Legenda Ogopogo, Monster Danau Okanagan




I'm looking for the Ogo-pogo, the funny little Ogo-pogo.
His mother was an earwig and his father was a whale.
I'm going to put a little bit of salt on his tail.
I'm looking fot the Ogo-pogo.


Ogopogo atau Naitaka adalah makhluk misterius yang diduga menghuni Danau Okanagan, British Columbia, Kanada. Makhluk yang sering pula disebut monster danau ini digambarkan sebagai makhluk kriptid dengan panjang 12-15 meter dengan punuk-punuk di tubuhnya yang beberapa kali terlihat dipermukaan danau oleh para saksi mata. Makhluk ini juga digambarkan menyerupai Basilosaurus dan Masasaurus.

Danau Okanagan sendiri merupakan danau di wilayah Kelowna, Bristish Columbia dengan luas 351 meter persegi, panjang 135 km, serta ketinggian air mencapai 342 meter. Karena kontur dan karakterisiknya yang mirip Ogopogo seringkali disamakan dengan Nessie, monster danau Lochness di Skotlandia. Namun perbedaannya adalah bila penampakan Nessie maupun foto-foto kemunculannya banyak yang hoax, tidak dengan Ogopogo. Banyak saksi mata dan juga foto bahkan video asli yang pernah diambil memperlihatkan keberadaan makhluk ini. 

Foto penampakan Nessie, monster danau Lochness

Oleh karena banyaknya saksi mata dan juga kesaksian yang konsisten, serta bukti-bukti kuat yang terkonfirmasi, makhluk ini diyakini memang benar-benar ada. Seorong pengamat cryptozoologi bernama Roy Mackal bahkan menduga kalau makhluk ini tidak hidup sendiri melainkan ada beberapa Ogopogo yang hidup di danau Okanagan. Kemungkinan memang mereka telah beranak pinak di dalam sana. Rupanya hal ini pula telah menjadikan Danau Okanagan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Nama Ogopogo sendiri diambil dari sebuah lagu yang populer di Inggris pada tahun 1924. Lagu tersebut berjudul "The Ogo-pogo: The Funny Fox Trot" yang ditulis oleh Cumberland Clark dan Mark Strong. Namun tidak diketahui dengan jelas bagaimana lagu ini kemudian dapat menjadi sebutan untuk makhluk misterius Danau Okanagan.

Laporan penampakan Ogopogo telah dimulai sekitar tahun 1890. Di mana saat itu terdapat beberapa laporan mengenai penampakan makhluk ini yang berhasil dilihat oleh beberapa wisatawan. Namun sebenarnya kisah mengenai monster danau ini telah dipercaya sejak masa Indian menghuni wilayah tersebut. Konon pada zaman dahulu, suku Indian suka memberikan persembahan berupa hewan yang dilemparkan ke Danau Okanagan untuk persembahan yang biasanya dilakukan di dekat Rattlesnake Island.

Kisah mengenai penampakan Ogopogo juga telah dilaporkan sejak abad ke 19 bahkan hingga masa kini. Beberapa penampakannya yang cukup terkenal dan diabadikan dengan ilustrasi dan foto-foto adalah sebagai berikut:

Penampakan awal Ogopogo yang dilaporkan tercatat pada tahun 1860 oleh orang Eropa yang mengunjungi Okanagan. Sementara itu pada tahun 1872 terjadi kemunculan yang kedua. Dua orang wisatawan bernama John Allison dan istrinya sedang berlibur di Danau Okanagan dan memutuskan untuk berperahu. Pada saat itulah mereka mengaku telah melihat penampakan makhluk misterius di danau dengan panjang sekitar 20 meter.

Ilustrasi Mr. John Allison dan istrinya melihat Ogopogo (1872)

Tahun 1926, sebanyak 30 orang yang sedang berada di dalam mobil juga melaporkan telah melihat penampakan Ogopogo. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1964 seorang pria bernama Eric Parmenter yang sedang mengamati danau tiba-tiba melihat riak air yang tidak biasa. Ia lalu segera mengambil kamera dan berhasil mengabadikan sebuah foto yang diduga adalah penampakan Ogopogo.


Foto penampakan Ogopogo yang diambil oleh Eric Parmenter


Tahun 1976 penampakan Ogopogo terjadi lagi. Kali ini seorang pria berhasil mengabadikannya dalam foto. Pria bernama Edward Fletcher itu memperkirakan makhlik misterius yang difotonya dari North Vancouver memiliki panjang tubuh sekitar 14 meter. Foto ini juga adalah salah satu foto penampakan Ogopogo yang paling terkenal.


Foto penampakan Ogopogo yang diambil oleh Edward Fletcher

Satu lagi gambar penampakan Ogopogo yang cukup terkenal diambil pada pertengahan 2009 yang lalu. Seorang pria asal Kuwait bernama Abdul Aziz membuka Google Earth tanpa sengaja ketika mendengar kisah tentang monster danau Okanagan. Saat itulah ia melihat ada penampakan tak biasa dari dalam air (dilingkari merah). Ada seekor makhluk dengan siripnya terekam oleh Google Earth yang diduga adalah Ogopogo.


Penampakan Ogopogo yang didapakan dari Google Earth secara tak sengaja oleh Abdul Aziz

Selain foto-foto di atas yang memperlihatkan penampakan makhluk misterius yang diduga Ogopogo, terdapat pula beberapa video yang beredar di Youtube yang berhasil direkam. Berikut ini adalah video penampakan makhluk misterius di Danau Okanagan yang diambil pada tahun 2001 dan 2002 yang lalu. Video ini diunggah oleh akun Dan Basaraba tahun 2006.


Meskipun telah banyak kesaksian dan bukti yang kuat dan terkonfrmasi, namun hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti seperti apa sebenarnya bentuk Ogopogo tersebut. Beberapa menyebutnya adalah semacam ular laut, beberapa lagi menyebutkan makhluk kriptid ini memiliki punuk karena seringkali bagian punuknya itulah yang terlihat di permukaan.

Hingga saat ini belum pernah dilakukan penelitian mendalam dan serius terhadap Ogopogo. Kita sepertinya masih harus menunggu seseorang menyelam ke dalam danau dengan membawa perlatan lengkap dan kamera tentu saja untuk mendapatkan gambar Ogopogo dengan jelas.

Namun bila kalian ingin berfoto dengan Ogopogo, kalian bisa mendatangi Kerry Park di Kelowna karena ada patung Ogopogo dengan warna hijau terang yang dibuat oleh Peter Soelin tahun 1960 di sana. Patung Ogopogo ini telah menjadi spot foto bagi para turis yang berkunjung ke Kelowna.


0 Response to "Legenda Ogopogo, Monster Danau Okanagan"

Posting Komentar