Misteri Teleportasi William Cantelo dan Hiram Maxim




Seorang penemu asal Inggris tiba-tiba menghilang setelah terakhir kalinya terlihat masuk ke dalam sebuah terowongan yang ia buat. Tak lama setelah itu muncul seorang pria dengan penemuan yang sama di Amerika. Keduanya disebut-sebut memiliki kesamaan fisik dan diduga sau orang yang menjalani kehidupan ganda, apalagi setelah penemu asal Inggris itu tak pernah lagi kembali.


Misteri Hilangnya William Cantelo

William Cantelo adalah seorang pria kelahiran 1838 yang berasal dari Isle of Wight, Inggris. Dia dikenal publik sebagai seorang penemu yang cukup revolusioner pada masanya. Cantelo yang merupakan seorang insinyur banyak menciptakan penemuan-penemuan aneh atau objek-objek yang belum pernah dikenal publik sama sekali saat itu.

Cantelo hidup dengan keluarganya dan memiliki sebuah toko di French Street, Southampton. Ia juga rupanya adalah pemilik dari sebuah tempat penginapan bernama Old Tower Inn. 

Nah, di bawah bangunan itulah, Cantelo membuat sebuah terowongan dan banyak menghabiskan waktunya di dalam sana. Orang-orang sekitar French Street rupanya sudah cukup tahu dengan kebiasaan aneh Cantelo ini. Ditambah lagi pengakuan para pengunjung penginapan yang mengaku melihat Cantelo bekerja dengan mesin-mesin aneh di bawah sana. 

Kebiasaan Cantelo lainnya yang cukup aneh adalah ia biasanya masuk ke dalam terowongan itu seorang diri dan terkadang ia masuk dan keluar beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Entah proyek apa yang sedang dikerjakannya, tidak ada yang tahu. Namun orang-orang sekitar Old Tower Inn sering mendengar suara bising dari dalam terowongan itu. Pada awal tahun 1880, Cantelo mengatakan bahwa ia sedang mengembangkan penemuan senjata apinya yaitu automatic machine gun.

Pada akhir tahun 1880 tersiar kabar bahwa Cantelo menghilang. Kedua putranya melaporkan bahwa mereka terakhir kali melihat ayahnya masuk ke dalam terowongan dan menghilang bersama dengan sebuah cahaya dan asap tebal. Anehnya lagi, tak lama setelah itu, seluruh uang di rekening banknya telah ditransfer keluar.

Selama berhari-hari Cantelo tak kembali. Keluarganya yang kebingungan bahkan sampai menyewa detektif swasta untuk membantu melacak jejak hilangnya penemu eksentrik itu, namun semua upaya yang mereka lakukan gagal. Cantelo menghilang tanpa jejak.


Munculnya Hiram Maxim

Sir Hiram Steven Maxim pertama kali muncul di Inggris tahun 1881, hanya beberapa bulan setelah menghilangnya Cantelo. Ia mengaku merupakan seorang penemu yang berasal dari Amerika Serikat. Pada kemunculannya di Inggris itu, ia membawa serta penemuan-penemuannya yang anehnya semuanya mirip dengan penemuan William Cantelo, termasuk juga senjata api automatic machine gun!

Hiram Maxim dan Automatic Machine Gun temuannya

Maxim juga rupanya melakukan usaha mematenkan penemuan-penemuannya, di antaranya adalah jebakan tikus, mesin pengeriting rambut, pompa uap, dan tentu saja senjata api otomatis tadi. Ia juga mengklaim pengembangan pada teknologi teleportasi.

Nama Hiram Maxim beserta penemuan-penemuannya seketika menjadi perhatian publik. Hal ini juga sampai ke telinga keluarga Cantelo. Keluarga ini percaya bahwa William Cantelo masih hidup dan berganti identitas sebagai penemu Amerika bernama Hiram Maxim. Mereka melihat dari penemuan-penemuan Maxim yang entah bagaimana caranya bisa begitu mirip dengan penemuan Cantelo. Terlebih lagi keduanya memiliki struktur wajah dan fisik yang nyaris sama.


Hiram Maxim dan William Cantelo

Anak-anak Cantelo kemudian menantang Maxim untuk membuktikan bahwa ia bukan William Cantelo, ayah mereka. Namun Maxim tak menggubris tantangan itu. Ia mengatakan bahwa dirinya dapat membuktikan bahwa ia memang lahir dan dibesarkan di Amerika melalui catatan data penduduk dan pendaftaran nama di gereja. Namun anak-anak Cantelo yakin bahwa ayah mereka berhasil melakukan teleportasi dan kini hidup dengan identitas yang berbeda.

Seorang penulis biografi Maxim pernah menyatakan bahwa Maxim sebenarnya telah menjelaskan bahwa dirinya bukanlah William Cantelo seperti yang selama ini dituduhkan. Ia menyatakan bahwa dirinya hanya memiliki kemiripan dengan inventor Inggris itu. Bahkan Maxim telah menyatakan keberatannya berkali-kali karena selalu disamakan dengan Cantelo.

Jika memang Hiram Maxim bukanlah William Cantelo seperti dugaan keluarga Cantelo, lalu ke manakah sebenarnya Cantelo menghilang? Lalu bagaimana pula Hiram Maxim dapat memiliki semua penemuan-penemuan yang sebelumnya dilakukan Cantelo? Apakah ia membelinya dari Cantelo? Atau memang sebenarnya Maxim dan Cantelo adalah orang yang sama?

Entahlah, kasus teleportasi Cantelo dan Maxim ini masih menyimpan misteri yang tak terungkap hingga hari ini.

0 Response to "Misteri Teleportasi William Cantelo dan Hiram Maxim"

Posting Komentar