Legenda Naga dan Kasus Penampakannya di Dunia




Naga adalah salah satu makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Kisah mengenai makhluk ini tersebar di seluruh dunia mulai dari kawasan Asia bahkan hingga Eropa. Meskipun banyak yang mempercayai makhluk ini hanyalah khayalan saja, namun tak sedikit pula yang mempercayai keberadaannya. Hal ini seolah diperkuat pula dengan adanya beberapa kasus penampakannya di berbagai tempat di dunia...

Naga adalah sebutan untuk makhluk serupa ular raksasa yang memiliki cakar di kakinya dan mampu terbang serta menyemburkan api. Makhluk ini dikenal memiliki kekuatan yang hebat dan dapat hidup di darat, udara, dan air. Makhluk ini memiliki popularitas yang luas di berbagai belahan dunia. 

Namun uniknya, naga dikonotasikan negatif dan mendapat peran antagonis bila dilihat dari sudut pandang dunia barat. Makhluk ini seringkali dianggap monster yang merusak dan memiliki kekuatan gelap. Maka dari itu ia wajib dimusnahkan. Di barat, naga disebut juga Dragon (Inggris) atau Drake (Skadinavia).

Dragon

Berbanding terbalik dengan dunia barat, peradaban timur menganggap naga sebagai makhluk suci dan agung bak dewa. Di China, misalnya makhluk yang disebut Liong ini menjadi simbol dalam shio dan banyak dilambangkan sebagai bentuk spiritual. Sementara itu, di India naga dikisahkan sebagai anak-anak Resi Kasyapa. Anak Resi ini rupanya berjumlah sangat banyak hingga ribuan. Nah, salah satu dari anaknya itu bernama Sesa yang kemudian diangkat menjadi Dewa Ananta yang berarti dewanya para ular.

Selain itu, rupanya penggambaran fisik naga berbeda-beda. Di Eropa, naga digambarkan menyerupai kadal dan memiliki dua tangan, dua kaki, dan bersayap besar. Naga di China beda lagi. Naga digambarkan berbentuk seperti ular yang memiliki cakar dengan kulit bersisik, memiliki sepasang tanduk, serta berkumis.

Liong, naga dalam mitologi China

Sebuah literatur klasik karya G. Elliot Smith tahun 1919 berjudul The Evolution of the Dragon membahas sejarah naga, mulai dari asal muasal, mitologi, hingga perkembangan naga dari waktu ke waktu. Literatur ini mengambil referensi dari berbagai naskah dan manuskrip klasik serta temuan artefak kuno dari Babilonia, Persia, dan Mesir kuno.


Kasus-Kasus Penampakan Naga

Meskipun telah dimasukkan ke dalam kategori makhluk mitologi dan juga belum ada penemuan yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai keberadaan makhluk ini, namun ada beberapa kisah mengenai penampakannya bahkan dari seluruh dunia.

Sebuah catatan kuno dari Dinasti Ming (1503 Masehi) menceritakan penampakan lima naga yang melayang di udara. Penampakan naga-naga tersebut terlihat di sebelah utara kota Ye, Provinsi Henan. Menurut catatan tersebut, naga-naga itu terbang tinggi namun tak lama kemudian jatuh.

Laporan penampakan lainnya terjadi di wilayah Tongcheng pada masa Kaisar Xiantong. Laporan penampakan naga yang tertulis pada buku "Amanded Recording of the Tang Dynasty" ini mengisahkan seekor naga berwarna hitam dengan panjang lebih dari 30 meter tiba-tiba jatuh dan tewas dengan luka pada tenggorokannya.

Kasus penampakan naga yang cukup baru terjadi di langit China pada 1 Sepember 2010 yang lalu. Saat itu di kota Xian yang sibuk tiba-iba muncul cahaya-cahaya putih misterius bergerak di langit. Kejadian aneh ini segera menjadi perhatian ratusan orang dan sempat diberitakan di media setempat.

Pemerintah dan ilmuwan pun sampai saat ini masih belum mendapatkan kepastian apakah cahaya misteius di langit Xian hari itu, apakah memang benar naga, atau justru bisa jadi UFO, atau bahkan hanyalah lampu sorot. Berikut ini videonya:



Seorang insinyur bernama Pita Witehira juga menangkap sosok yang diduga naga melalui Google Earth. Witehira yang memiliki sebuah properti di Oke Bay, Selandia Baru melihat-lihat wilayah itu dengan aplikasi Google Earth saat tiba-tiba ia menangkap sosok aneh di perairan. Menurut masyarakat Selandia Baru makhluk itu adalah Taniwha, makhluk mitologi Selandia Baru yang berbentuk naga.

Foto yang diduga penampakan naga di Oke Bay, Selandia Baru

Mengenai penampakan di Selandia Baru banyak yang mempercayai bahwa makhluk yang diduga naga itu tak lain adalah ikan Oarfish. Ikan yang termasuk ke dalam Regalecidae ini memiliki panjang hingga 17 meter seperti yang pernah ditemukan di Teluk Meksiko tahun 2008 yang lalu. Ikan yang mirip naga ini hidup di kedalaman laut hingga 1.000 meter.

Penemuan Oarfish

Baiklah ayo sekarang kita lihat dari dekat seperti apa penampakan ikan Oarfish dari keluarga Regalecidae ini.

Sekilas mirip naga bukan?

Walaupun terdapat kasus-kasus penampakan naga (meskipun tidak terkonfirmasi kebenarannya) ini sangat banyak bahkan hampir di seluruh dunia, tapi menurut para ilmuwan, naga hanyalah hasil imajinasi masyarakat zaman dahulu yang kemudian berkembang secara turun temurun. Kisah mengenai naga ini muncul dari akibat penemuan fosil dinosaurus pada masa lampau. Seperti telah disebutkan di atas, sampai saat ini naga masih digolongkan sebagai makhluk mitologi.

Referensi : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran

0 Response to "Legenda Naga dan Kasus Penampakannya di Dunia"

Post a Comment