Penemuan Pohon Emas Eucalyptus




Percayakah kalian jika di dunia ini ada pohon emas? Selama ini mungkin kita hanya mendengar istilah kiasan pohon emas atau bahkan berkebun emas. Namun percayalah baru-baru ini pohon emas (dalam arti yang sesungguhnya) benar-benar telah ditemukan!

Pohon itu adalah Eukaliptus (Eucalyptus). Eucalyptus adalah salah satu jenis pohon berbatang keras yang berasal dari Australia. Menurut Wikipedia, ada lebih dari 700 jenis spesies Eucalyptus, yang terbanyak berada di Australia, namun beberapa spesies dapat ditemukan di Papua Nugini, Indonesia, hingga Filipina. 

Beberapa jenis Eucalyptus memiliki keunikan yaitu batangnya berwarna-warni sehingga disebut Rainbow-Eucalyptus. Beberapa jenis spesies Eucalyptus juga memiliki kebiasaan yang aneh. Mereka biasanya menjatuhkan dahan besarnya saat akan tumbuh. Itulah sebabnya banyak sekali ditemukan dahan Eucalyptus mati di hutan. Peristiwa ini biasanya banyak menyebabkan para penebang pohon atau orang yang berkemah di dekatnya tewas tertimpa.

Pada musim kering yang biasanyan melanda Australia, pohon ini dengan mengejutkan dapat memperpanjang akarnya ke dalam tanah hingga 35 meter untuk mendapatkan sumber air. Proses akar yang tumbuh memanjang menembus tanah hingga kedalaman berpuluh meter inilah yang diduga menjadi penyebab pohon Eucalyptus mengandung emas.

Pohon Eucalyptus Rainbow

Para peneliti melakukan penelitian pada pohon Eucalyptus dengan mengambil sampel dari pohon yang tumbuh di Australia Barat dan Selatan. Seperti diketahui, dua lokasi ini merupakan salah satu tempat yang mengandung deposit emas terbesar yang ada di wilayah Ausralia, bahkan dunia. 

Hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan sinar X pada daun, ranting, serta kulit pohon Eucalyptus, menunjukkan bahwa pohon ini mengandung partikel emas dengan ukuran 8 mikron (sekitar 10 kali lebih tipis daripada ukuran rambut manusia). Partikel-partikel emas ini diserap oleh akar dan didistribusikan ke dalam daun dan jaringan lainnya pada pohon. Namun dari semua bagian Eucalyptus, daun adalah bagian dengan kadar emas paling tinggi.


Proses penyerapan partikel emas pohon Eucalyptus

Seorang ahli geokimia dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation Australia, Melvyn Lintern, bersama dengan timnya melakukan penelitian di Freddo Gold Prospect. Freddo merupakan salah satu deposit emas di Australia Barat yang terletak 40 km di sebelah utara Kalgoorlie.

Proses transportasi emas dari bawah tanah di wilayah ini sangatlah ideal karena tidak terganggu oleh aktivitas penambangan yang ada di dekatnya. Mineral yang ditambang tidak muncul ke permukaan tanah, bahkan kandungan emas tersembunyi dengan baik di dalam lembah tandus Yilgarn Craton pada kedalaman 30 meter di bawah permukaan tanah.

Penelitian partikel emas dalam pohon Eucalyptus


Penelitian yang sama juga dilakukan di Barns Gold Prospect yang terletak sebelah utara Wudinna, Australia Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel pohon, tanah, dan calcrete di wilayah itu mengandung kadar emas yang sangat tinggi. Deposit emas di wilayah ini terletak di antara bebatuan Archean di Gawler Craton pada kedalaman 50 meter.

Meskipun demikian, para peneliti tidak menyarankan untuk melakukan penambangan emas pada pohon-pohon Eucalyptus. Alasannya adalah karena penerapan, kualitas data, dan interpreasi hasil yang belum begitu maksimal. Bahkan dikatakan pula bahwa kandungan emas di pohon Eucalyptus meskipun memang ada, namun sangat kecil. Diperlukan sekitar 500 pohon Eucalyptus hanya untuk membuat sebuah cincin saja.

Referensi : 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran (Adrie Mesapati, Arnie Sanib, Mutia Sari)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penemuan Pohon Emas Eucalyptus"

Posting Komentar