Di manakah Qarun dan Seluruh Hartanya Ditenggelamkan?





Pada zaman dahulu kala ada seorang laki-laki bernama Qarun. Ia terkenal karena memiliki harta yang sangat-sangat banyak. Begitu banyaknya hartanya, sampai-sampai dibutuhkan lebih dari satu orang berbadan besar hanya untuk mengangkat kunci penyimpanan hartanya! Namun karena kesombongannya, ia kemudian ditenggelamkan bersama dengan seluruh harta bendanya. Lalu di manakah lokasi ditenggelamkannya Qarun beserta seluruh hartanya tersebut?

Qarun adalah seorang Bani Israil. Ia memiliki hubungan kekerabatan dengan Nabi Musa, yaitu ayah Qarun yang bernama Yashar adalah adik dari Imran yang tak lain adalah ayah Nabi Musa.

Pada masa awal kehidupannya, Qarun adalah orang yang sangat miskin namun ia dikenal taat pada perintah agama. Menurut kisah, ia meminta Nabi Musa untuk berdoa pada Allah untuk memberikannya kekayaan yang melimpah. Awalnya, niat Qarun tulus ingin membantu sesama bila ia kaya raya kelak. Namun yang terjadi kemudian justru kebalikannya. 

Qarun kemudian menjadi kaya raya. Ia memiliki banyak sekali harta benda yang tak ternilai jumlahnya. Ia mulai senang mengumpulkan harta-harta itu, bahkan membangun tempat-tempat khusus untuk menyimpan harta bendanya. Begitu banyaknya jumlah kekayaannya, bahkan kunci tempat ia menyimpan harta bendanya harus diangkat oleh beberapa orang dengan tubuh kuat. Satu orang saja tak akan mampu mengangkat satu kunci ruang harta Qarun disimpan.

Ilustrasi kunci-kunci tempat penyimpanan harta Qarun

Kekayaan yang luar biasa besar tak ayal membuat iri bangsa Bani Israil yang lainnya. Namun jangankan untuk bersedekah atau mengingat niat mulia awal ia menginginkan harta itu, ia justru dikenal sangat kikir. Ketaatannya pada Allah pada masa awal hidupnya berubah menjadi keingkaran.

Dalam Al-Quran, kisah mengenai Qarun ini bahkan disebutkan sebanyak 4 kali yaitu Surat Al-Qashas sebanyak 2 kali, dan Al-Ankabut serta Al-Mu'min masing-masing satu kali untuk mengingatkan manusia untuk memperingatkan manusia tidak mengikuti jejak Qarun.

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa lokasi Qarun beserta seluruh hartanya ditenggelamkan adalah di wilayah Al-Fayyun, yaitu suatu wilayah yang berlokasi sekitar 90 kilometer dari ibukota Mesir, Kairo.

Lokasi Danau Qarun, Kairo, Mesir


Di wilayah itu terdapat sebuah danau yang belakangan dikenal dengan nama Danua Qarun, namun penduduk sekitar menyebutnya Bahirah Qarun atau yang berarti Laut Qarun. Danau ini memiliki luas 10 km dengan panjang sekitar 30 km dan kedalaman hingga 40 km. 

Nah, tak jauh dari Danau Qarun ini ditemukan pula puing-puing sisa istana atau tempat tinggal Qarun dahulunya. Lalu apakah benar lokasi itu adalah tempat ditenggelamkannya Qarun dan seluruh harta bendanya?

Puing-puing sisa tempat tinggal Qarun

Di dalam buku berjudul Qashash Al-Anbiya' wa al-Tarikh karya Dr. Rusydi Al-Badrawi, dahulunya lokasi tersebut memang pernah diteliti oleh para peneliti dan ahli geologi dari Eropa Barat. Melalui hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa benar memang di wilayah sebelah selatan Danau Qarun memang pernah terjadi bencana gempa bumi yang sangat dahsyat pada zaman dahulu. Waktu peristiwa itu diperkirakan sezaman dengan Nabi Musa.

Sementara itu penelii dari China dan Mesir sendiri juga pernah melakukan penelitian di Danau Qarun pada tahun 2010 yang lalu. Penelitian yang menggunakan analisis Landsat ETM+ dan SRTM Data, didapati fakta bahwa secara geologis struktur Danau Qarun memang pernah mengalami depresi evolusi beberapa abad yang lalu.

Danau Qarun (Bahirah Qarun)

Harta kekayaan Qarun yang terpendam yang juga sering disebut sebagai Harta Karun bagi para pencari harta, memang belum ditemukan keberadaannya sampai saat ini. Namun setidaknya hasil penelitian telah menunjukkan bahwa lokasi di Danau Qarun memang pernah ditimpa bencana gempa dahsyat.


0 Response to "Di manakah Qarun dan Seluruh Hartanya Ditenggelamkan?"

Posting Komentar