Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Misterius Toynbee Tiles




Ubin-ubin misterius ditemukan di beberapa lokasi di Amerika Serikat. Ubin-ubin misterius itu ditemukan di jalanan dengan kata-kata antara lain Toynbee Idea, Kubricks, In Movie 2001, Ressurect Dead serta Planet Jupiter. Hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti mengenai arti pesan misterius tersebut dan siapa yang telah memasangnya di 130 lokasi di jalanan umum Amerika bahkan hingga ke negara Chili, Argentina, dan Brazil.

Toynbee Tiles atau Ubin Toynbee atau Lempengan Toynbee adalah sebuah ubin yang terbuat dari campuran aspal dan linoleum, berukuran sekitar 30 cm x 15 cm (beberapa berukuran lebih besar) bertuliskan pesan misterius yang terpasang di jalanan-jalanan umum. Pada ubin-ubin tersebut umumnya berisikan kata-kata yang sama yaitu terdiri dari kata Toynbee Idea, Kubricks 2001, Ressurect Dead, dan Planet Jupiter yang entah mengartikan apa.

Selain pesan berisi kata-kata aneh dan misterius tersebut, pada setiap ubin terdapat semacam catatan kaki misalnya : "Murder every journalist, I beg you". Dalam beberapa ubin lain tertulis catatan kaki : "Submit. Obey". Catatan-catatan kaki yang lainnya walaupun berbeda namun menyiratkan pesan yang sama yaitu kebencian dan kecaman terhadap media, mafia, serta Yahudi.


Sejarah Penemuan Toynbee Tiles

Toynbee Tiles pertama kali dilaporkan diabadikan melalui foto di akhir tahun 1980an. Sementara itu, media yang pertama kali memberitakannya adalah Baltimore Sun di tahun 1994. Namun Toynbee Tiles sendiri pertama kali terlihat di sebelah barat Kansas City, Missouri, sebelah selatan Washington D.C, dan sebelah utara Boston, Massachusetts.

Dengan begitu banyaknya muncul ubin-ubin baru sejak pertama kali ditemukan, disinyalir ubin-ubin yang muncul belakangan hanyalah tiruan atau bukan buatan asli pembuat Toynbee Tiles awal. Ubin-ubin yang diduga dibuat oleh para plagiat ditemukan di Noblesville, Buffalo, Indiana, Oregon, Portland, California, New York, hingga New Mexico.






Toynbee Tiles ditemukan diberbagai jalanan umum di Amerika Serikat

Ubin-ubin yang diduga dibuat oleh plagiator dilihat dari keadaan ubin yang terlihat baru. Sementara ubin yang dipasang oleh pembuat aslinya diduga terlihat lebih tua.

Banyak pihak menduga bahwa pembuat ubin Toynbee Tiles berasal dari Philadelphia. Alasannya adalah beberapa ubin awalnya ditemukan di negara bagian Amerika Serikat tersebut. Selain itu pula, ubin-ubin memang banyak ditemukan di sekitar jalanan Philadelphia.

Pada suatu hari di Santiago de Chile, Chile, ditemukan sebuah ubin yang bertuliskan sebuah alamat yang terletak di Philadephia, Amerika Serikat. Tulisan beralamat itu adalah : "Pennsylvania: 2624 S. 7th Philadelphia, PA". Ubin tersebut kemudian membuat para penggemar misteri ubin Toynbee Tiles ini pun segera berdatangan ke alamat tersebut. Namun sayangnya sang pemilik rumah bahkan tak tahu menahu tentang ubin misterius tersebut.


Menguak Arti Pesan Misterius Toynbee Tiles

Jika ditilik, semua ubin Toynbee Tiles yang menyebar dibanyak jalanan umum di Amerika semuanya bertuliskan pesan dan kata-kata yang rata-rata sama yaitu kata Toynbee Idea, Kubricks 2001, Ressurect Dead, dan Planet Jupiter.

Stanley Kubrick

Kata "Kubriks" pada ubin tersebut disinyalir berasal dari nama Stanley Kubricks yaitu seorang sutradara film asal Amerika Serikat. Mengapa kata "Kubricks" dikaitkan dengan nama sang sutradara? Karena ternyata pada tahun 1968, Stanley Kubrick membuat sebuah film bertajuk "2001: A Space of Odyssey. Film tersebut juga ternyata bercerita mengenai seorang pria yang terlahir kembali untuk melakukan sebuah misi rahasia ke Jupiter. Kata "Jupiter" sendiri juga ditemukan tertulis di ubin Toynbee.

Poster Film 2001 : A Space Odyssey (1968)

Sementara itu, kata "Toynbee" diduga berasal dari nama seorang sejarawan Inggris yaitu Arnold J. Toynbee. Arnold J. Toynbee ternyata pernah menulis mengenai ide-ide Monotheisme yang dimiliki oleh seorang pria bernama Zoroaster. Nama "Zoroaster" ternyata muncul dalam salah satu Soundtrack film 2001: A Space of Odyssey tersebut.

Arnold J. Toynbee

Sementara itu, seorang penulis skenario drama bernama David Mamet pernah mendokumentasikan sebuah drama di mana terdapat percakapan antara seorang host radio dengan seorang penelepon misterius yang begitu terobsesi dengan Film Oddysey dan Arnold J. Toynbee. Tujuh tahun setelah pembuatan drama tersebut, ubin Toynbee Tiles yang pertama ditemukan.

David Mamet

Siapa Sebenarnya Pembuat Toynbee Tiles

Ubin Toynbee Tiles yang telah menyebar dan terpasang di jalanan aspal beberapa akses ramai kendaraan ini pun menyulut perhatian publik mengenai siapa sebenarnya pemasang dari ubin misterius ini. Meskipun beberapa ubin diketahui dibuat oleh plagiator, namun tetap saja rasa penasaran mengenai siapa pemasang ubin-ubin Toynbee asli dan yang memasangnya pertama kali membuat publik penasaran.

Dari ubin-ubin yang dipasang, bahan-bahan, pembuatannya, serta cara pemasangannya dapat dilihat bahwa pemasang ubin-ubin misterius ini jelas seorang seniman yang amat sabar. Bagaimana tidak, untuk membuat satu ubin terpasang di jalanan pastilah membutuhkan usaha ekstra dan juga ketelitian.

Selain itu juga mungkin saja sang pembuat Toynbee Tiles ini adalah orang yang memiliki waktu dan juga uang yang mampu membuatnya berkeliling ke berbagai negara bagian di Amerika Serikat hanya untuk meletakkan ubin-ubin tersebut.

Namun jika dilihat dari nama tokoh yang dikaitkan dengan ubin ini, yaitu Arnold J. Toynbee dan Standley Kubrick, dapat pula diduga bahwa pembuatnya bukanlah berasal dari Amerika. Bisa jadi pembuatnya adalah orang Inggris mengingat Toynbee dan Kubrick adalah orang Inggris.

Teori lain menyebutkan bahwa pembuat ubin Toynbee berasal dari Philadelphia. Seperti telah disinggung di atas bahwa beberapa ubin awal ditemukan di Philadelphia. Di kota ini pulalah ubin-ubin Toynbee banyak ditemukan.

Atau bisa jadi pembuatnya adalah gabungan dari dua teori tersebut yang artinya pembuatnya adalah orang asal Inggris yang tinggal di Philadelphia. Entahlah..

Namun pada tahun 2001 seorang reporter menemukan sebuah artikel lama dalam harian The Philadelphia Inquirer. Dalam surat kabar tersebut terdapat wawancara dengan seorang pekerja sosial bernama James Morasco yang diduga merupakan pembuat asli Toynbee Tiles pertama. Namun sayangnya setelah dihubungi ternyata James Morasco telah meninggal dunia pada Maret 2003.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

2 komentar untuk "Pesan Misterius Toynbee Tiles"