Sejarah dan Asal Mula Sihir




Jika mendengar kata "sihir", mungkin banyak persepsi yang timbul. Tongkat sihir, sapu terbang, boneka yang ditusuk, jampi-jampi, hingga mantra kerap dikaitkan dengan sihir. Namun tahukah kalian apa itu sihir? Dan bagaimanakah sejarah dan asal muasal hadirnya ilmu sihir di dunia?

Eksistensi ilmu sihir sudah dimulai ribuan tahun lamanya. Hal ini termuat dalam kitab-kitab samawi (Taurat, Injil, dan Al-Quran) ketika Nabi Musa dan Nabi Harun meghadapi para penyihir kaki tangan Firaun. Menurut versi Al-Quran, akhirnya para penyihir itu beriman ketika melihat keajaiban yang dilakukan Nabi Musa yang mengubah tongkat menjadi ular. 

Mengenal asal muasal ilmu sihir, ahli tafsir Al-Quran terkemuka, Ibnu Katsir, menukil riwayat dari Al-Sudi. Al-Sudi berkata, "Dahulu kala, setan-setan naik ke langit untuk mencuri kabar yang disampaikan oleh para malaikat tentang sesuatu yang akan terjadi di muka bumi, berupa kematian, ilmu gaib, dan perintah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Lalu kabar yang dicuri setan-setan itu kemudian disampaikan kepada para dukun dan ternyata kabar tesebut memang banyak terjadi, sehingga para dukun membenarkan apa yang disampaikan setan. Setelah mereka mendapatkan pembenaran, setan lalu mencampuradukkan satu kenyataan dengan tujuh puluh kedustaan. Kemudian menyebar isu di kalangan bani Israil bahwa ia mampu mengetahui ilmu gaib sehingga tidak sedikit manusia yang terperdaya dan tertipu.


Ada versi lain dari Al-Quran yang juga menerangkan tentang asal muasal ilmu sihir yaitu dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 102.

Sayyid Qutb dalam bukunya, Fi Zhilalil Qur'an juz I menafsirkan ayat tersebut. Beliau menjelaskan bahwa kedua malaikat yang diturunkan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى ke negeri Babilonia hanyalah fitnah dan menjadi cobaan bagi manusia untuk sebuah hikmah yang gaib. Kedua "malaikat" itu lalu mengatakan pada setiap orang yang mendatangi dan meminta mereka berdua untuk mengajari sihir.

Walaupun sihir merupakan perkara kejadian luar biasa, namun seiring kemajuan sains dan teknologi, ada beberapa fenomena sihir yang kemudian dapat dijelaskan dengan perspektif sains. Beberapa fenomena tersebut adalah:


  • Membaca Pikiran (Mind Reading)
Sebuah terobosan penting dalam penelitian tentang otak telah dilakukan oleh para peneliti di University of California, Barkeley. Para peneliti tersebut sudah mampu mengoptimalkan kinerja MRI (pencitraan resonansi magnetik), sehingga mesin tersebut mampu melihat kata yang anda pikirkan dengan tingkat ketepatan hingga mencapai 90%. Para peneliti itu bahkan memprediksi, di masa depan akan ada industri dalam bidang telepati otak.


  • Alkemi
Sejak zaman dahulu, sihir identik dengan kemampuan mengubah sesuatu. Bahkan masyarakat yang percaya beranggapan, dengan kemampuannya tersebut para penyihir atau dukun bisa mengubah benda biasa menjadi emas.

Usaha-usaha untuk mengubah benda menjadi emas rupanya terus dilakukan hingga hari ini. Dengan dasar ilmu kimia modern, seorang ahli bernama Glenn Seaborg pernah berupaya membuat emas dari unsur bismut. Beberapa alkemi legendaris sekaligus misterius seperti Fulcanelli dan Nicolas Flamel juga berupaya mengubah logam biasa menjadi emas.

Glenn T. Seaborg


  • Membaca Garis Tangan (Palm Reading)
Ada beberapa ahli sihir atau dukun atau peramal yang bisa membaca informasi seseorang dengan hanya melihat garis tangan orang tersebut. Beberapa informasi yang disampaikan oleh si peramal terkadang menjadi kenyataan sehingga sebagian orang mempercayai ahli sihir tersebut. Nah, ilmu pengetahuan terbaru menunjukkan garis tangan seseorang sebenarnya dapat dibaca dan informasi yang didapatkan bisa untuk mengetahui tentang beberapa hal, misalnya penyakit down syndrome atau perilaku seksual yaitu dengan Teori Rasio Tangan.


  • Meramal Masa Depan (Fortune Teller)
Para ahli sihir terkadang memproklamirkan diri bahwa mereka bisa meramal masa depan seseorang. Benda yang biasa mereka gunakan adalah bola kristal. Mereka mengaku mendapatkan penglihatan dari bola kristal tersebut.

Fortune Teller (ilustrasi)

Ilmu pengetahuan terbaru sebenarnya telah "bisa" meniru apa yang dikerjakan oleh ahli sihir tersebut. Dengan perangkat IT beserta softwarenya, seseorang bisa meramal beberapa hal yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Dua peristiwa internasional seperti pemanasan global dan krisis ekonomi ternyata telah diramalkan sebelumnya.

Referensi : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran (Adrie Mesapati, Luki Andriansyah, Gemma A.)


0 Response to "Sejarah dan Asal Mula Sihir"

Post a Comment