. Pada tanggal 15 Desember 1944 siang hari, ia berangkat dari Inggris menuju Prancis dengan misi untuk menghibur tentara Amerika yang sedang berada di Prancis selama masa Perang Dunia II.

Sejak saat itu, pesawat yang ditumpangi Miller menghilang begitu pula dengan seluruh penumpang di dalamnya. Dilaporkan bahwa pesawat itu menghilang dikarenakan cuaca buruk. Jasad Miller tidak pernah ditemukan. Dan kasus hilangnya pemimpin Big Bands yang dengan rekaman terlaris pada 1939-1942 itu masih menyimpan teka-teki.


0 Response to "7 Tokoh Terkenal yang Hilang Misterius"

Posting Komentar