7 Kasus Histeria Massa Paling Aneh di Dunia



Dalam ilmu psikologi dan sosiologi, histeria massa adalah suatu fenomena penyebaran ilusi kolektif (baik nyata atau hanya khayalan) kepada sekelompok orang dalam masyarakat sebagai sebuah akibat dari rumor maupun ketakutan. Beberapa kasus yang terjadi seringkali diawali dengan seorang atau beberapa orang yang meyakini bahwa diri mereka telah terserang suatu penyakit atau gejala yang sama yang kemudian menulari yang lainnya secara cepat dan massal.

Kalian tentu masih ingat wabah menari (dancing plague) yang terjadi di Strasbourg pada tahun 1518 bukan? Nah, itu adalah salah satu kasus histeria massa yang sangat aneh dan mengerikan. Pasalnya wabah itu berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan membuat orang-orang yang terkena histeria massa tersebut menderita sakit hingga meninggal dunia. Bahkan disebutkan bahwa dancing plague adalah salah satu wabah terburuk yang pernah melanda daratan Eropa karena merenggut korban jiwa yang sangat banyak.

Berikut ini adalah 7 kasus histeria massa yang paling aneh sekaligus mengerikan yang pernah terjadi di dunia, beberapa di antaranya mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya, semoga menambah wawasan:


1. The Halifax Slasher 



The Halifax Slasher adalah sebuah kasus histeria massa yang terjadi pada tanggal 16 November 1938 di Halifax, Inggris. Kejadian ini bermula ketika dua orang wanita masuk ke kantor polisi lokal setempat dan melaporkan tindak penyerangan. Mereka juga menunjukkan luka di kepala akibat dari tindakan penyerangan yang dilakukan oleh orang tak dikenal.

Polisi segera melakukan pemeriksaan tempat kejadian di mana dua wanita tadi mengaku telah diserang. Namun anehnya, polisi tak menemukan bukti apa pun di sana. 

Beberapa hari kemudian kejadian yang lebih aneh terjadi. Tiba-tiba beberapa orang mendatangi kantor polisi membawa luka di kepala mereka. Sama seperti dua wanita sebelumnya, orang-orang ini melaporkan bahwa mereka telah diserang. Susana di sekitar Halifax pun mencekam. Beberapa orang yang dicurigai melakukan aksi penyerangan ditangkap oleh masyarakat meskipun tidak ada bukti kuat. 

Namun ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, sebanyak 12 orang korban akhirnya mengaku bahwa mereka telah melukai diri sendiri dan memberi keterangan palsu. Beberapa dari orang-orang tersebut kemudian masuk penjara dan kasus pun ditutup.


2. Louisiana Twiching Epidemic




Para siswi sebuah sekolah menengah di Louisiana mengalami sebuah epidemi aneh di tahun 1939. Setelah mengikuti kegiatan menari tahunan yang diadakan di sekolah, tiba-tiba seorang siswi mengaku kaki kanannya menyentak dengan sendirinya mengikuti alunan musik. Peristiwa aneh ini kemudian diikuti oleh siswi-siswi yang lainnya di sekolah tersebut.

Histeria massa ini terjadi berminggu-minggu hingga para orang tua murid memutuskan untuk memulangkan anak mereka selama histeria itu terus berlangsung. Seorang sosiolog berpendapat bahwa Louisiana Twitching Epidemic ini hanyalah sebuah insiden histeria massa saja, tidak ada sesuatu yang misterius.


3. Trouble with Nuns




Sekitar abad pertengahan terjadi histeria massa yang sangat aneh di Prancis. Histeria massa misterius ini menimpa sejumlah biarawati. Pada masa itu, kepercayaan terhadap hal supranatural sangat tinggi, dan kucing adalah salah satu hewan yang dipercaya dapat merasuki tubuh manusia.

Beberapa biarawati di gereja tiba-tiba mengeong selama beberapa jam. Peristiwa aneh ini terjadi bahkan sampai berhari-hari lamanya. Untuk mengatasinya kemudian diperintahkanlah tentara untuk mencambuki biarawati itu agar mereka berjanji untuk berhenti mengeong.

Wabah yang menyebabkan histeria massa hampir serupa juga pernah terjadi pada abad ke 15 di Jerman, juga menimpa para biarawati. Para biarawati ini tiba-tiba saling menggigit satu sama lainnya. Kejadian aneh ini kemudian bahkan menyebar hingga ke Belanda dan Roma. Menurut laporan yang beredar, peristiwa aneh ini diduga disebabkan karena kelelahan.


4. Tanganyika Laughter




Wabah tawa Tanganyika (Tanganyika Laughter Epidemic) adalah sebuah insiden histeria massa yang terjadi pada tahun 1962. Pada tanggal 30 Januari tahun itu, tiga orang siswi sebuah sekolah asrama putri di Kanshasha, pantai barat danau Victoria tiba-tiba tertawa tiada henti. Keanehan ini kemudian menjangkiti siswi-siswi lainnya. 

Tak kurang dari 95 orang siswi menjadi korban histeria massa aneh dan misterius ini. Korban epidemi ini mengalami sesak nafas, kesakitan, hingga pingsan. Selengkapnya baca di Wabah Tawa Tanganyika.


5. The Muhnochwa




Pada musim panas tahun 2002 sebuah histeria massa terjadi di Banaras. Penduduk sekitar wilayah itu mengaku melihat makhluk misterius yang keluar dari pesawat asing seperti UFO dengan sinar merah, biru, dan hijau yang keluar pada malam hari. Para saksi mata mengaku bahwa makhluk ini memiliki cakar tajam. 

Namun rupanya para saksi mata memiliki kesaksian yang berbeda-beda. Beberapa menyatakan bahwa makhluk itu seperti kura-kura, sebagian lainnya mengatakan makhluk itu memiliki tubuh tinggi besar.

Misteri dan histeria massa mengenai UFO dengan makhluk misterius bercakar ini rupanya meluas hingga ke wilayah Uttar Pradesh hingga ke Kanpur dan Lucknow. Setiap kali seseorang di wilayah itu diberitakan mendapatkan serangan berupa cakaran di wajahnya, maka penduduk di sekitarnya akan panik luar biasa. Karena peristiwa penyerangan yang terjadi pada malam hari, tak jarang mereka saling bertabrakan. Dan keesokan harinya didapati beberapa warga telah terkena cakaran dari makhluk misterius itu.


6. The Salem Witch Trials




The Salem Witch Trial adalah suatu peristiwa yang terjadi antara Februari 1692 hingga Mei 1693 di kawasan Massachusetts. Pada peristiwa itu ada 200 lebih orang yang dihukum karena dituduh telah melakukan praktik ilmu sihir, 20 orang di antaranya dihukum mati.

Hal ini rupanya dilakukan setelah sebelumnya terjadi insiden kerasukan massal yang menimpa gadis-gadis lokal di sana. Selama proses pengadilan tersebut disebut banyak jauh korban yang diduga adalah hasil dari perbuatan para penyihir itu.


7. New York Tourette Epidemic




Sebuah epidemi aneh melanda kota kecil Le Roy, New York pada Oktober 2011. Epidemi ini memiliki ciri-ciri seperti orang-orang yang terkena sindrom Tourette, oleh karena itu kasus ini dikenal juga dengan nama Tourette Epidemic. Sindrom Tourette sendiri adalah suatu penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan maupun gerakan yang spontan serta tak dapat dikontrol. 

Epidemi ini terjadi pada beberapa orang siswa sekolah menengah di Le Roy, New York. Siswa-siswa tersebut tiba-tiba mengalami perubahan pada mimik wajah kemudian diikuti dengan gerakan dan tingkah laku kasar serta ucapan-ucapan tak pantas. Anehnya yang terkena epidemi ini hanyalah murid-murid perempuan. Sebanyak 18 orang murid perempuan di sekolah itu yang terkena epidemi ini. Sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti apa penyebab dari Tourette Epidemic ini.


0 Response to "7 Kasus Histeria Massa Paling Aneh di Dunia"

Post a Comment