Benarkah Frederick Valentich Diculik UFO?




Seorang pilot muda menerbangkan pesawatnya melewati Selat Bass, Australia. Perjalanannya tampak berjalan lancar hingga ia melaporkan ke menara Melbourne bahwa ada benda terbang yang juga bergerak di dekatnya. Mulanya ia melaporkan bahwa itu adalah pesawat, namun pada detik terakhir rekaman suara yang terdengar, ia mengatakan bahwa benda melayang itu bukanlah sebuah pesawat. Kemudian suara bising terdengar, dan pilot itu pun menghilang.

Ada beberapa kasus orang yang sempat menghilang yang diduga telah diculik UFO atau alien. Salah satunya adalah kasus Zanfretta yang mengaku telah diculik sampai 6 kali. Nah, kasus dugaan penculikan oleh UFO kali ini datang dari seorang pilot Australia bernama Frederick Valentich.

Tak seperti kebanyakan kasus dugaan penculikan oleh makhluk ekstraterestrial lainnya, kasus Valentich ini cukup menyita perhatian karena ia menghilang secara misterius dan tak pernah ditemukan termasuk juga pesawatnya. 

Tanggal 21 Oktober 1978, Valentich dijadwalkan akan melakukan penerbangan dengan sebuah pesawat Cessna 182L bermesin satu dari Melbourne, Australia menuju ke King Island. Pilot muda yang baru berusia 20 tahun ini terbang seorang diri. 

Rute penerbangan Frederich Valentich

Sabtu sore itu pukul 18:19 waktu setempat, Valentich berangkat dari Moorabin, Melbourne. Sebelum lepas landas, ia telah mengkonfirmasikan penerbangannya tersebut pada Unit Pelayanan Penerbangan Melbourne.

Kurang dari sejam kemudian, pukul 19:06 waktu setempat, Valentich menghubungi Steve Robey, seorang petugas di Service Office Melbourne. Saat itu Valentich melaporkan bahwa ada pesawat lain di dekatnya terbang sekitar 1000 kaki atau 300 meter di atasnya bergerak dengan kecepatan tinggi. Menurut Valentich, pesawat itu memiliki 4 lampu hijau yang sangat terang.

Tiga menit kemudian, 19:09 Valentich kembali melapor. Kali ini dia mengatakan bahwa pesawat tersebut mendekat. Menurut deksripsinya, badan pesawat itu berbahan seperi logam dengan permukaan yang mengkilap dan dilengkapi dengan lampu hijau di atasnya. Ia juga mengatakan benda terbang itu cukup panjang.

Pukul 19:12 terdengar kembali suara Valentich. Kali ini ia mengatakan bahwa telah terjadi masalah pada bagian mesin, tapi ia masih bisa melanjutkan perjalanan. Kemudian suasana sempat hening, lalu tiba-tiba Valentich mengkonfirmasi bahwa benda terbang itu bukanlah pesawat. Tak lama kemudian terdengar suara bising, lalu kontak terputus.





Valentich seharusnya sudah mendarat sebelum pukul 19:30 waktu setempat sesuai jadwal, namun entah mengapa ia dan pesawatnya tak juga tampak di King Island. Pencarian pun dilakukan. Namun hingga tanggal 25 Okober 1978, pencarian yang dilakukan pihak otoritas penerbangan yang dibantu kepolisian tak juga mendapatkan hasil.

Dua hari kemudian, 27 Oktober 1978, rekaman pembicaraan terakhir antara Frederick Valentich (Delta Sierra Juliet) dengan unit Steve Robey dari Unit Penerbangan Melbourne pun dirilis.

Menggapi dirilisnya percakapan terakhir Frederick Valentich tersebut, sang ayah, Guido Valentich buka suara. Menurutnya anaknya itu kemungkinan besar memang telah diculik. Ia mengatakan bahwa putranya adalah orang yang jujur yang tidak mungkin akan membuat-buat cerita apalagi itu menyangkut nyawanya sendiri.

Guido Valentich, ayah Frederich Valentich

Beberapa hari setelah kasus Valentich ini ramai di media Australia, beberapa orang mengaku melihat cahaya hijau di langit pada malam hari saat Valentich menghilang. Ada pula seorang pria yang mengaku melihat pesawat Valentich menukik tajam ke bawah seperti akan jatuh di sekitar 2 km dari Apollo Bay, Victoria, Australia. 

Lalu pertanyaannya apakah benar Fredreick Valentich telah diculi UFO seperti banyak dugaan yang beredar? Apalagi mendengar percakapan terakhirnya yang mendeskripsikan objek terbang yang mendekati pesawatnya itu seperti sebuah UFO. Dan tentu saja kata-kata terakhirnya yang mengatakan bahwa objek terbang itu bukanlah sebuah pesawat, tambah membuat kejadian ini misterius.

Namun rupanya banyak pula yang skeptis dengan hal tersebut. Salah satunya adalah Departemen Transportasi. Melalui juru bicaranya, Ken William, seperti dilansir Associated Press bahwa sangat lucu dan tak masuk akal karena orang-orang mencoba mengaitkan insiden hilangnya Frederick Valentich dengan UFO.

Berita hilangnya Frederick Valentich di sebuah surat kabar

Ada beberapa teori yang mencoba menjawab mengenai misteri hilangnya Frederick Valentich. Teori pertama mengatakan bahwa sebenarnya Valentich mengalami kebingungan saat terbang. Ia diduga telah terbang secara terbalik. Pantulan cahaya yang dilaporkannya itu tak lain adalah pantulan pesawatnya sendiri di air. 

Lalu mengapa Valentich bisa terbang secara terbalik? Rupanya pesawat Cessna yang dikemudikannya memiliki sayap yang cukup tinggi dengan sistem gravitasi yang memungkinkannya terbang secara terbalik. Nah, karena gugup dan bingung, Valentich menerbangkan pesawatnya dengan salah.

Hal ini rupanya diperkuat pula oleh latar belakang Frederick Valentich. Sebelum memutuskan berkarir di bidang penerbangan, pilot muda ini adalah anggota dari Air Training Corps. Ia sempat ditolak saat mendaftar di Royal Australian Air Force (RAAF) dengan alasan kualifikasi pendidikan yang tidak memadai.

Valentich kemudian diketahui belajar paruh waktu untuk mewujudkan mimpinya menjadi pilot penerbangan komersil. Namun rupanya ia memiliki beberapa catatan buruk. Dirinya pernah gagal dalam 2 dari 5 subjek tes yang pernah diujikan untuk menjadi pilot komersil. Ia juga pernah mengalami insiden penerbangan bahkan pernah mendapatkan peringatan karena dengan sengaja menerbangkan pesawatnya masuk ke dalam awan.



Teori ini rupanya diperkuat pula dengan keterangan ayah Frederick Valentich bahwa rupanya pria muda ini agak terobsesi dengan UFO dan bahkan terkadang khawatir dengan adanya serangan UFO di penerbangan. Fakta-fakta ini seolah secara meyakinkan menyatakan bahwa insiden kecelakaan Valentich adalah murni kesalahannya sendiri dan tidak ada hubungannya dengan UFO. 

Lalu di manakah pesawat Cessna yang dikendarainya tersebut menghilang? Teori kedua meyakini bahwa pesawat Cessna itu yang mengalami masalah mesin (seperti dalam percakapannya dengan otoritas bandara). Pesawat tersebut diyakini menabrak laut dan atau ada kemungkinan hancur sebelum masuk ke dalam laut. Seperti kesaksian seseorang sebelumnya yang mengatakan melihat pesawat yang diduga dikendarai Valentich menukik tajam ke bawah.

Teori ketiga dan terakhir adalah kemungkinan bahwa pilot berusia 20 tahun ini memang benar-benar telah diculik UFO. Teori ini sebenarnya adalah yang paling populer apalagi di kalangan penggemar UFO. Teori ini diperkuat dengan suara bising metalik yang terdengar sebelum kontak Valentich dengan otoritas bandara terputus.

Bagaimana menurut kalian?


0 Response to "Benarkah Frederick Valentich Diculik UFO?"

Post a Comment