Merinding.com

Merinding.com

7 Kota Terkenal yang Hilang dari Peradaban Dunia




Bila mendengar tentang kota yang menghilang dari peradaban, mungkin kota yang paling sering terdengar adalah Atlantis. Namun sebenarnya selain Atlantis terdapat kota lainnya yang cukup terkenal yang telah menghilang dari peradaban dunia. 

Kota-kota yang menghilang ini memiliki peradaban yang cukup maju pada masanya. Sebagian kota-kota ini memang meninggalkan bukti-bukti peradaban mereka, sedangkan yang lainnya hilang tanpa jejak. Entah memang benar keberadaannya ada ataupun hanya legenda. Berikut ini adalah 7 kota paling terkenal di dunia yang menghilang dari peradaban.


1. Machu Picchu


Machu Picchu atau kota Inca yang hilang terletak di wilayah pegunungan, tepatnya di lembah Urubamba, Peru. Peradaban yang hilang ini masih meninggalkan sisa-sisa peradabannya hingga saat ini yaitu berada di ketinggian 2.350 meter di atas pegunungan.

Machu Picchu dibangun sebagai kebanggaan Inka dan saat ini bisa dilihat bangunannya didominasi oleh tembok-tembok berpelitur nan megah. Kota ini dibangun pada sekitar tahun 1450. Menurut cerita, bangsa Spanyol berhasil menaklukkan Kerajaan Inka, yang berakibat pada ditinggalkannya tempat ini oleh para penduduknya.


2. Troy


Seorang penyair kuno Yunani bernama Homerlah yang pertama kali menuliskan tentang Troy. Kisah mengenai kota dan peradaban Troy di kitab Iliad awalnya dianggap hanya khayalan semata. Namun pada tahun 1822 seorang cendikiwan asal Inggris bernama Charles McClaren berpendapat bahwa Troy yang dimaksud oleh Homer bisa jadi adalah sebuah wilayah yang terdapat di Turki. Tempat yang dimaksud yaitu Hisarlik, sebuah kawasan dengan gundukan tanah merah di atasnya yang terletak di dekat Dardanella.

Tahun 1871, penggalian di wilayah ini dilakukan dipimpin oleh seorang arkeolog asal Jerman bernama Heinrich Schiliemann. Namun baru setelah 2 tahun kemudian, ditemukanlah sisa-sisa sebuah kota kuno yang dipercaya adalah Kota Troy. Bukan hanya itu saja, penggalian ini juga berhasil menemukan harta karun berupa emas dan perak.

Lalu kenapa Troy bisa lenyap dari peradaban? Schiliemann berpendapat bahwa besar kemungkinan hilangnya kota ini akibat gempa bumi dan banjir besar yang beberapa kali melanda wilayah ini.


3. Sodom dan Gomora


Sodom dan Gomora adalah kota hilang yang cukup terkenal karena beberapa kitab suci membahas mengenai kota ini. Lokasi wilayah ini diperkirakan berada di sekitar Laut Mati atau di Yordania. Dua orang arkeolog yaitu Walter Rast dari Valparaiso University dan Thomas Schaub dari Indiana University of Pennsylvania melakukan penelitian dan penggalian pada 2 kota besar yaitu Numera dan Bab edh-Dhra.

Pada penggalian mereka ini ditemukan bahwa kedua kota ini hilang pada masa yang sama yaitu 2350 SM yang dipercaya sebagai wilayah Sodom dan Gomora.

Mengenai penyebab hilangnya kota Sodom dan Gomora dari peradaban dunia sepertinya telah banyak yang mengetahuinya. Kota ini dikisahkan menghilang setelah mendapatkan azab berupa hujan api yang meliputi seluruh tempat di kota ini hingga tak tersisa sama sekali. Kebinasaan ini adalah akibat dari perilaku penduduknya yang telah sangat menyimpang.


4. Babylonia


Babylonia terletak di Baghdad, Irak (dahulunya Mesopotamia). Kota dan peradaban Babilonia amat terkenal karena merupakan salah satu peradaban yang cukup maju melampaui zamannya. Taman gantung Babilonia yang dibangun oleh Raja Nebukadnezar II untuk istrinya, Amyitis pada tahun 600 SM adalah bukti betapa majunya kota ini pada zaman dahulu.

Dikisahkan bahwa kota ini mengalami kehancuran pada masa pemerintahan Hammurabi yaitu di abad ke-6 SM. Keruntuhan kota ini tak lain karena ulah penduduknya yaitu bangsa Asyur.


5. El Dorado


Bagi para petualang dan pemburu harta karun, nama kota El Dorado amat termasyur. El Dorado digambarkan sebagai kota yang sangat kaya raya dengan emas berlimpah. Konon bahkan kota ini pun dibangun dan diselimuti oleh emas.

Kisah mengenai kota El Dorado dimulai ketika penjelajahan yang dilakukan oleh Columbus pada tahun 1492. Kisah yang menyebar dari mulut ke mulut membuat banyak penjelajah khususnya penjelajah Spanyol yang begitu tertarik untuk menemukan kota yang hilang ini.

Para penjelajah meyakini bahwa El Dorado berada di pedalaman Amerika Selatan. Harta karun berupa emas tersebut ternyata merupakan bagian dari proses pemujaan suku Chibcha (suku Indian pedalaman Amerika Selatan) kepada Dewa Matahari.

Selain Dewa Matahari, suku El Dorado juga memuja Dewi penunggu danau suci Guatavita. Setiap kali upacara pemujaan, emas-emas dalam jumlah luar biasa besar akan dilemparkan ke dalam danau sebagai bentuk persembahan. Tak heran banyak penjelajah yang bahkan rela untuk mengeringkan danau untuk mencari emas tersebut. Dan luar biasanya, penjelajah dan pemburu harta karun asal Spanyol menemukan berkilo-kilo emas di dalam danau tersebut. Kisah ini menyebabkan makin banyak pemburu harta karun yang terus mencari emas-emas peninggalan kota El Dorado yang misterius.


6. Pompeii


Kota Pompeii adalah salah satu kota yang cukup maju pada zamannya dan menghilang dari peradaban. Kisah kota ini kurang lebih hampir sama seperti Sodom dan Gomora. Perbedaannya mungkin pada bukti fisik. Bukti keberadaan kota Pompeii masih dapat ditemui hingga sekarang dengan banyaknya sisa-sisa kehidupan, sisa bangunan bahkan hingga penduduknya yang musnah akibat bencana dahsyat yang melanda kota tersebut berabad lampau.

Kota Pompeii berada di Napoli, sekarang wilayah Campania, Italia. Pompeii adalah sebuah kota dengan kebudayaan yang maju pesat di era Romawi kuno. Namun sayangnya kota ini beserta dengan peradaban dan masyarakatnya musnah hanya dalam semalam.

Sebuah letusan gunung Vesuvius yang terjadi pada abad ke 79 M meluluh lantakkan kota ini. Begitu dahsyatnya letusan gunung tersebut hingga menimbun seluruh kota. Kota ini bahkan menghilang selama 1.600 tahun hingga akhirnya dilakukan penggalian sedalam beberapa kaki. Penggalian ini menghasilkan bukan hanya bangunan-bangunan sisa kejayaan kota Pompeii, namun juga jasad-jasad penduduknya yang telah membatu secara sempurna.


7. Atlantis


Atlantis adalah salah satu dari kota yang menghilang dari peradaban yang sangat terkenal di dunia. Nama Atlantis muncul pertama kali dalam dalam catatan Plato yaitu Timaeus dan Critias. Atlantis digambarkan sebagai kota yang sangat maju. Kisah mengenai Atlantis juga erat dikaitkan dengan Poseidon dan Dewa Helenik.

Menurut cerita yang beredar, Atlantis menghilang dari peradaban karena terjadinya gempa bumi maha dahsyat yang diikuti dengan terjangan banjir bah yang menyapu seluruh kota dan melenyapkannya dalam semalam.

Meskipun banyak yang meragukan apakah Atlantis benar-benar ada ataukah hanya karangan Plato saja, namun tak sedikit pula yang mempercayai keberadaan kota ini. Penelitian mengenai di mana persisnya Atlantis dulu berada masih terus dilakukan hingga hari ini. Salah satu penelitian dan pernyataan yang cukup menggemparkan menyatakan bahwa Atlantis sebenarnya berada di Indonesia.

Aryso Santos, seorang ilmuwan asal Brasil meyakini bahwa Atlantis dahulunya berdiri di wlayah Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sumber daya alam, iklim, gunung berapi, cuaca, dan luas wilayah amat mirip dengan Atlantis.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kota Terkenal yang Hilang dari Peradaban Dunia"

Posting Komentar