Merinding.com

Merinding.com

Kisah Teleportasi Gil Perez




Seorang pria mengenakan seragam prajurit Filipina tiba-tiba muncul di Mexico. Pria ini terlihat sangat kebingungan dan berkeliaran tak tentu arah di Plaza Mayor, Mexico City. Ia mengaku berasal dari Filipina, yang entah bagaimana caranya bisa berpindah tempat berada di Mexico yang jaraknya 9.000 mil dari Filipina. 

Potongan kisah di atas bukanlah naskah dari sebuah film science fiction. Kisah teleportasi yang dialami seorang pria bernama Gil Perez ini kemungkinan memang benar-benar pernah terjadi. Bagaimana kisah sesungguhnya?

Gil Perez adalah seorang prajurit yang juga merangkap sebagai penjaga istana Palace of The Governor General di Manila, Filipina pada abad ke 16. Tidak ada yang istimewa dari sosok Gil Perez, ia hanyalah prajurit dan penjaga istana biasa yang bertugas melayani kerajaan hingga pada suatu hari ia mengalami peristiwa yang tidak masuk akal dan mustahil bisa dilupakannya.




Hari itu tanggal 24 Oktober 1593, Gil sedang melakukan tugasnya seperti biasanya di kediaman gubernur Manila. Malam sebelumnya terjadi pembunuhan terhadap Gubernur Gomez Perez Dasmarinas yang dilakukan olehbajak laut asal Cina. Jadi ia bertugas untuk melakukan penjagaan yang ketat di tempat itu. Namun rupanya, ia cukup kelelahan esok harinya sehingga membuatnya memutuskan untuk beristirahat dengan cara bersandar di salah satu dinding di sudut bangunan kediaman gubernur tersebut.

Rasa lelah yang amat sangat membuat Gil Perez rupanya jatuh tertidur. Begitu tersadar, Gil Perez menemukan dirinya berada di tempat yang sangat asing. Ia tiba-tiba muncul di Plaza Mayor, sebuah daerah di Mexico City dengan mengenakan pakaian Palacio Del Gobernador, seragam prajurit pengawal istana. Meskipun begitu, ternyata Gil Perez tetap melakukan tugas jaganya, hingga seseorang datang menghampirinya.

Plaza Mayor, Mexico City

Ketika ia diberitahu sedang berada di Mexico City, Gil Perez tak percaya. Terlebih lagi hari itu adalah tanggal 24 Oktober 1593, tanggal di mana ia seharusnya masih berjaga di kediaman gubernur di Filipina. Bagaimana mungkin ia bisa berpindah tempat sejauh itu hanya dalam waktu satu hari saja.

Ketidakpercayaan bukan hanya dari Gil Perez, terlebih lagi orang-orang yang mendengar ceritanya. Tidak ada satu pun yang percaya pada cerita bahwa Gil Perez berasal dari Filipina dan merupakan seorang penjaga istana yang sebelumnya menjaga kediaman gubernur Filipina yang terbunuh.

Semua orang menganggap cerita Gil Perez hanya karangan belaka, ia bahkan dituduh sebagai penyembah setan hingga akhirnya ia dimasukkan ke dalam penjara oleh otoritas Mexico yang mendengar kejadian aneh ini. Perez pun berada di dalam penjara hingga 2 bulan lamanya hingga pada suatu hari datanglah sebuah kapal dagang Spanyol yang ternyata berasal dari Filipina.




Kapal dagang Spanyol tersebut membawa berita mengenai terbunuhnya Gubernur Filipina Gomez Perez Dasmarinas oleh bajak laut Cina pada 23 Oktober 1593 malam sebelum Gil Perez ditemukan di Mexico City. 

Orang-orang pun mulai mempercayai Gil Perez. Terlebih lagi kapal tersebut membawa seorang saksi yang melihat Gil Perez berada di Filipina tepatnya di kediaman gubernur dan sedang bertugas menjaga istana saat itu yaitu pada tanggal 24 Oktober 1593. Mendengar hal tersebut, akhirnya otoritas Mexico City memerintahkan untuk melepaskan Gil Perez dan mengembalikannya ke Filipina.

Kisah teleportasi Gil Perez yang terjadi pada abad ke 17 ini dapat dikatakan sebagai pionir dari kisah-kisah teleportasi sesudahnya. Bagaimana tidak, pada abad 17 belum ada sama sekali ide mengenai teleportasi. Meskipun banyak yang menyangkal kebenaran kisah ini, namun catatan akurat mengenai Gil Perez memang benar-benar ada.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Teleportasi Gil Perez"

Posting Komentar