Merinding.com

Merinding.com

Sinyal WOW! Sinyal Misterius dari Luar Angkasa




Tahun 1977, seorang astronom yang bekerja di Radio Big Ear menangkap sebuah sinyal aneh. Sinyal misterius berdurasi 72 detik tersebut memang terdengar berbeda dari sinyal yang biasa terdengar. Sinyal yang berasal dari konstelasi Sagitarius ini diduga berasal dari suara Alien di luar angkasa.

Sinyal WOW adalah sebuah sinyal misterius yang tertangkap pada tanggal 15 Agustus 1977 di Radio Big Ear, Ohio State University. Sinyal ini berasal dari cluster globular M55 konstelasi Sagitarius. Sinyal yang berdurasi 72 detik itu memang terdengar agak aneh, namun sayangnya setelah 72 detik sinyal itu menghilang. Sinyal itu memili panjang geombang 21 cm dengan kekuatan 1.420 megahertz.

Astronomer Jerry R. Ehman adalah orang pertama yang menyadari akan adanya anomali aneh dari sinyal ini beberapa hari setelah sinyal itu pertama kali diterima. Ia kemudian mencatat sinyal di sebuah kertas dan terkagum dengan apa yang ditulisnya. Ia menduga bahwa sinyal tersebut bukanlah sinyal biasa. Ia menduga bahwa sinyal itu berasal dari makhluk ekstra tersetrial di luar angkasa. Ia lalu menuliskan kata Wow! di samping tulisan yang ia buat tersebut. Kemudian sinyal tersebut diberi nama sinyal Wow!

Jerry Ehman di depan Big Ear Radio
Jerry Ehman pada tahun 1977 sebenarnya sedang bekerja sebagai sukarelawan di Proyek SETI. Ia bertugas untuk mencatat dan menganalisa data yang masuk pada mini komputer IBM 1130 dan mencetaknya. 

Selama bertahun-tahun sinyal ini menjadi sinyal misterius yang tak dapat diartikan. Hingga muncul dugaan bahwa sebenarnya sinyal itu berasal dari makhluk luar angkasa, alien yang melakukan komunikasi atau semacamnya. Para peneliti pun dibuat kebingungan oleh sinyal aneh ini. Berikut ini adalah video suara sinyal Wow! tersebut yang terekam di Radio Big Ear pada 15 Agustus 1977.




Sinyal Wow! Akhirnya Terpecahkan?!

Beberapa waktu belakangan ini ramai pemberitaan bahwa misteri Sinyal Wow! akhirnya terpecahkan. Seorang pengajar di St. Petersburg University di Florida bernama Dr. Antonio Paris mengemukakan teorinya. Menurutnya Sinyal Wow! bukanlah sinyal yang berasal dari makhluk luar angkasa atau alien. 

Dr. Antonio Paris

Teori yang didapatnya sederhana. Ia mendapatkannya ketika sedang mengemudi dan sebuah truk melintas pada sebuah jembatan di atasnya. Ia lalu menyadari bisa saja sinyal Wow! tersebut bekerja persis seperti itu. Bisa saja saat itu terdapat asteroid atau komet yang sedang melintas di atas bumi sehingga suara tersebut pun terdengar.

Ia lalu memeriksa arsip NASA dan menemukan bahwa memang ada dua komet yang melintas pada konstelasi Sagitarius pada saat suara tersebut terdengar. Komet tersebut adalah 266P / Christensen da P 2008 Y2 Gibbs. Jadi menurutnya Sinyal Wow sama sekali bukan suara alien melainkan suara komet-komet tadi yang melintas. Dan ini merupakan suatu fenomena tata surya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinyal WOW! Sinyal Misterius dari Luar Angkasa"

Posting Komentar