Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kutukan Paling Mengerikan dan Terkenal di Dunia



Sejak berabad-abad yang lalu nasib sial atau kemalangan yang menimpa seseorang atau sekelompok orang dianggap sebagai sebuah kutukan. Kutukan-kutukan tersebut dipercaya menimpa karena memiliki benda tertentu, melakukan hal-hal yang dilarang, hingga dipercaya terjadi karena sumpah dari seseorang. 

Beberapa kutukan bahkan dipercaya membawa kematian bagi orang yang ditimpanya. Entah memang benar adanya ataukah hanya sebuah kebetulan semata. Berikut ini adalah 7 kutukan paling mengerikan dan terkenal yang pernah terjadi di dunia.

1. Kutukan Tutankhamun



Tutankhamun atau Raja Tut adalah Firaun Mesir dari dinasti ke 18. Ia berkuasa di Mesir pada 1333-1324 SM. Tutankhamun menjadi raja saat usianya masih anak-anak yaitu saat berusia 9 tahun. Tutankhamun menduduki singgasana raja selama 9 tahun saja. Ia meninggal dunia di usia 18 tahun.

Kutukan Tutankhamun bermula pada tahun 1922. Saat itu seorang arkeolog asal Inggris, Howard Carter berhasil menemukan makam sang raja beserta harta benda yang sebagian besar adalah emas di makamnya. Makam Tutankhamun ini ditemukan di Lembah Para Raja yang terletak di Thebes. 

Pada makam Tutankhamun tertulis peringatan bahwa siapa pun yang mengganggu makamnya akan terkena kutukan. Tak lama setelah penemuan makam tersebut, beberapa arkeolog dan pekerja pada proyek pembongkaran makam tersebut dilaporkan meninggal dunia secara misterius. Salah satunya adalah Lord Carnarvon yang meninggal dunia karena terkena gigitan nyamuk.

Baca selengkapnya : Kutukan Firaun Tutankhamun

2. Kutukan Hope Diamond




Hope Diamond adalah berlian yang amat terkenal di dunia. Berukuran 45,52 karat berlian ini memiliki keindahan dan kecemerlangan yang tiada tandingnya. Namun di balik keindahannya itu, terdapat kisah-kisah mengerikan dari orang-orang yang pernah memilikinya.

Konon siapa pun yang memiliki berlian Hope Diamond ini terkena kutukan. Mereka akan menemui ajal tak lama setelah memiliki berlian berwarna biru indah ini. Seorang pedagang perhiasan asal Prancis meninggal dunia tak lama setelah berhasil mencuri Hope Diamond tahun 1642 dan menjualnya kepada Raja Louis XIV. 

Raja Louis XIV mewariskan berlian ini pada Raja Louis XVI yang kemudian menghadiahkan Hope Diamond kepada Marie Antoinette. Tak lama setelah itu, Marie Antoinette dijatuhi hukuman penggal tahun 1789. Kemudian Blue Diamond juga sempat dibeli oleh seorang tukang perhiasan asal Belanda bernama Wilhelm Fals yang meninggal dalam kesedihan karena berlian tersebut dicuri oleh putranya sendiri, Hendrick Fals yang kemudian ditemukan bunuh diri tak lama setelah mencuri berlian tersebut.

Baca selengkapnya : Sejarah Hope Diamond dan Kutukan yang Menyertainya


3. Kutukan Tecumseh



Kutukan Tecumseh atau Tippecanoe amat terkenal dan melegenda dalam kepercayaan masyarakat Amerika. Kutukan Tecumseh dipercaya menimpa presiden-presiden Amerika Serikat yang terpilih atau menjabat kembali di tahun-tahun terkutuk, yaitu tahun kelipatan dua puluh.

Beberapa nama presiden Amerika dipercaya meninggal dunia karena kutukan Tecumseh. Kutukan ini dimulai saat terpilihnya presiden Amerika William Henry Harrison pada tahun 1840. Presiden Harrison meninggal dunia tahun 1841 karena penyakit pneumonia. Kemudian menyusul Presiden Abraham Lincoln yang ditembak tahun 1865. Presiden James Garfield dan Presiden William McKinley juga terbunuh masing-masing tahun 1881 dan 1901. 

Presiden Amerika yang terpilih tahun 1920, Warren G. Harding juga meninggal dunia karena terkena serangan jantung tahun 1923. Kemudian Presiden Franklin D. Roosevelt juga meninggal tahun 1945. Dan yang paling terkenal adalah peristiwa penembakan Presiden John F. Kennedy di tahun 1963. Kennedy dilantik menjadi presiden Amerika 3 tahun sebelumnya yaitu tahun 1960.


4. Kutukan Keluarga Romanov




Dinasti terakhir kekaisaran Rusia yang dipimpin oleh Nikolas II mengalami pembantaian yang amat mengerikan. Hal ini dipercaya sebagai sebuah kutukan untuk keluarga besar Romanov. Meskipun Nikolas II yang merupakan Tsar terakhir adalah seorang pemimpin yang memerintah dengan adil dan damai, namun ternyata pada masa pemerintahannya dipenuhi dengan kekacauan dan pemberontakan yang memaksanya turun tahta di tahun 1917.

Ternyata kemalangan dari keluarga Romanov ini tak hanya sampai di situ saja. Setelah turun tahta, Nikolas II dan seluruh keluarganya dipenjara. Kemudian pada 17 Juli 1918 keluarga Romanov dibantai di Ekaterinburg. Hingga saat ini jasad seluruh keluarga Nikolas II belum terkumpul seluruhnya. Yang paling terkenal adalah menghilangnya Putri Anastasia, yang jasadnya belum ditemukan hingga saat ini. 

Namun sebenarnya jauh sebelum Nikolas II turun tahta, kabar mengenai keluarga Romanov yang mendapatkan kutukan telah berhembus kencang. Putra semata wayang pewaris tahta kekaisaran Rusia, yaitu Pangeran Alexei Nikolaevich menderita hemofilia yang merupakan penyakit yang menyebar di kalangan bangsawan. Pada saat itu juga banyak di antara keluarga Romanov yang meninggal dunia karena penyakit dan juga kecelakaan.

Baca selengkapnya : Akhir Tragis Keluarga Romanov


5. Kutukan Otzi Manusia Es




Otzi adalah julukan untuk manusia es yang ditemukan pada tahun 1991 di perbatasan negara Austria dan Italia. Otzi diperkirakan telah membeku di salju selama 5000 tahun dan menjadikannya sebagai mumi alami. 

Kutukan Otzi si manusia es konon disebabkan karena manusia yang telah mengganggu ketenangannya selama berabad-abad terkubur di lapisan es. Entah sebuah kutukan ataukah kebetulan, konon hanya beberapa jam setelah mengangkat Otzi dari es Dieter Warnecke, ketua tim yang menemukan Otzi meninggal dunia karena serangan jantung.

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada April 2005, seorang arkeolog bernama Konrad Spindler yang memeriksa manusia es ini juga meninggal dunia. Ternyata tak hanya sampai di situ, konon kutukan ini juga menimpa ketua tim pemeriksa bernama Rainer Henn yang tewas kecelakaan.

Orang lainnya yang mengalami nasib naas adalah orang yang mengambil gambar proses evakuasi Otzi, yaitu Hoelzl. Ia meninggal dunia karena tumor otak. Selain itu juga ada nama Kurt Fritz, seorang pendaki gunung yang mengantarkan Rainer Henn. Ia tewas akibat terkena longsoran salju. Kemudian menyusul arkeolog Amerika bernama Tom Loy yang belum sempat menyelesaikan bukunya mengenai Otzi.


6. Kutukan Timur




Timur Lenk atau Tamerlane adalah seorang penguasa dan juga penakluk yang amat terkenal di abad 14. Timur merupakan keturunan Turki dan ras Mongol. Selama masa kekuasaannya Turki dikenal sebagai orang yang ambisius dan kejam. Ia berhasil menaklukkan wilayah Asia Tengah dan Rusia. Dalam usahanya menaklukkan wilayah, ia tak segan-segan membunuh. Konon ia telah membunuh 19 juta orang selama berkuasa.

Timur Lenk ternyata tak hanya terkenal akan kekejamannya, namun juga pada kutukan makamnya. Makam Timur yang terletak di Sammarkand, Uzbekistan terdapat tulisan peringatan yang berbunyi : "ketika aku bangkit dari kematian, dunia akan bergetar". Tak hanya itu saja, pada makamnya tersebut terdapat peringatan yang berpesan bahwa siapa pun yang mengganggu makamnya, akan didatangi penjajah yang lebih mengerikan.

Pada Juni 1941, seorang antropolog asal Soviet bernama Mikhail Gerasimov menggali makam Timur, mengambil tengkoraknya, dan mengirimkannya ke Moskow. Hanya berselang 2 hari setelah pembongkaran makam Timur, Uni Soviet diserang oleh Nazi Jerman pada tanggal 22 Juni 1941.

Pada peristiwa penyerangan itu, jutaan warga Soviet tewas. Stalin yang merupakan pemimpin Soviet saat itu akhirnya memerintahkan makam Timur untuk dikembalikan ke tempatnya semula dan dikuburkan secara Islam pada November 1942. Tak lama setelah itu, Nazi Jerman menyerah kalah dan Uni Sovyet memenangkan pertempuran.


7. Kutukan Club 27




Kutukan Club 27 adalah kutukan yang dipercaya menimpa musisi-musisi legendaris dunia. Para musisi legendaris ini meninggal dunia saat usia mereka 27 tahun dan sedang berada di puncak popularitas mereka. Para musisi yang terkena kutukan 27 ini meninggal dunia dengan cara yang tidak wajar.

Para musisi legendaris tersebut di antaranya adalah Robert Johnson yang disebut-sebut menjual jiwanya pada iblis, Brian Jones, pendiri Rolling Stones yang meninggal dunia karena tenggelam di kolam renang pribadinya. Jimi Hendrix meninggal dunia setelah menenggak obat tidur dan wine. Janis Joplin juga meninggal dunia di usia 27 tahun akibat overdosis heroin. 

Frontman The Door, Jim Morison juga meninggal dunia di usia 27 tahun akibat gagal jantung. Setelah itu ada nama terkenal lainnya, Kurt Cobain dari band Nirvana meninggal dengan cara menembakkan pistol di kepalanya. Dan yang paling terbaru adalah musisi Amy Winehouse yang meninggal pada 23 Juli 2011 setelah menenggak minuman keras.

Eya
Eya Mystery and World History Enthusiast

Posting Komentar untuk "7 Kutukan Paling Mengerikan dan Terkenal di Dunia"