Merinding.com

Merinding.com

Sea People




Saat kita melihat piramida yang begitu kokoh dibangun dengan arsitektur yang menakjubkan, pernahkah terlintas di pikiran kita bahwa peradaban zaman dahulu ternyata sudah begitu maju. Namun mengapa peradaban serta teknologi itu seperti hilang ditelan bumi? Salah satu penyebabnya ternyata adalah serangan Sea People (orang-orang laut) yang misterius..

Dalam sejarah kita mengenal kemajuan peradaban umat manusia yaitu dari zaman batu (zaman primitif) menuju ke zaman besi, dan zaman perunggu. Pada zaman perunggu yang diperkirakan terjadi pada tahun 1200 SM, peradaban di dunia begitu berkembang pesat salah satunya d Laut Mediterania Timur dan Laut Aegean.

Pada masa itu, rakyat-rakyat desa telah mulai memakai perunggu serta meleburnya untuk dijadikan perkakas atau alat-alat. Salah satu daerah pertama yang menggunakan perunggu adalah Sumeria dan Mesopotamia. Di saat itu pula bangsa  Minoa dan Mycenaea memiliki istana yang megah dengan arsitektur yang rumit di Kreta dan Yunani. Sementara itu bangsa Kanaan menguasai wilayah yangs sekarang kita kenal dengan Yordania, Lebnon, dan Israel.

Peradaban yang begitu maju di zaman perunggu itu bahkan telah menyentuh aspek teknologi hingga melahirkan pemerintahan yang kuat dan kerajaan-kerajaan yang berkembang pesat.

Namun pada sekitar tahun 1200 SM peradaban-peradaban tersebut menghilang bak ditelan bumi dan peradaban bangsa-bangsa seakan mengalami kemunduran ribuan tahun. Apa yang sebenarnya terjadi? Memang terdapat beberapa teori hilangnya peradaban-peradaban maju. Namun salah satu penyebab yang cukup berperan besar dan masih misterius adalah serangan orang-orang laut (sea people).

Ilustrasi Sea People
Sea People merujuk pada sekelompok prajurit atau tentara bar-bar yang diperkirakan memiliki terknologi lebih maju dan melakukan serangan ke wilayah-wilayah seperti Mesir kuno dan wilayah lain di sekitar Timur Mediteranian selama zaman perunggu (1200-900 SM).

Pada sebuah makam kuno Ramses III di Medinet Habu, terdapat semacam prasasti yang menggambarkan peristiwa ini. Dikisahkan bahwa Ramses III berperang melawan Sea People pada 1170 SM. Mereka melakukan penyerangan hingga ke wilayah Mediteranian Timur dan menghancurkan Turki, Cyprus, hingga Syria.

Prasasti yang menggambarkan pertempuran Ramses III dengan Sea People

Setelah penyerangan yang digencarkan oleh orang-orang laut tersebut, peradaban mengalami kemunduran. Bahkan digambarkan rakyat kembali lagi ke zaman kegelapan saat itu. Mereka kehilangan kemampuan dalam teknologi dan menulis. Zaman ini yang dikenal dengan masa akhir zaman perunggu yang kelam.

Dalam catatannya, Raja Ramses III memperkirakan bahwa sea people tersebut merupakan bangsa dari Sherden, Peleset, Denyen, dan Shekelesh. Namun tidak dapat diketahui dengan pasti siapa sebenarnya orang-orang laut ini, datang dari manakah mereka, serta apa motivasi mereka melakukan serangan ke wilayah sekitar laut Mediteranian? Karena begitu penyerangan usai, bala tentara orang-orang laut ini menghilang bak ditelan bumi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sea People "

Posting Komentar