Merinding.com

Merinding.com

7 Teori Konspirasi Paling Menggemparkan Dalam Sejarah




Membahas mengenai teori konsprasi memang tidak akan pernah ada habisnya. Topik ini selalu menarik dibahas dan diperdebatkan. Teori konspirasi sendiri adalah sebuah teori persekongkolan yang mencoba menjelaskan mengenai terjadinya suatu peristiwa mulai dari ekonomi, sosial, politik, hingga budaya yang diduga telah direncanakan oleh pihak-pihak tertentu secara rahasia.

Pihak-pihak tertentu ini biasanya merupakan orang atau kelompok yang memiliki pengaruh besar di dunia. Jadi para konspirator ini menjadi sutradara alias orang belakang layar yang mengatur dam memanipulasi segala kejadian.

Dalam semua teori konspirasi yang pernah muncul, selalu saja ada 2 kubu berseberangan. Kubu pertama tidak mempercayai adanya teori konspirasi tersebut dan menganggapnya sebagai teori yang mengada-ada dan mencoba membantahnya dengan berbagai teori akurat serta data ilmiah. Sementara itu kelompok kedua percaya bahwa ada tangan tak terlihat (invisible hand) pada setiap peristiwa besar dunia yang telah diatur secara rahasia oleh orang-orang atau kelompok paling berpengaruh di dunia ini.

Berikut ini adalah 7 teori konspirasi terbesar dan paling menggemparkan yang pernah ada dalam sejarah dunia.


1. Insiden Penembakan John F. Kennedy


Insiden penembakan presiden Amerika Serikat saat kunjungannya ke Dallas, Texas pada 22 November 1963 boleh jadi bukan hanya merupakan sebuah peristiwa bersejarah biasa. Pembunuhan pada Kennedy sangat fenomenal dan bahkan orang biasa pun tahu bahwa mustahil rencana pembunuhan terhadapnya hanya pembunuhan biasa. 

Lee Harvey Oswald yang diduga telah melakukan penembakan terhadap Kennedy berhasil ditangkap hanya berselang dua jam setelah peristiwa tragis tersebut terjadi pada pukul 12 siang. Namun tak banyak keterangan yang dapat dikorek dari Oswald karena hanya 2 hari berselang, ia kemudian dibunuh oleh seorang pria bernama Jack Ruby dengan cara ditembak sebelum dirinya sempat dibawa ke pengadilan.

Oswald sendiri selalu membantah bahwa dirinya membunuh presiden Amerika ke 35 tersebut. Sementara itu, Jack Ruby memenangkan peradilan dan bebas dari hukuman mati. Dirinya meninggal dunia karena penyakit kanker. Dan kasus pun semakin tak jelas.

Teori konspirasi menyatakan bahwa banyak pihak memiliki kemungkinan melakukan pembunuhan terencana atas Kennedy. Pihak-pihak yang diduga bertanggung jawab pada insiden tersebut mulai dari Zionis, Iluminati, Freemason, hingga CIA. 


2. Tragedi 11 September (11/9)



Tanggal 9 Sepetember 2001 dunia terhenyak dengan peristiwa serangan yang terjadi pada salah satu gedung paling krusial di Amerika Serikat yaitu World Trade Center (WTC). Pada pagi hari itu, gedung kembar WTC yang terletak di New York itu dihantam oleh dua buah pesawat yang dipiloti oleh para pembajak yang sengaja melakukan bunuh diri dan menabrakkan pesawat. Hanya dalam kurun waktu 2 jam gedung kembar tersebut rata dengan tanah.

Tuduhan langsung mengarah pada Al-Qaeda dan Osama bin Laden digadang-gadang adalah otak dari serangan tersebut. Osama bin Laden pun menjadi buruan militer Amerika Serikat, hingga pada 2011 lalu pemerintah Obama mengklaim bahwa Bin Laden telah berhasil dibunuh. Peristiwa serangan tersebut memang telah melumpuhkan ekonomi Amerika selama beberapa waktu. Namun efek yang paling masif dan berjangka panjang adalah munculnya islamofobia di negara tersebut.

Banyak pihak menduga bahwa peristiwa serangan WTC pada 11 September terdapat peran Israel dan Mossad di dalamnya. Maraknya dugaan teori konspirasi pada serangan 11 September tersebut bahkan membuat seorang miliarder Amerika Serikat bernama Paul Salo untuk melakukan reka ulang kejadian tersebut menggunakan pesawat dan gedung sungguhan. Ia percaya bahwa pesawat yang menabrak WTC tersebut sebenarnya bergerak tanpa pilot. 


3. Pendaratan Neil Amstrong di Bulan



Hingar bingar pendaratan manusia pertama di bulan yang merupakan misi Apollo 11 berhasil membawa manusia menjejakkan kakinya di bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. Pesawat yang diawaki Neil Amstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins tersebut berhasil mendarat dengan selamat di bulan pada 20 Juli 1969. 

Sebagai "oleh-oleh" dari peristiwa heroik tersebut, terdapatlah foto-foto serta video yang diambil dari permukaan bulan. Namun banyak yang menyangsikan kebenaran foto serta video tersebut yang kemudian memunculkan dugaan adanya konspirasi besar berdana milyaran dollar Amerika untuk merekayasa foto-foto tersebut.

Teori konspirasi meyakini banyak kejanggalan pada foto-foto pendaratan Apollo yang dikirim oleh NASA tersebut. Para penganut teori ini percaya bahwa foto-foto tersebut sebenarnya diambil di sebuah studio film. Mereka menegaskan hal ini sengaja dilakukan Amerika karena telah kalah bersaing dengan Uni Sovyet yang sebelumnya telah berhasil mengirim astronotnya, Yuri Gagarin menjelajah ruang angkasa tahun 1961.


4. Peristiwa Holocaust


Holocaust adalah sebuah peristiwa pembantaian besar-besaran terhadap sekitar 6 juta orang Yahudi yang dilakukan oleh Nazi Jerman pada masa kekuasaan Adolf Hitler. Peristiwa ini terjadi sekitar tahun 1933-1945 sebelum perang dunia II meletus. Orang-orang Yahudi ini selama kurun waktu tersebut ditempatkan dalam kamp-kamp konsentrasi yang selanjutnya dibinasakan dengan cara dibakar dan menggunakan ruang gas beracun.

Itu adalah kisah Holocaust yang telah beredar di dunia selama bertahun-tahun dan dipercaya oleh sebagian besar orang. Namun apakah hal tersebut memang benar-benar terjadi? Banyak yang menduga bahwa kisah Holocaust dan pembantaian terhadap 6 juta orang Yahudi itu hanyalah kebohongan belaka.

Teori konspirasi mempercayai bahwa kisah Holocaust mengada-ada. Ketidakmasuk akalan dari cerita ini dimulai dari tidak ditemukannya ruang gas beracun seperti pada cerita yang beredar. Selain itu pula untuk melakukan pembantaian massal dengan pembakaran dengan gas beracun akan membutuhkan banyak sekali dana dan energi, sedangkan saat itu pihak Nazi sedang berada pada kondisi terjepit menghadapi serangan pihak sekutu.


5. New World Order 


Teori konspirasi New World Order dapat dikatakan adalah sebuah konspirasi tingkat tinggi. Mengapa demikian? Karena konspirasi ini melibatkan orang-orang dengan jabatan penting di dunia serta tujuan besar yaitu membentuk sebuah tatanan dunia baru yang otonom menggantikan bangsa-bangsa berdaulat yang telah ada.

Menurut teori konspirasi, New World Order ini telah lama ada. Terjadinya revolusi Perancis, Bolshevic, meletusnya perang dunia I dan II serta serangan 11 September dan berbagai peristiwa besar dalam sejarah dunia dinilai merupakan bagian dari proses dunia menuju terciptanya New World Order tersebut.

Iluminati dan Freemasonry disebut-sebut sebagai beberapa organisasi rahasia dunia yang berada di balik konspirasi pembentukan tatanan dunia baru ini dengan satu tujuan yaitu mengusai seluruh dunia. Teori ini juga seringkali dikaitkan dengan pengurangan jumlah populasi manusia di dunia melalui penyebaran virus HIV.


6. Insiden UFO Roswell



Pada 8 Juli 1947 seorang peternak di wilayah New Mexico melaporkan pada pihak militer bahwa ia telah menemukan sebuah piringan terbang di peternakannya. Laporan ini langsung mendapat perhatian angkatan udara Amerika Serikat kala itu yang segera benda tersebut. Tak lama kemudian pihak berwenang tersebut merilis pernyataan bahwa benda tersebut hanyalah balon udara.

Namun ternyata banyak saksi yang telah melihat kejadian tersebut dan mulai mempertanyakan pernyataan dari Angkatan Udara Amerika Serikat. Sebuah teori konspirasi pun menyebar liar. Sebagian orang percaya bahwa objek yang jatuh di sebuah peternakan di wilayah New Mexico pada Juli 1947 tersebut memang benar-benar pesawat UFO namun fakta ini sengaja ditutup-tutupi bahkan dihilangkan.

Satu persatu bukti pun menyeruak. Salah satunya adalah sebuah memo berjudul "Flying Saucer" tahun 1950 menyatakan bahwa para investigator Angkatan Udara tengah menyelidiki 3 buah piring terbang yang ditemukan di New Mexico di mana masing-masing piring terbang tersebut memuat jasad mirip manusia yang diduga adalah alien. Pada tahun 1989, seorang pengurus mayat bernama Glenn Dennis mengungkapkan dirinya pernah melakukan autopsi alien di Roswell Base.

Namun bila ditanyakan pada pemerintah Amerika Serikat, mereka tidak akan pernah mengakui telah menemukan alien ataupun pesawat UFO pada peristiwa Roswell 1947 tersebut.


7. Teori Bumi Datar



Inilah teori yang belakangan ini sedang hangat diperdebatkan. Teori bumi datar (flat earth) membantah teori yang selama ini dipercaya bahwa bumi itu berbentuk bulat (globe earth). Para penganut teori ini percaya bahwa sebenarnya bumi itu berbentuk datar seperti piringan.

Teori ini mempercayai bahwa pada sisi-sisi bumi terdapat tembok-tembok es yaitu yang terdapat di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang dipercaya tidak akan mampu dilewati. Teori ini sebenarnya telah lama berhembus dan disebarkan oleh organisasi bernama Flat Earth Society bentukan seorang pria Inggris bernama Samuel Shenton tahun 1956.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Teori Konspirasi Paling Menggemparkan Dalam Sejarah"

Posting Komentar