Kisah Misterius "An Unfinished Race" James Warson dan Ambrose Bierce



Tahun 1873 seorang pria menerima tantangan untuk melakukan lomba lari sejauh 20 mil. Dalam perjalanannya itu, ia diiringi oleh temannya dan seorang fotografer dari atas kereta kuda. Saat di tengah perjalanan, tiba-tiba pria itu terjatuh, dua orang yang mengikutinya lalu mendengar suara jeritan yang mengerikan. Saat hendak memeriksa pelari yang jatuh tadi, mereka lalu menyadari bahwa pelari itu telah menghilang tanpa jejak!

James Warson adalah seorang pembuat sepatu asal Leamington Spa, Warwickshire, Inggris. Selain handal dalam membuat sepatu, ternyata Warson juga dikenal sebagai seorang pembual di wilayah Leamington. Ia mengatakan bahwa dirinya memiliki kemampuan istimewa yang tidak dimiliki oleh orang biasa, yaiu mampu berlari puluhan kilometer tanpa henti.

Teman-teman dan orang-orang yang mendengar bualan Warson pun kemudian menantangnya untuk mengikuti lomba lari untuk membuktikan perkataan Warson. Lomba lari itu berjarak 20 mil ke wilayah Coventry. Warson yang saat itu dalam keadaan mabuk berat, kemudian menerima tantangan. Untuk menghindari kecurangan, maka selama perlombaan Warson akan diikuti dari belakang oleh seorang temannya, Barham Wise, dan seorang fotografer, Hammerson Burns dengan menggunakan kereta kuda.

Perlombaan pun dimulai. Selama dalam perjalanan Wise dan Burns terus mengawasi Worson dari belakang. Sesekali mereka juga mengobrol dalam perjalanan itu. Saat masih setengah perjalanan, tiba-tiba Worson terjatuh. Wise dan Burns melihat Warson yang tersungkur dari jarak yang tidak begitu jauh.

Tiba-tiba Wise dan Burns mendengar suara jeritan keras yang mengerikan yang kemudian diikuti suara tangisan. Setelah mendengar suara misterius itu, mereka segera pergi ke tempat di mana Warson terjatuh. Namun anehnya mereka tidak mendapatinya di sana. Warson lenyap! 

James Worson "An Unfinished Race" (Ilustrasi)

Anehnya di sana juga tidak ditemukan bekas-bekas terjauhnya Warson. Yang ada hanyalah jejak kaki yang sempat difoto oleh Burns sebagai bukti kepada warga.

Orang-orang kemudian beramai-ramai mencari James Worson. Namun anehnya meskipun banyak warga yang melakukan pencarian bahkan dengan anjing pelacak, namun jejak keberadaan Worson tak juga ditemukan. Dugaan warga mengaitkan hal ini dengan kisah supranatural dan mengira bahwa Worson telah hilang ke dimensi lain. Beberapa mengatakan bahwa Worson mendapat kutukan dan akan terus berlari hingga hari kiamat.

Kisah misterius di atas berkembang di Inggris pada sekitar akhir abad ke 19. Sebenarnya kisah James Warson ini hanyalah sebuah kisah fiksi. Ya, James Warson adalah tokoh fiktif dari sebuah cerita pendek berjudul "Unfinished Race" yang terdapat dalam buku "Present at a Hanging and Other Ghost Stories" karangan seorang penulis Amerika bernama Ambrose Bierce.

Ambrose Bierce (1842-1914)

Kisah mengenai James Warson ini begitu melegenda di Inggris pada abad ke 19 terutamanya bagi orang-orang yang tinggal di dekat wilayah Coventry. Hingga ada anggapan bahwa sebenarnya kisah James Warson benar-benar nyata. 

Ambrose Bierce sendiri adalah seorang penulis kenamaan asal Amerika Serikat yang dikenal dengan cerita-cerita misterinya. Sama seperti penulis Agatha Christie, kisah misteri Ambrose Bierce yang paling misterius justru terjadi dalam hidupnya sendiri.

Pada Oktober 1913 saat berusia 71 tahun, Bierce pergi ke Washington D.C untuk mengunjungi tempat-tempat kenangannya ketika terjadi perang sipil. Dua bulan kemudian, ia diketahui pergi ke Louisiana dan Texas, hingga sampai ke wilayah El Paso. Rupanya pada saat itu tengah berlangsung perang Tierra Blanca. Bierce pun memutuskan untuk bergabung sebagai pengamat dengan pasukan Pancho Villa di kawasan Chihuahua.

Kabar terakhir Bierce didapat dari surat yang ditujukannya pada temannya bernama Blanche Partington tertanggal 26 Desember 1913. Dalam suratnya ia mengatakan: "saya akan meninggalkan tempat ini esok hari, menuju ke tempat yang tidak diketahui..."

Jika pada peristiwa menghilangnya Agatha Christie, ia berhasil ditemukan dalam keadaan hidap dan baik-baik saja, maka hal ini tidak terjadi dalam kasus Ambrose Bierce. Setelah surat terakhirnya itu, ia tidak pernah lagi ditemukan baik dalam keadaan hidup atau pun meninggal. Kasus hilangnya Ambrose Bierce ini menjadi salah satu kasus yang tak pernah terungkap dalam sejarah Amerika.

Seolah-olah ia ingin menghilang seperti tokoh yang ia ciptakan sendiri, James Warson...



0 Response to "Kisah Misterius "An Unfinished Race" James Warson dan Ambrose Bierce"

Post a Comment